Inspirasi Tanpa Batas

6 Kegalauan Ini Akan Kamu Alami Pada Fase Quarter Life

0 362

Konten Sponsor

Yang namanya hidup pasti tidak akan berjalan begitu indah seperti apa yang kita inginkan. Tidak selamanya ada pada tahap yang mudah, pastilah akan mengalami tahap yang begitu sulit. Dalam hidup juga ada fase dimana kita akan mencapai tingkat kedewasaan sebagai manusia. Fase ini ada pada priode dimana seorang remaja beranjak ke tingkat kedewasaan yang lebih tinggi, yang dikenal sebagai Fase Quarter Life.

Fase dimana seorang remaja beranjak dewasa ini sering terjadi diumur sekitar 25 tahunan, seperempat abad rata-rata hidup manusia. Pada fase ini dianggap sebagai fase yang sakral bagi kebayakan orang indonesia.

Kenapa fase Quarter Life dianggap sakral? Karena pada fase ini kamu akan mengalami kegalauan yang berkepanjangan. Pada fase kamu akan dihadapkan pada pengambilan keputusan-keputusan yang akan berdampak permanen bagi kehidupan kita. Maka tidak mengherankan jika di usia seperempat abad banyak perubahan dan keputusan besar yang diambil seseorang.

Lalu apa saja kegalauan yang akan dialami pada fase ini? Berikut beberapa kegalauan yang umum terjadi pada fase quarter life.

Kegalauan belum wisuda/ galau antara “kerja dan S2”

Kegalauan soal pendidikan kerap menyapa anak muda usia 25 tahunan, kegalauan tersebut muncul ketika terhambatnya kuliah yang gak kelar kelar (biasanya terhambat skripsi). atau juga muncul karena bingungnya menentukan pilihan antara kerja dan melanjutkan studi S2.

Kegalauan memilih pekerjaan

Pada usia 25 tahunan, kita akan mulai hidup mandiri dan memikirkan soal pekerjaan. Nah disini kita akan mulai galau tentang pekerjaan apa yang akan kita ambil, kerja dimana, akan merantau atau tetap tinggal dikota kelahiran dan kualifikasi apa saja yang harus kita miliki untuk pekerjaan yang kita inginkan.

Galau karena tekanan keluarga

Difase ini kamu akan tertekan oleh keluarga dan merasa dikejar oleh waktu, berbagai tekanan datang dari kanan dan kiri dengan berbagai harapan yang digantungkan orang orang terdekatmu.

Dalam situasi ini kamu akan sering melamun dan mempertanyakan apa saja kepada dirimu sendiri. Kamu akan mulai berpikir keras bagaimana menentukan apa yang diharapkan orang-orang kepadamu dan keinginan pribadimu.

Galau karena takut tidak sukses

Dalam situasi ini kamu akan merasa tidak yakin dengan kemampuan yang kamu miliki. Melihat teman kamu yang mulai mapan, membuatmu mempertanyakan bagaimana nasibmu sendiri.

Pada akhirnya kamu akan mulai membanding bandingkan dirimu sendiri dengan orang lain yang usianya sama. Beberapa pertayaan akan sering muncul di benakmu, apakah kamu akan sesukses mereka? Apakah kamu bisa merasakan nikmatnya hidup seperti mereka? Apakah kamu harus mengikuti jalan seperti mereka? Dan lainnya.

Galau karena Keinginan untuk menjadi mandiri

Kamu akan merasakan bahwa kamu sudah dewasa, ego sebagai orang dewasa mulai ada pada dirimu, kamu tidak ingin lagi bergantung pada orang tuamu. Kamu ingin memenuhi kebutuhanmu sendiri, namun secara logis ada beberapa hal yang belum bisa kamu lakukan.

Sebagai fresh graduate tentu kamu akan mengalami kesusahan dalam mencari pekerjaan, atau kalaupun sudah bekerja gajimu tidak akan bisa menunjang papan kamu. Seperti halnya DP untuk motor atau mobil yang kamu perlukan untuk transportasi.

Sesekali orangtuamu harus turun tangan untuk membantu, hal ini membuatmu merasa tidak enak karena lagi-lagi harus merepotkan orang tua yang sudah makin menua.

Kegalauan menentukan pasangan

Diusia 25 adalah dimana ayah dan ibumu tidak akan membatasimu menemukan pasangan. Justru sebaliknya kamu akan didorong untuk segera menemukan pasanganmu. Bahkan keluarga dan orang orang terdekat tak jarang ikut campur tangan.

Kamu akan sering mendapat tawaran untuk berkenalan dengan anaknya teman mama kamu misalnya, atau tiba tiba kamu di kasih kontak temannya temen kamu dll. Itu akan membuat kamu tertekan yang cukup membuat kamu galau. Sepertinya lingkunganmu sedang berkonspirasi saja untuk melepaskanmu dari status jomblo.

Itulah beberapa kegalauan yang umum terjadi pada fase quarter life. Kegelisahan quarter life ini akan lebih parah jika kamu terlalu larut pada kegalauan tersebut. So, jalani saja! Tenang dan lakukan yang terbaik. Mungkin ini bentuk ujian dari tuhan agar kamu jadi lebih dewasa.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar