Kamu Pebisnis Online Shopping? Fitur Ini Wajib Ada

1 10

Sebuah kepercayaan konsumen sangatlah penting dan berpengaruh untuk sebuah bisnis online yang kita jalani, karena tak sedikit juga konsumen yang merasa takut dan kurang percaya untuk melakukan transaksi di online shop. Dan karena memang beberapa toko online yang menipu, hal ini yang membuat para konsumen khawatir ketika berbelanja online. Namun sebagai seseorang yang terjun menjadi pengusaha online. Maka kita perlu menumbuhkan rasa kepercayaan konsumen untuk berbelanja di online shop kita ini.

Beberapa pebisnis online juga kadang tidak memahami kriteria sebuah toko online yang profesional, padahal faktor ini dapat mengantarkannya mendapatkan kepercayaan konsumen. Orang jenis ini beranggapan dengan menghadirkan fitur yang seadanya saja dan tak terkonsep matang. Mereka sudah beranggapan bahwa ia sudah dapat menjalankan bisnis yang profesional.

Pendapat ini saja sudah salah, fitur yang serba apa adanya tidak menonjolkan sebuah toko online yang profesional. Jika Anda memang berniat menciptakan bisnis profesional, maka Anda wajib menghadirkan enam fitur ini ke dalam toko online Anda.

Keranjang Belanja

Fitur yang wajib dan mutlak harus ada pada toko online Anda adalah keranjang belanja. Ya seperti keranjang belanja di toko offline, fitur keranjang belanja atau biasa kita sebut shopping cart di toko online juga sangat diperlukan keberadaannya oleh para pembeli untuk mengumpulkan semua produk yang akan dipesan.

Dengan fitur tersebut, konsumen juga pasti dimudahkan untuk mengetahui daftar barang apa saja yang akan di order dan biaya yang akan dibayarkan pada toko online kita. Pada saat pengecekan, jika pembeli merasa ada beberapa barang yang tidak perlu mereka beli di keranjang belanja, mereka dapat membatalkan dan membuang dari daftar pesanan produk tersebut dengan fitur keranjang belanja.

Search

Fitur ini memang sudah menjadi keharusan ada di keseluruhan jenis website, termasuk toko online. Fitur ini memang sangat berguna untuk pengunjung melakukan pencarian apapun seperti nama produk, harga, diskon, jenis ( kategori ) atau testimoni dan apapun yang ada pada website toko online Anda.

Dengan demikian, saat pengunjung akan mencari produk yang ia butuhkan, dengan fitur search ini konsumen tak akan lagi kesulitan mencari dan menunggu untuk melihat satu persatu produk yang akan ia beli. Dengan menuliskan keyword yang dicari di kolom search, hasilnya pun sudah dapat dilihat dalam waktu sekejap.

Produk Terbaru

Sepanjang perjalanan bisnis online, akan datang disuatu waktu Anda akan menghadirkan beberapa produk terbaru. Jadi, saat Anda merilis produk terbaru ini alangkah baiknya Anda menampilkannya ke dalam fitur khusus. Jangan lupa juga menampilkan fitur produk terbaru ini di halaman utama  atau depan situs.

Dengan terpasangnya fitur khusus ini untuk produk terbaru Anda, tentu pengunjung akan dengan mudah mengetahui info produk terbaru.

Produk Terlaris

Kegunannya tak jauh beda dengan fitur produk terbaru, fitur produk terlaris memiliki manfaat yang juga besar untuk toko online Anda. Seiring berjalannya waktu, dipastikan bisnis online Anda telah menghasilkan berbagai macam penjualan.

Nah, tugas anda mengidentifikasi beberapa produk yang telah banyak dibeli konsumen. Kemudian tampilkan pada halaman utama sebagai fitur khusus produk terlaris. Dengan pengunjung melihat daftar produk-produk terlaris dari toko online Anda, pasti mereka akan mendapatkan sebuah referensi belanja yang mungkin tidak pernah mereka bayangkan sebelumnya. Wow !

Integrasi Toko Online dengan Media Sosial

Catat dan Ingat! Jangan pernah terbenak dalam pikiran anda untuk menyepelekan fitur koneksi atau integrasi ke media sosial. Karena Media Sosial kini telah menjadi sebuah ruang pemasaran yang begitu sangat besar. Bisa jadi banyaknya konsumen dan transaksi penjualan ini datang dari satu konsumen Anda yang puas, kemudian ia membagi link toko online Anda ke media sosial. Begitu juga sebuah testimoni akan kepuasan pembeli tersebut. Wow !

Media sosial memiliki pangsa pasar yang besar ini, dapat menarik banyak pengunjung lain untuk membuka website toko online Anda. Lalu membeli salah satu atau lebih produk yang mereka lihat dari posting share yang dilakukan konsumen yang telah puas tersebut. Wow !

Member Area

Dan yang terakhir, fitur yang pastinya wajib terinstall di toko online Anda adalah fitur login. Dengan adanya fitur login atau masuk dengan terverifikasi informasi ini akan membuat kemudahan Anda sebagai pemilik toko online. Mudah untuk melakukan analisa pengunjung yang telah masuk. Dan juga data alamat, nama, no. telp dan informasi lainnya untuk kemudahan transaksi.

Kemudahan pada analisa ini. Dapat juga terjadi karena dari fitur login atau member area ini Anda akan memiliki database pengunjung dan konsumen yang bertransaksi di toko online Anda. Dengan adanya fitur login ini, Anda juga akan membuat rasa aman bagi para pembeli Anda sebagai konsumen dan Anda sendiri sebagai pebisnis

 

buatlah-website-online-shop-mu

  1. BETTY NOVITA SARI berkata

    bisnis online? Saya termasuk orang yang sudah terjun di dunia bisnis online. Alhamdullillah saya sudah memiliki konsumen tetap. Mereka sudah percaya kepada saya. Kunci sukses dalam bisnis online ialah Jujur/amanah dalam bertransaksi.
    InsyAllah bisnis akan berjalan dengan lancar. Harus dijalani dengan tekun ya dan penuh keseriusan. Nuhun
    #1415104018

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.