Inspirasi Tanpa Batas

Keindahan Pulau Togean – Senja Sunyi Yang Sulit Dilupakan di Sulawesi

Jalan ke Togean akan menjadi suatu pengalaman traveling yang tidak akan terlupakan. Destinasi utama di Pulau Sulawesi ini akan menyuguhkan keindahannya dalam petualangan anda. Nadine Chandrawinata dalam tayangan My Trip My Adventure (MTMA) menyatakan jalan ke togean worth it banget dan jadi salah satu spot diving terbaik di Indonesia.

0 37

Konten Sponsor

Banyak yang tidak mengetahui bahwa di Sulawesi Tengah terdapat pulau yang sangat indah. Pulau ini terletak di Teluk Tomini yang merupakan teluk terbesar di Indonesia. Pulau Togean telah diresmikan pemerintah sebagai taman nasional (Kepulauan Togean National Park ) pada tahun 2004. Secara administrasi wilayah ini berada di KabupatenTojo Una-una.

Tidak kalah dengan pulau Bunaken, kepulauan Togean juga dikenal kaya akan terumbu karang yang jadi pusat keberagaman flora dan fauna di seluruh dunia, dan terdapat berbagai biota laut yang langka dan dilindungi. Terumbu karang di Kepulauan Togean kaya akan keaneka ragaman hayati laut dengan 4 type terumbu karang, yaitu karang tepi (fringing reef), karang penghalang (barrier reef), karang tompok (patch reef), dan karang cincin (atoll).

Pulau ini cocok dijadikan tempat untuk berbulan madu. Pemandangannya sangat indah, suasananya sangat tenang, jauh dari keramaian dan kebisingan, senja pantainya syahdu, lautnya landai dan tenang, aman untuk berenang dan menyelam, air lautnya biru dan pasir putih yang indah akan membuat suansana bulan madu kamu dengan si dia jadi lebih indah dan berkesan.

1 Penginapan Di Pulau Togean

Penginapan Di Pulau Togean

Buat kamu yang mau datang ke pulau Togean, jangan khawatir, walaupun belum dikenal banyak orang dan masih terbilang jauh dari keramaian, tapi di sana udah ada penginapan dan hotel yang bisa kamu tinggali, salah satunya Hotel Black Marlin. Harga sewa kamar mulai dari 200.000 sampai 400.000 per orang.

Lalu Hotel Kadidiri Paradise. Harga sewa kamar mulai dari 175.000 sampai 500.000. Selain dua hotel tadi, di sana juga terdapat hotel lain yang bisa kamu tinggali selama berlibur dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan. Harga-harganya juga sangat terjangkau. Mulai dari yang murah sampai yang mahal, tiggal disesuaikan saja sama budget yang kamu miliki.

2 Keindahan Pulau Togean

Keindahan Pulau Togean

Beberapa aksi wisata yang dapat dilakukan di Kepulauan Togean antara lain: menyelam dan snorkeling di Pulau Kadidiri, memancing, menjelajah alam hutan yang ada di dalam hutan yang ada di  Pulau Malenge, serta mengunjungi guung Colo di Pulau Una-una. Wisatawan juga bisa mengunjungi permukiman orang Bajo di Kabalutan.

Buat kamu yang mau menikmati keindahan laut, di sana juga disediakan tempat penyewaan alat-alat untuk snorkeling seharga 50.000 untuk satu set per hari, dan sewa kapal mulai seharga 850.000 sehari maksimal 6 penumpang. Kalau setengah hari, tarif sewa kapal hanya 600.000. Selain kapal, di sana juga ada kayak yang siap untuk disewakan dengan harga 100.000 setengah hari dan 150.000 seharian penuh.

Wow… dengan harga segitu kita bisa menjelajahi keindahan laut di sana seharian dengan naik kayak, murah sekali bukan? dan pastinya menyenangkan. Ada lagi yang tak kalah menarik, buat kamu yang ingin belajar menyelam, di sana juga disediakan tempat kursus menyelam loh… kamu akan dilatih cara dan teknik menyelam sama penyelam ahli. Harga kursus menyealam ditarif dengan harga 4-10 juta rupiah.

3 Cara Mudah Menuju Pulau Togean

Cara Mudah Menuju Pulau Togean

Secara administratif Kepulauan Togean berada di Kabupaten Tojo Una-Una, Provinsi Sulawesi Tengah. Untuk menuju Pulau Togean yang paling mudah adalaha melalui Kabupaten Tojo Una-Una yang beribukota Ampan.

Tapi bukan hanya itu jalur menuju Pulau Togean ada 3 jalur yang dilalui oleh kendaraan umum yaitu Ampana, Paguat (Pohuwato) dan Gorontalo. Lebih lengkapnya, berikut beberapa cara mudah jalan ke togean dikutip penulis dari situs togean.net.

4 Jalan ke Pulau Togean Melalui Ampana

Jalan ke Pulau Togean Melalui Ampana

Kota Ampana terletak di sebelah selatan dari Kepulauan Togean. Sebelumnya menuju Ampana hanya dapat ditempuh melalui jalan darat dari Palu, Poso atau Luwuk. Namun, sejak oktober 2016 Bandara Tanjung Api Ampana telah didarati Maskapai Wings Air penerbangan dari Palu, ibukota Provinsi Sulawesi Tengah dan dari Bandara Tanjung Api, Ampana kembali lagi ke Palu.

Jika anda dari Jakarta maka akan mendapat penerbangan yang terkoneksi dari Jakarta ke Palu dan Palu ke Ampana. Perhatikan jadwal penerbangan Wings Air dari Palu ke Ampana yang hanya jam 11.25 Wita, sehingga anda harus memilih penerbangan dari Jakarta dengan waktu tiba di Palu sebelum jam tersebut.

Jika dari kota lain, biasanya akan transit di Makassar atau Balikpapan sebelum menuju Palu. Konektivitas jalur ini memaksa anda harus menginap di Palu lebih dulu dan melanjutkan menuju Ampana keesokan harinya. Kita berharap semoga jalur langsung penerbangan Makassar ke Ampana bisa segera terbuka.

Pilihan jalur lain di seputar Sulawesi Tengah adalah Makassar ke Poso dengan Wings Air dan melanjutkan perjalanan darat 4 Jam ke Ampana. Jalur lain adalah Makassar ke Luwuk dengan Garuda, Sriwijaya, dan Lion kemudian melanjutkan perjalanan ke Ampana sekitar 5 Jam.

Dari Ampana, Jalan ke togean semakin mudah dan cepat dengan adanya layanan publik speedboat 2 kali sehari. Tujuannya dari Ampana menuju Wakai, pusat perdagangan di Kepulauan Togean. Waktu tempuh publik speedboat dari Ampana ke Wakai sekitar 90 menit.

Sebelumnya pilihan jalan ke Togean hanya ada pada kapal fery dengan waktu tempuh sekitar 6 jam ke wakai, atau kapal kayu Puspita dan Kapia sekitar 4 jam ke Wakai.

Dari Wakai untuk menuju ke Pulau tempat menginap di sekitar Pulau Kadidiri, sekitar Katupat atau Pulau Malenge, atau ke Pulau Una-Una maka harus menyewa boat kecil tradisional yang disebut Jarangka dengan pilihan mesin tempel (outboard marine) atau katinting.

5 Jalan ke Pulau Togean melalui Gorontalo

Jalan ke Pulau Togean melalui Gorontalo

Jalur lain jalan ke Togean adalah melalui Gorontalo. Kota Gorontalo terletak di sebelah utara Kepulauan Togean. Jalur gorontalo mempunyai rute penerbangan yang paling mudah. Karena Bandara Sultan Jalaludin di Gorontalo telah dilayani hampir semua Maskapai seperti Garuda, Sriwijaya, Lion dan Batik.

Perjalanan dari Gorontalo ke Wakai menggunakan Fery dengan waktu tempuh sekitar 12 jam dan hanya tersedia 2 kali seminggu yaitu hari Selasa dan Jumat. Sebelum menuju pelabuhan Fery, anda bisa trip dulu di seputaran kota Gorontalo. Terdapat banyak tempat wisata menarik di kota Gorontalo, dan yang paling diminati adalah kemunculan Whale shark (Hiu Paus) di Pantai Botubarani.

Namun saat ini hiu paus tersebut sudah tidak muncul lagi. Jika berminat melalui kota Gorontalo untuk dapat berenang bersama Hiu Paus sebaiknya konfirmasikan kemunculannya terlebih dahulu, sehingga anda dapat membuat pilihan alternatif jalan ke togean lain yang lebih mudah.

6 Jalan ke Pulau Togean melalui Paguat, Pohuwato

Jalan ke Pulau Togean melalui Paguat, Pohuwato
Keindahan Kepulauan Togean Senja Sunyi Di Lidah Sulawesi

 

Pilihan lain jalur jalan ke pulau togean selain Gorontalo adalah dengan melalui Pelabuhan Bumbulan di Paguat, Kabupaten Pohuwato. Setelah mendarat di Bandara Jalaludin Gorontalo, harus menempuh perjalanan darat dengan mobil sekitar 4 jam menuju Paguat.

Dari kota Paguat terdapat jalur Fery menuju Dolong di Kecamatan Walea Kepulauan dengan waktu tempuh sekitar 6 jam. Di sekitar Walea Kepulauan terdapat beberapa cottage/resort yang dapat menjadi pilihan anda untuk menginap.

Oke, itulah sedikit gambaran taman wisata kepulauan toge. Semoga kamu terinsfirasi untuk datang ke sana, dan semoga dapat menjadi referensi buat kamu yang mau berlibur tapi belum tau mau liburan ke mana. Semoga bermanfaat. (VAU)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar