Kenali Passion Usaha Anda, Uang Akan Mengikuti

0 77

Banyak diantara kita dan bahkan penulis sendiri merasa kebingungan mencari passion dalam berkerja atau usaha. Sering kali kita merasa tidak tahu apa yang harus kita kerjakan, usaha apa yang cocok untuk kita, bosan dengan apa yang kita kerjakan, dan hal-hal lain dalam mencari jati diri seutuhnya.

Beberapa diantara kita mungkin belum menemukan passion kerja padahal usia telah menginjak matang dan dewasa. Sebut saja pada usia empat puluh tahun ada yang masih mencari pekerjaan apa yang cocok atau bongkar pasang usaha untuk mempertahankan hidup. Padahal seyogyanya pada usia itu kita sudah mulai bisa memetik hasil dari usaha kita.

Menurut Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, “pekerjaan yang paling asyik di dunia adalah hobi yang dibayar”. Sebuah bentuk ungkapan dan ajakan agar kita bisa memanfaatkan passion kita. Sehingga kita bisa lebih kreatif untuk memulai dan menemukan sebuah usaha untuk menghasilkan uang tanpa harus latah dan ikut-ikutan dengan usaha yang sedang booming. Apabila usaha kita berangkat dari hobi, ketika ditengah perjalanan menemukan masalah, justru masalah tersebut tidak menjadikan berhenti melainkan terus mengatasi dan memperbaiki demi kemajuan dan keuntungan dalam usaha.

Uang Tidaklah Menjadi Tujuan

Pada dasarnya, bagi beberapa pengusaha uang tidaklah menjadi tujuan, melainkan kemampuan atau kemahiran. Dalam menjalankan usaha Yang dimiliki, uang akan tetap mengikuti ritme usaha kita berkat kecakapan kita. Beberapa hal yang bisa dijadikan langkah awal dalam memulai usaha:

Tentukan Usaha

Tentukan usaha, hal ini menjadi hal paling penting sekaligus sulit bagi beberapa orang. Dalam menentukan usaha apa yang akan dijalani, kita pertama-tama harus mengenali hobi atau passion apa yang kita senangi. Ketika sudah menemukan passion kita bisa lebih mudah menentukan konsep usaha yang akan kita jalani. Hal yang paling penting dalam menentuka konsep tentunya hal yang paling mendasar dan realistis yaitu modal. Modal mentukan langkah-langkah kreatif usaha selanjutnya, apabila modal yang tersedia belum mencukupi maka tentunya perlu ide-ide kreatid untuk menyiasatinya. Contohnya ketika belum bisa memproduksi suatu barang, bisa mengambil dari produsen kemudian menjualnya dengan online ataupun offline.

Merencanakan Usaha

Konsep yang tidak jelas berakibat pada pemborosan, usaha membutuhkan perencanaan yang matang yang meliputi pemilihan produk atau jasa usaha, lokasi usaha, sasaran pasar, dan managementnya.

Sumber Daya Manusia

SDM, terkait dengan management baik terkait mental dan kinerja. Managemen harus dibekali dengan ilmu dan orientasi dagang yang tepat, karyawan yang hanya berorientasi pada uang sering menjadi masalah kegagalan, karena kecintaan, keahlian, dan pengalaman juga menjadi hal penting yang harus diperhatikan.

Hindari Pinjaman Berbunga Tinggi

Sebenarnya tidak ada alasan untuk tidak bisa usaha karena tidak ada modal, modal bisa disesuaikan dengan situasi. Untuk memulai usaha hendaknya dengan memaksimalkan apa yang dimiliki saat ini, hal-hal yang ada di rumah yang dapat dimanfaatkan.***Intan Nurazizh Islami


 Tentanag Penulis :

intan-nurazizah-islamiIntan Nurazizah Islami atau yang lebih dikenal dengan nama Mozza. Lahir di Kabupaten Ciamis,  21 Oktober 1993. Anak pertama dari tiga bersaudara dari pasangan  Imas Nuraeni dan Endin Nurdin. Sosok periang ini sangat mudah bergaul, mudah kenal dengan orang baru, Setelah lulus kuliah 2015, kini ia bekerja di bagian Biro Perbankan PT. Nusa Indah Pratama yang bergerak pada bisnis properti. selain itu Ia juga aktif di Bisnis Startup Karena. Menulis sudah menjadi Hoby, ditengah kesibukannya pun tetap Aktif menulis di Lyceum Indonesia

Komentar
Memuat...