Keluarga sebagai Institusi Pendidikan Pertama dan Utama

Keluarga sebagai Institusi Pendidikan Pertama dan Utama
0 2.921

Keluarga, dalam literatur pendidikan islam, sering disebut sebagai lembaga pendidikan pertama dan sekaligus utama. Dua fungsi pendidikan dalam keluarga ini, satu sama lain tidak dapat dipisahkan. Kedua memiliki hubungan yang signifikan. Keduanya, juga memiliki akar yang sama dan memiliki hubungan pertalian yang tingkat keterpengaruhan satu sama lainnya cukup kuat. Antara pertama dan utama dalam konteks pendidikan keluarga ini, akan menjadi ciri penting dari proses pendidikan yang sempurna.

Lembaga pendidikan keluarga sering disebut sebagai lembaga pendidikan pertama. Mengapa? Karena melalui keluarga itulah, manusia untuk pertama kali membentuk dirinya dalam melakukan proses sosilisasi diri dengan manusia lain. Minimal dengan ibu dan bapak. Baik atau buruknya perilaku seseorang, akan sangat tergantung pada posisi pendidikan pertama dalam keluarga dimaksud. Karena itu, pendidikan dalam keluarga, sering juga disebut sebagai gold time.

Proses pendidikan dalam keluarga secara praksis akan mengintegrasikan individu ke dalam suatu kelompok sosial masyarakat yang lebih luas. Interaksi edukatif atau non educatif, akan terlihat dengan jelas dari bagaimana pendidikan keluarga dibentuk. Dalam keluarga akan menjadi proses pendewasaan anak dari individu yang tidak berdaya kepada pribadi yang mengenal dalam konteks  pengetahuan dasar, norma sosial, nilai nilai yang dianut dan etika sosial yang berlaku dalam masyarakat.

Pendidikan Utama

Keluarga, juga sering disebut sebagai lembaga pendidikan utama. Mengapa? Karena melalui lembaga pendidikan dalam keluarga, manusia akan diberi landasan yang kokoh tentang bagaimana ia membentuk dirinya. Bagaimana ia memiliki sikap dan pandangan atas apa yang ditanamkan dalam keluarga.

Melalui kepribadian yang dibentuk dalam keluarga itu, jiwa dan mentalitas manusia baik dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang, akan terbentuk dan membekas dalam kehidupan manusia. Coba kita bayangkan, bagaimana kita sejak kecil dibentuk oleh orang tua. Itulah kita hari ini.

Pengaruh pendidikan dalam ranah keluarga ini, dampaknya akan terasa besar dan hampir akan mempengaruhi budaya apapun dalam kehidupan manusia setelahnya. Singkatnya, baik buruknya perilaku seseorang akan sangat ditentukan oleh sikap pembentukan [pendidikan] orang tua dalam keluarga. Prof. Cecep Sumarna

Komentar
Memuat...