Kematian Tak Mengakhiri Cinta | Misteri Sang Ksatria Cinta Part – 7

48 187

Kematian Tak Mengakhiri Cinta: Alberta temangu saat Santi berlalu. Ia tidak pulang. Malahan ia mengikuti kegiatan diskusi tambahan bersama rekan-rekannya di sebuah galery perpustakaan Sasana Budaya. Saat itu, ada sebuah tayangan flm yang tersiar dalam sebuah TV HBO di ruang rehat sebuah gedung yang sangat berwibawa. Alberta diam dan termangu menyaksikan sebuah film yang mengisyahkan petualangan cinta dua manusia yang sulit dipisahkan, namun, tetap tak berdaya untuk dipersatukan. Dua sosok manusia yang memiliki perbedaan latar belakang status yang dalam konteks tertentu, untuk manusia abad ke 17 di Eropa tidak mungkin dipersatukan dalam sebuah suntingan pernikahan.

Cinta Tak Berakhir Bersama Kematian

Seorang wanita berkata dalam film itu, cintaku kepadamu hanya dapat dipisahkan jika aku meninggalkan dunia fana ini. Tetapi entah mengapa, hati Alberta tiba-tiba berontak dan mengatakan: Jika cinta kamu hanya dipisahkan dengan kematian, maka, bagiku, kematianpun tak mungkin dapat memisahkan cintaku kepadanya. Mengapa? Karena cintaku dan cintanya yang selama ini berjalan, selalu hanya bersipat metafisis dan jauh dari kemungkinan untuk disebut fisis. Aku akan meninggalkannya beberapa tahun yang lalu, jika pertimbangan cinta ini, hanya didasarkan karena aku ganteng atau karena dia cantik. Kecantikannya dan kegantenganku kata Alberta, telah dipindahkan kedalam kegantengan dan kecantikan metafisis yang tidak mungkin dilerai oleh keriput kulit atau mengeroposnya tulang.

Ketika Alberta melamun, HP yang dipeganggnya tiba-tiba berdering. Suatu nomor dan nama yang tidak asing itu muncul. Dengup kencang nafas Alberta memacu sejumlah aroma yang sesungguhnya meskipun baru berlalu, selalu tetap dirindukan. Kerinduannya pada Santi persis seperti seorang yang haus, lalu minum air laut. Rasa hausnya bukan malah hilang. Yang terjadi, keinginannya untuk tetap minum dan terus minum.

Dari jauh Santi mengatakan: Alberta, I Miss you and I Need You. Aku sejatinya tak ingin berlalu. Tetapi, posisiku sebagai seorang wanita, yang telah dianugerahi seorang anak perempuan yang sangat cantik menurut kamu itu, harus segera meninggalkanmu. Sejujurnya, aku persis seperti burung yang terkena getah di sebuah pohon yang hampir sulit terbang jika sudah bertemu dengan kamu.

Seperti biasa, Alberta hanya tersenyum. Ia berkata: Santi, sejatinya akupun sama. Tetapi, secara filosofi kata sejatinya itu sesungguhnya mengandung makna ketidaksejatian. Aku mengerti dan aku faham atas apa yang sedang kau alami. Biarlah aku di sini dan merindukan kamu untuk selamanya. Kau jangan pernah ragu, bahwa segenap rasa yang kumiliki, telah kukosongkan. Semuanya telah kuberikan untukmu.

Hallo, hallo, hallo kata Alberta menyapa agak keras. Alberta tahu kalau posisi Santi sangat jauh dari kota. Sehingga beberapa hal agak sulit mendapat signal yang cukup baik. Ya Alberta. Aku mendengarkanmu dengan baik. Bukan karena kurang signal, tetapi, aku sedang syahdu bagaimana kamu menggoda aku.

Ah siapa bilang aku menggoda kamu. Apa untungnya. Cintamu telah kudapatkan meski ragamu agak sulit kumiliki. Tetapi, percayalah, aku tulus mencinta kamu dengan segenap rasa yang kumiliki. Terima kasih atas segenap rasa yang kau miliki juga untukku. Pelukanmu tadi, akan, kembali kusimpan dalam labirin-labirin suci dengan sejumlah angan yang pasti akan terus terbarukan.

  1. Nisrina Aulia berkata

    ketika cinta yang sejati, cinta yang tidak pernah melihat sedikitpun dari segi fisik. karena fisik akan selalu mengalami perubahan yaitu menua. tetapi cinta tidak akan mengenal kata itu.

  2. mar'ah sohlehah mpi A berkata

    Bunuh diri adalah hal yang paling memalukan dalam dunia kehidupan. bukan hnay malu kepada diri sendiri melainkan malu kepada orang lain bahkan sang pencipta. sebenarnya bunuh diri bukanlah cara terhebat untuk menyelesaikan masalah akan tetapi bunuh diri itu adalah sumber dari ribuan masalah bahkan bukan soal masalah dunia tapi masalah setelah kematian itu sendiri semacam pertanggung jawaban.

  3. Nenis Nursona Jamil berkata

    Perasaan bahagia mungkin sedang menyelimuti keduanya, karena telah dipertemukan kembali dengan masih perasaan yang sama, tapi mungkin pertemuan itu hanya akan menimbulkan rasa sakit karena keduanya tidak bisa saling memiliki.

  4. Ikha Solekha MPI-A/3 berkata

    Suatu masalah yang kita hadapi jangan diselesaikan dengan cara bunuh diri, karena dengan cara itu tidak mengurangi masalah melainkan mempertambah masalah

  5. Evi selviyana puspitasari berkata

    Jangan sesekali menyalahkan apa yang sudah allah takdirkan karena pada dasarnya itulah jalan terbaik yqng allah berikan.

  6. Mawaddahfairuz berkata

    Dinding dan tembok yang tinggi menjulang memisahkan raga dua insan yang seharusnya bisa bersatu namun karena keadaan mereka terpisah dan perbedaan keyakinan dari orang-orang sekitarnya, tidak bisa meluluh lantahkan hati dan pikiran yang tersimpan di benak keduanya.

  7. arini berkata

    Berharaplah hanya kepada allah swt karena hanya allah swt yang tau kedepannya seperti apa dan hanya allah swt yang dapat mempersatukan dua insan yang saling mencintai. Manusia boleh saja berharap dengan manusia lainnya tetapi harus ada batas dari harapan itu karena bisa jadi apa yang kita harapkan itu belum tentu baik juga untuk kita. Boleh saja kita saya seseorang tetapi kita juga harus ingat tidak boleh sayang seseorang melebihi sayangnya kepada allah swt, jadi apapun yang terjadi dalam hidupnya kita sebaiknya kita serahkan semuannya kepada allah swt.

  8. Dea yusrun hasanah berkata

    Seharus alberta bisa melupan santi karena santi telah memiliki keluarga dan santi pun seharusnya tidak memberikan harap-harapan yang tudak mungkin terjadi lagi bersama alberta. Karena mungkin inilah takdir yang allah berikan kepada mereka. Dan arberta hanya bisa berharap

  9. Rudi permana berkata

    Setelah kematian msh ada kehidupan, jangan cemas atau khawatir karena jika itu jodohnya bagaimanapun cara pasti dapat bersatu atau dipersatukan walau dengan keadaan sesulit apapun..

  10. Siti Haryanti berkata

    Alberta tetap mencintai santi, dan akan terus begitu sampai ia mati meskipun kini santi telah berkeluarga . Cinta yang dimiliki alberta sangatlah tulus kepada santi . Mungkin Allah tidak menakdirkan mereka untuk bersama di dunia , tetapi mungkin akan dipersatuka di syurga nya Allah .

  11. Fakhira Alifatunnisa berkata

    Alberta mengiklaskan bahwa Santi wanita yang sangat ia cintai sudah dimiliki oleh orang lain. Walapun memiliki raga Santi hanyalah sebuah angan semata tetapi Alberta telah mendapatkan cinta Santi. Cinta Alberta tak terpisahkan walupun maut menjemput.

  12. Ummie Habibah T.IPS A/1 berkata

    Assalamualaikum,
    Mnurut pendapat Saya, bahwa sejatinya cinta itu datangnya dari tuhan. Dan kaloupun mereka dalam cerita disini sudah memiliki kehidupan masing-masing juga itu rencana dari tuhan, sang pemilik cinta sejati. dan ketika seseorang yg sangat kita cintai itu telah menikah dengan orang lain apalagi dia juga sudah memiliki seorang anak(santi), maka seharusnya posisi alberta itu tdk seharusnya seperti itu karena santi sudah ada suami sempurna yang mengikat cintanya itu. Itu sebabnya dalam hal jodoh maut tidak ada yg mengetahui
    Wassalamualaikum…

  13. Bayu Hermawan berkata

    Manusia hanya bisa berharap, berencana namun Allah yang menentukan takdir sepertia apa yang harus manusia jalani, sama halnya dengan kematian yang tidak bisa kita prediksi. Hanya karena kematian bukan berarti hilang dan musnah semuanya dan cinta sejati takkan pernah hilang hanya karena tubuh kita telah mati. Kadang kita tidak dipersatukan dengan seseorang yang kita cintai di dunia namun kita akan dipersatukan di akhirat kelak, dan percayalah bahwa Allah selalu memiliki rencana yang indah.

  14. Rizka mawadah Apriliani berkata

    suatu cinta bila tidak bisa berarti bukan kematian yang menjadi jalan tapi kesempatanlah yang menjadikan jalan yang benar cinta santi dan alberta tidak akan terpisahkan oleh kematian karena cinta mereka abadi dan tidak akan terpisahkan meski keluarga dan tradisi memisahkan mereka secara fisik tapi cinta yang telah bersemi diantara mereka akan tetap tumbuh dan berkembang.

  15. Fathurrakhkman Aji berkata

    cinta mereka berdua tidak akan mati walaupun maut memisahkan, tetapi Alberta harus menerima semuanya karena santi sudah ada yang memiliki. kita belajar bahwa sebagai manusia harus belajar menerima kenyataan dengan ikhlas walaupun itu sangatlah sulit.

  16. dadan handriansyah berkata

    karena kematian bukan berarti hilang dan musnah semuanya dan cinta sejati takkan pernah walau secara pisik/jasad kita telah mati.

  17. malikul arzak berkata

    meskipun takdir allah tidak sejalan dengan keinginan kita percayalah bahwa itulah jalan terbaik

  18. Putri Alfaniyah berkata

    Mungkin Allah belum menakdirkan Alberta dan santi untuk bersatu. Yakin saja bahwa skenario Allah itulah yang terbaik. Tidak ada sesuatu yang lebih menenangkan hati daripada yakin bahwa takdir Allah yang terbaik dari segalanya.

  19. Khaeron berkata

    Bagi mereka yang memiliki cinta sejati tidak akan menerima dengan ungkapan bahwa “cinta kita hanya akan terpisahkan dengan kematian” karena sejatinya cinta sejati tidak akan pernah meninggalkan jasad yang dulu senantiasa bersamanya, mereka tetap akan bersatu jika tidak di dunua mungkin di syrga mereka akan bersatu dalam sebuah singgasana yang amat megah. dalam hal pendidikan yang sejati tidak akan pernah meninggalkan orag-orang yang senantiasa mencari ilmu untuk kesejahteraan hidupnya dan manfaat dari pendidikan yang baik itu akan ia bawa sampai ia sudah tidak bearda di duia ini lagi.

  20. ELOK ALFAIN LUTHFIE berkata

    Cinta memang tidak harus memiliki akan tetapi bila cinta sejati itu memang ada maka pasti kesetiaan antara keduanya pasti akan terjalin walaupun keduanya terpisahkan oleh kematian tapi cinta itu tetap hidup untuk selamanya karena kematian bukan akhir dari sebuah percintaan.

  21. Uwais Al Qorni Luthfue berkata

    Cinta memang tidak bisaa dipisahkan hanya karena kematian karena cinta sejati akan selalu setia walau maut yang memisahkan. Saat alberta tahu santi sudah menikah dan memiliki seorang putri alberta hanya tersenyum, karena sejatinya mereka berdua masih saling mencintai dan membutuhkan. Akan tetapi alberta coba memahami hal tersebut.

  22. Elin Yulianingsih berkata

    Takdir Allah selalu tepat pada sasarannya.. percaya atau tidak yang ditentukan Allah itu adalah sesuatu yang terbaik karena allah akan memberikan apa yang kita butuhkan bukan apa yang kita inginkan. Ikhlas adalah cara terbaik dalam menerima semua ketentuan Allah.

  23. Nurmila Herdianty T. IPS/1A berkata

    Assalamualaikum…
    Menurut pendapat saya, santi dan alberta harus menerima dengan keadaan mereka yang sudah berbeda. Yang dimana santi sudah memiliki anak dan suami maka dari itu sudah memiliki kehidupan masing-masing. Seharusnya sebagai Alberta dia harus menyadari posisinya yang sudah tidak memiliki hak untuk memadukan kasih kepada seseorang yang sudah memiliki suami. Lebih baik mereka berdua berusaha mengakhiri hubungan tersebut. Agar tidak ada yang terluka. Jadi, seberapa besar keinginan kita bisa bersama dengannya tetap saja Allah lah yang menentukan segalanya mau dalam hal takdir jodoh atau sebagainya. Karena Allah maha tahu apa yang dibutuhkan dan apa yang diinginkan oleh seorang hambanya dan itu semua yang terbaik untuk hambanya.

  24. siti a'isyah berkata

    Sekuat apapun mempertahankan rasa cinta pada seseorang tetap saja Allah yang berhak menentukan jodoh yang tepat. karena Allah Swt lebih tau apa yang kita butuhkan dari pada yang kita inginkan. Seberapa keras menggenggam, seberapa jauh berjalan, seberapa lama bertahan, seberapa cinta, seberapa ingin memiliki. Jika dia tak tertulis dalam Lauh Mahfudz maka tak ada yang bisa menolaknya.

  25. Mukhammad Hasanudin(T.Ips A)Semester 1 berkata

    Inilah takdir allah yang telah di tentukan mereka harus bisa menerima apapun keadaanya alberta sangat menginginkan sosok santi untuk masa depanya tapi kita lihat santi sudah menemukan jodohnya ,tetapi rasa cinta alberta tidak mudah hilang begitu saja cinta alberta kepada santi sangatlah kuat begitu pun sama halnya santi yang sudah memiliki seorang anak tetapi masih saja memikirkan sosok seorang alberta yang iya cintai,tetapi di sisi lain sang suami Tak mendapatakn cinta yang murni dari santi santi.dari kejadian ini kita bisa mengambil ,takdir kita di masa depan tidak ada yang tau terutama soal jodoh pasangan hanya allah yang menentuakn kita sebagai umatnya cuma berusaha berjuang dan berdoa soal hasil allah yang menentukan akan semua ini.Terimakasih

  26. Sri Anisah berkata

    Inilah ketentuan yang tlah di tetapkan sebagai rasa ingin memiliki untuk hidup bersama namun kenyataan bahwa Allah Swt tlah menetapkan jodoh yang tlah tertuliskan di lauhul mahfudz . Sekuat apapun mempertahankan rasa cinta pada seseorang tetap saja ada pemilik yang jauh berhak menentukan jodoh yang tepat bukanlah yang kita mau, karena Allah Swt lebih tau apa yang kita butuhkan dari pada yang kita inginkan. Seperti halnya alberta dengan santi sekuat apa pun cinta mereka tetap saja takdir yang telah di tentukan oleh Allah adalah yang terbaik yang harus mereka jalani meski berbeda dari harapan mereka .

  27. Cinta lama akan bersemi kembali meski cinta baru datang mengerubungi…

  28. Mahbub (PAI-B) Semester I berkata

    Cinta yang sejati akan tetap dinanti walau jasad sudah mati walau bertemu di hari nanti (Kiamat)

  29. Sopian Asep Nugraha - PAI - A SEMESTER 1 berkata

    terlalu anis untuk dtinggalkan kisah ini, bak dahaga yg sedang kehausan memuat diri ini penasaran akan uung dr cerita tersebut
    duuuuh alberta kenapa kau tak coba tuk sejenak mengalihkan cintamu.
    selamat untuk santi yg sdh punya momongan, smg cantik seperti ibunya dan baik seperti antan kekasihnya #alberta

  30. Badruzzaman PAI-A Semester 1 berkata

    Santi telah memiliki anak perempuan?sesungguhnya dia sudah bersuami atau janda?jika santi sudah bersuami hendaknya mereka tidak meneruskan kisah asmara mereka, mereka harus menerima kenyataan. Jika mereka terlarut dalam kisah asmara mereka, niscaya akan ada hati yang tersakiti (suaminya santi)

  31. Neng Lia Y berkata

    seharunya santi tdak boleh mencitai orng lain lg mskipun itu dlu cinga sejatinya..
    kn udh punya suami dn anak bahkan kasian suaminya..
    dn alberta pun hrus mlupakn snti..

  32. Rifqoh Khasanah (PAI-A) Semester 1 berkata

    Alberta tidak akan pernah bisa melupakan sosok Santi kalau semua yang ada dipikirannya terfokus pada wanita itu, Santipun sama walaupun dia sudah bersuami bahkan sudah memiliki anak dia masih memikirkan Alberta. Alangkah baiknya menjalani kehidupan masing-masing agar tidak menderita karena cinta. Mungkin saja akan ada cinta yang lebih indah dari sosok lain.

  33. Nama : Aah Murtofa'ah dan M. Nawawi, NIM. 14166310002 dan 14166310008, PRODI : PAI, Smt : 1(satu) berkata

    Alberta terobsesi oleh tayangan film di TV HBO, batinnya terpengaruh karena film itu dan memberontak dalam hati tetapi perasaan itu berubah menjadi riang ketika Santi meneleponnya. Semetinya Alberta jangan selalu menggunakan perasaan, gunakan logika untuk kasus-kasus tertentu, seperti yang sedang terjadi pada Alberta saat ini

    Baca Selengkapnya https://www.lyceum.id/kematian-tak-mengakhiri-cinta-mskc7/

  34. Lupita Fitriana M. berkata

    Seharusnya Alberta dan santi Belajar untuk menerima keadaan.. Biarkan cinta itu mengalir saja, jangan sampai ada penghianatan dalam cinta itu

  35. suhadi 14166310029 (PAI-B) berkata

    tetaplah pada kenyataan. biarlah keadaan yang memaksa harus terjadi, tetapi tetap harus jg jarak …biar tdk bertabrakan

  36. betapa tulusnya cinta alberta pada santi, mereka berdua tetap bersikukuh menjaga perasaan masing-masing walaupun hanya metafisis, karena secara fisis mereka tak mungkin bisa bersatu.

  37. Nama : M. Nawawi, NIM. 14166310008, PRODI : PAI, Smt : 1(satu) berkata

    Alberta terobsesi oleh tayangan film di TV HBO, batinnya terpengaruh karena film itu dan memberontak dalam hati tetapi perasaan itu berubah menjadi riang ketika Santi meneleponnya. Sebnearnya Alberta jangan selalu menggunakan perasaan, gunakan logika untuk kasus-kasus tertentu, seperti yang sedang terjadi pada Alberta saat ini

    1. Nama : M. Nawawi, NIM. 14166310008, PRODI : PAI, Smt : 1(satu) berkata

      Alberta terobsesi oleh tayangan film di TV HBO, batinnya terpengaruh karena film itu dan memberontak dalam hati tetapi perasaan itu berubah menjadi riang ketika Santi meneleponnya. Semetinya Alberta jangan selalu menggunakan perasaan, gunakan logika untuk kasus-kasus tertentu, seperti yang sedang terjadi pada Alberta saat ini

      Read more https://www.lyceum.id/kematian-tak-mengakhiri-cinta-mskc7/#comment-317

  38. Alfin Bisma Herda Pai B berkata

    Apa ini ya yang disebut cinta tak harus memiliki,?? Bikin baper

  39. Nuri Rizki Maulani rihaningsih Hidayat 14166310027 berkata

    kecewa, namun bukan kata itu yang pantas kau tanamkan alberta. betapa indahnya kekuatan cinta alau cinta itu tiba-tiba terhalan sebuah tembok labirin yang begitu besar nan tebal. menggenggam rasa kecewa akan seorang kekasih itu tiadalah guna, namun kenangan indah takan pernah lekang oleh waktu.

  40. Didi Tarsidi 14166310005 (PAI-A) semester 1 berkata

    Alberta dan santi semakin menjauh. Teruslah berjuang Alberta untuk cinta yang dirasa bahagia.

  41. Mei Yani Rahayu (PAI-B) berkata

    Hmm dilema Santi antara keinginan hati dengan kenyataan… Ternyata selalu ada tempat untuk cinta lama, semoga saja Santi tidak terlena, dan itu hanya sesaat karena efek dari pertemuan kmrin

  42. Yeti Ernawati berkata

    First love never dies…huft…
    Lantas rasa apa yang dimiliki Santi pada suaminya???Bahkan sampe punya putri yg cantik (katanya).(PAI-A smstr I)

  43. Saefullah (PAI-A) Semester 1 berkata

    Kenangan lama jadikan motivasi untuk belajar mencintai yang baru, takdir tidak bisa di elakkan.
    kasihan dong neng Hyapatia

  44. Syarifah berkata

    Kasian suami Santi, tak sepenuhnya dapat cinta dr istrinya yg telah mencintai lelaki lain dr sebelum pernikahan mereka…
    Hianatnya cinta santi pada suaminya,.?
    *walaupun memang cinta tak pernah bohong, Cinta pertama lah yg paling berkesan bagi hidupnya,walaupun ia telah berumah tangga dg lelaki pilihan keluarga nya..

  45. Ipih hidawati berkata

    Jadiiii…. Santi sdh punya anak perempuan???? Apakah santi janda atau msh punya suami…? Jd tambah penasaran kisah selanjutnya

  46. Kiki berkata

    Perkuliahan pertama dengan Prof. Dr. H. Cecep Sumarna, M.Ag.,
    Dan saya really excited dengan Misteri Sang Ksatria Cinta. Bismillahirrohmanirrohim …

    1. Admin Lyceum
      Admin Lyceum berkata

      Terimakasih kiki, semoga bermanfaat..!!

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.