Keluarga sebagai Institusi Pendidikan Pertama dan Utama

13 2.110

Keluarga, dalam literatur pendidikan islam, sering disebut sebagai lembaga pendidikan pertama dan sekaligus utama. Dua fungsi pendidikan dalam keluarga ini, satu sama lain tidak dapat dipisahkan. Kedua memiliki hubungan yang signifikan. Keduanya, juga memiliki akar yang sama dan memiliki hubungan pertalian yang tingkat keterpengaruhan satu sama lainnya cukup kuat. Antara pertama dan utama dalam konteks pendidikan keluarga ini, akan menjadi ciri penting dari proses pendidikan yang sempurna.

Lembaga pendidikan keluarga sering disebut sebagai lembaga pendidikan pertama. Mengapa? Karena melalui keluarga itulah, manusia untuk pertama kali membentuk dirinya dalam melakukan proses sosilisasi diri dengan manusia lain. Minimal dengan ibu dan bapak. Baik atau buruknya perilaku seseorang, akan sangat tergantung pada posisi pendidikan pertama dalam keluarga dimaksud. Karena itu, pendidikan dalam keluarga, sering juga disebut sebagai gold time.

Proses pendidikan dalam keluarga secara praksis akan mengintegrasikan individu ke dalam suatu kelompok sosial masyarakat yang lebih luas. Interaksi edukatif atau non educatif, akan terlihat dengan jelas dari bagaimana pendidikan keluarga dibentuk. Dalam keluarga akan menjadi proses pendewasaan anak dari individu yang tidak berdaya kepada pribadi yang mengenal dalam konteks  pengetahuan dasar, norma sosial, nilai nilai yang dianut dan etika sosial yang berlaku dalam masyarakat.

Pendidikan Utama

Keluarga, juga sering disebut sebagai lembaga pendidikan utama. Mengapa? Karena melalui lembaga pendidikan dalam keluarga, manusia akan diberi landasan yang kokoh tentang bagaimana ia membentuk dirinya. Bagaimana ia memiliki sikap dan pandangan atas apa yang ditanamkan dalam keluarga.

Melalui kepribadian yang dibentuk dalam keluarga itu, jiwa dan mentalitas manusia baik dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang, akan terbentuk dan membekas dalam kehidupan manusia. Coba kita bayangkan, bagaimana kita sejak kecil dibentuk oleh orang tua. Itulah kita hari ini.

Pengaruh pendidikan dalam ranah keluarga ini, dampaknya akan terasa besar dan hampir akan mempengaruhi budaya apapun dalam kehidupan manusia setelahnya. Singkatnya, baik buruknya perilaku seseorang akan sangat ditentukan oleh sikap pembentukan [pendidikan] orang tua dalam keluarga. Prof. Cecep Sumarna

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

  1. Siswanto bisa berkata

    Pendidikan keluarga merupakan pendidikan yang paling sensitif terhadap apa yang anak dapatkan dari orang tua, baik itu dari kasih sayang orang tua ataupun memberikan contoh baik kepada anak. Anak dapat bertingkah laku baik apabila orang tua dalam kesehariannya memberikan contoh yang baik. Apabila dilingkungan keluarganya keras maka sikap anak tersebut bersifat keras. Maka dari pada itu pendidikan keluarga berpotensi anak itu cerdas.

  2. M fatkhurizqo berkata

    Pendidikan pertama adalah keluarga karena keluargalah orang yang paling deket, kedekatannya ini lah yang menjadikan pendidikan keluarga paling utama karena anak tersebut mudah untuk memahami,mempraktekanya disilah peran orang tua yang aktif agar bisa menjadikan anaknya mempunyai pondasi yang kuat baik ilmu dunia,agama.

  3. Rudi permana berkata

    Keluarga adalah madrasah pertama bagi setiap manusia,pelajarna yang paling pertama dan utama serta pendidikan yang paling baik.
    Dua fungsi pendidikan dalam keluarga ini satu sama lain tidak dapat dipisahkan. Keduanya juga memiliki akar yang sama dan memiliki hubungan pertalian yang tingkat keterpengaruhan satu sama lainnya cukup kuat.
    Pengaruh pendidikan dalam ranah keluarga ini , dampaknya akan terasa besar dan hampir akan mempengaruhi budaya apapun dalam kehidupan manusia setelahnya.

  4. dedehidayatulloh berkata

    Dalm ilmu sosiologi pun ada yang di sebut agen sosial di antaranya 1. Keluarga 2. Teman sebaya 3. Sekolah 4. Masyarakat .
    Inilah pentingnya keluarga sebagai peran utama dalam perubahan kepribadian anak.
    Karena apabila orang tua dapan mendidik anaknya pada saat di waktu kecilnya maka itu dapat menumbuhkan sikap baik pada anaknya adapun dalam sosiologi yang di sebut proses sosialisasi yaitu ada tiga macam yaitu parepatory stage anak uang lahir dari seorng ibu maka inilah pendidikan yang di mulai oleh seorang anak untuh belajar makan dan lain lain ..
    Maka keluarga sangat sangat pertmaa dalam pendidikan anak

  5. dedehidayatulloh berkata

    Dalm ilmu sosiologi pun ada yang di sebut agen sosial di antaranya 1. Keluarga 2. Teman sebaya 3. Sekolah 4. Masyarakat .
    Inilah pentingnya keluarga sebagai peran utama dalam perubahan kepribadian anak.
    Karena apabila orang tua dapan mendidik anaknya pada saat di waktu kecilnya maka itu dapat menumbuhkan sikap baik pada anak nya sepertiyang di katakan dalam mahfudzat orang yang “belajar di waktu kecil bagaikan mengukir di atas batu sedangkan orang yang belajar di waktu tua seperti arang mengukir di atas air”

  6. Farrin Nurul Aina berkata

    Assalamualaikum wr wb
    Ada pepatah mengatakan buah jatuh tidak jauh dr pohonnya, dgn kata lain sifat anak tidak jauh dr kedua orang tuanya,.
    Karakter seorang anak terbentuk dr didikan orang tuanya sejak kecil sebagai orang tua pastinya ingin menjadikan anaknya, mempunyai berperilaku baik seprti contoh nya ingin mempunyai anak yang rajin shalat, pintar mengaji. Namun sebagai orang tua tidak bisa hanya menyuruh saja melainkan dengan mencontohkannya dalam keseharian,seorang anak melihat orang tua yang rajin beribadah tentu saja akan mengikutinya.
    Baik buruknya anak tentunya berawal dr didikan orang tua, wlaupun akhirnya lingkungan juga dapat memengaruhi.
    Namun, jika anak tersebut sudah memiliki pondasi didikan yang baik dirumah nya tentunya tidak akan mudah terpengaruh oleh lingkungan yang buruk, namun sebaliknya jika anak tidak mendapatkan didikan yang baik oleh orang tuanya bisa saja anak tersebut masuk ke lingkungan yang tidak baik.

  7. M. DIDI WAHYUDI berkata

    orang tua harus mempunyai tata cara etika perilaku yang baik supaya bisa dicontoh oleh anak anak mereka

  8. Suyana berkata

    asalamu’alaikum
    keluarga sebagai pendidikan utama dan pertama memanglah benar karena setiap anak akan mengenal tata cara etika atau berprilaku adalah di keluarganya terutama kedua orang tua nya yang di jadikan pigur contoh perilaku oleh anaknya oleh karena itu peran kedua orang tua harus memberikan contoh yang baik dan bimbingan yang optimal agar anak dapat menjadi seorang yang berkarakter baik sesuai harapan

    1. M. DIDI WAHYUDI berkata

      saya setuju, karena orang tua itu adalah madrasah pertama yang jadi panutan anak dalam tata cara perilaku mereka saat masih kecil.

  9. Bayu Hermawan berkata

    Pertama kali seorang manusia terlahir dan mendapatkan pendidikan mengenai norma sosial,pengetahuan dasar,dan nilai nilai etika yang berlaku ke masyarakat adalah di dalam keluarga.Rasulullah SAW bersabda: “Setiap anak dilahirkan dlm keadaan fitrah (Islam), maka kedua orang tuanyalah yg menjadikannya Yahudi, Nashrani atau Majusi.”
    Artinya keluargalah yang akan menentukan seorang anak itu akan menjadi pribadi seperti apa dan menjadi landasan mengenai bagaimana seseorang membentuk dirinya karena itu keluarga menjadi institusi pendidikan pertama dan utama.Mengapa utama? Karena pendidikan dalam keluarga merupakan landasan dari pembentukan karakter seseorang,Mengapa pertama? Karena dalam membangun sebuah bagunan yang pertama kali dibangun adalah pondasinya dulu,sama halnya dengan pendidikan.

    1. Zainal Ma'arif berkata

      Secara tidak langsung peran keluarga ialag sebagai suatu lembaga pertama, karena dalam keluarga kita sangat dekat dan otomatis baik/buruknya pendidikan pertama didapatkan dalam keluarga. Begitupun perab keluarga sebagai suatu lembaga utama karena dalam keluarga secara tidak langsung kita diberi bimbingan untuk membentuk dirinya. Jadi keluarga sebagai instituasi pendidikan pertama dan utama ialah sangat penting.

  10. Fariz maulana ibrahim berkata

    Assalamualaikum wr.wb
    Lembaga pendidikan yang pertama adalah keluarga,karena keluarga sangat berpengaruh terhadap pembentukan karakter anak.timbulnya sikap baik dan buruk itu berasal dari pendidikan keluarganya yang akan membentuk sebuah jiwa dan mentalitas manusia,jadi kedua fungsi itu saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan, intinya semuanya itu berawal dari keluarga jika dalam keluarga yang tadi nya harmonis tiba tiba menjadi hancur maka pola perilaku dan kehidupan anak itu akan hancur pula maka dari itu pendidikan kelurga sangat penting,dalam pribahasa dikatakan “buah tidak akan jatuh jauh dari pohonnya”.

    1. Silmy Awwalunnisa TIPS/1 berkata

      Namun menurut saya, bukan hanya keluarga namun diri kita sendiri juga harus di biasan untuk menerima dan mengikuti arah tujuan keluarga kita. Untuk apa? Agar kita tidak dengan mudah dan suka rela mengikuti apa yang keluarga berikan dan apa yang kita mau. Tidak sedikit anak yang malah berbeda jalur dengan keluarganya namun ia tetap mengikuti keluarganya dengan alasan belum cukup bisa sendiri. Makadari itu keluarga bukan hanya pendidikan utama namun juga sebagai pembentukan karakter utama.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.