Kesabaran Istri, Menahan Suami Untuk Tidak Berbuat Tercela

0 62

Kesabaran Istri. Keutuhan rumah tangga tercipta atas dasar keselarasan hati antara suami dan istri. Keberlangsungan rumah tangga akan diperkuat dengan keteguhan komitmen yang dipupuk setiap saat. Komitmen yang senantiasa terjaga dalam komunikasi mesra yang intens akan membuahkan hasil rumah tangga harmonis dan romantis. Keutuhan rumah tangga sangat jelas memiliki implikasi kesuksesan kehidupan seseorang dalam konteks karir, ekonomi dan bermasyarakat. Begitu bermaknanya keutuhan rumah tangga memengaruhi semua segmen kehidupan seseorang.

Jika masa perkenalan dimaknai sebagai sebuah tahap awal penilaian antara dua individu lawan jenis yang akan membangun cinta, maka perkenalan itu dianggap penting sebagai sebuah parameter awal untuk saling berbagi informasi antara si laki-laki dan si perempuan. Perkenalan yang dimaksud bukanlah suatu proses pergaulan yang bebas antara laki-laki dan perempuan. Bersama setiap saat, berdekatan tanpa batas layaknya suami istri justru akan mengakibatkan kemaksiatan secara religius dan perbuatan tercela secara hukum sosial. Perkenalan yang dipahami oleh ABG (anak baru gede) masa kini terkesan terlalu ‘bernafsu’ untuk saling berdekatan dan melakukan apapun tanpa batas. Hal ini akan berakibat pada kesementaraan dalam membangun cinta. Dan pada akhirnya cinta akan ditafsirkan dengan bahasa erotis dan asusila, begitu rendah dan nista.

Perkenalan yang semestinya dilakukan adalah situasi yang diciptakan bagaimana seorang laki-laki dan perempuan saling mengenal karakter dengan selalu mengedepankan norma agama dan sosial. Pola perkenalan yang akan memberikan informasi karakter pribadi  dapat dilakukan dengan cara melakukan penilaian terhadap aktivitas keseharian, hobi pribadi dan tindakan realistis dalam menghadapi permasalahan diri. Ketiga aspek dasar itu akan memberikan satu gambaran bagaimana seseorang dapat memiliki chemistry atau tidak bagi diri kita. Karena membangun chemistry itu butuh waktu maka seseorang harus memiliki kehati-hatian untuk menerima penilaian seseorang itu.

Perkenalan yang dimaksud di atas adalah bertujuan untuk menjadi intro kehidupan ke depan. Masa perkenalan dengan pertemuan terbatas dipastikan dua lawan jenis itu akan saling menjaga satu sama lain; bercerita yang baik-baik, yang indah-indah, penuh pesona dan harapan. Sementara kekurangan, kelemahan diri yang ada di masing-masing individu akan menjadi sebuah keadaan yang harus dipoles, ditutupi dengan alasan dan diabaikan dengan cerita-cerita menarik. Padahal, ketidakterbukaan itu akan menjadi kendala di kemudian hari. Keterbukaan yang semestinya adalah pemahaman kepribadian yang lebih dalam sebagai cermin karakter masing-masing di masa depan yang akan dilalui.

Fase Berumah Tangga

Tahapan berumah tangga merupakan masa ke masa yang dilalui oleh kedua insan, suami dan istri. Turbulensi rumah tangga akan hadir setiap saat akan tetapi kebahagiaan itu ada masanya. Artinya, bahwa gejolak rumah tangga itu setiap saat akan membuntuti seorang suami atau seorang istri. Ia datang dalam kekurangan ekonomi, rendah jabatan, stratifikasi sosial rendah, kecurigaan, hilang kepercayaan dan hilangnya ruh religius dalam bingkai kehidupan. Sementara kebahagian yang dibangun dengan susah payah oleh seorang suami istri terkadang hanya sesaat dan dalam tempo sesingkat-singkatnya.

Emosi yang tidak terkendali antara suami istri akan menyapa setiap saat jika keduanya lepas kontrol diri. Persepsi saling melakukan pembenaran diantara keduanya akan menjadi penyebab rusaknya nuansa harmonis dalam berumah tangga. Harmonisasi suami dan istri harus terjaga dalam bingkai komitmen hati. Komitmen dimaksud akan terlihat dari perilaku saling menjaga perasaan, saling percaya, dan saling memahami keberadaan masing- masing sesuai tugas pokok dan fungsinya.

Dalam konteks seorang suami yang sibuk bekerja, kepenatan dan kejenuhan kerja sering menerpa. Rumah yang dijadikan tempat istirahat dan muara perjalanan setiap hari harus diciptakan senyaman mungkin oleh seorang istri. Istri yang dapat menempatkan permasalahan rumah tangga sesuai ukuran penyelesaiannya akan menjadikan suami tenang dan tidak terbebani. Cara mengkomunikasikan masalah dengan kesantunan dan kelembutan bahasa istri akan menjadikan suami nyaman dan tidak tertuntut. Sambutan yang hangat ketika suami tiba di rumah, senyum simpul dan penawaran layanan yang optimal oleh seorang istri akan mampu mengabaikan kepenatan dan kejenuhan kerja suami. Ditambah pula dengan suasana hiburan bersama anak-anak yang lucu dan sholeh/sholehah akan turut mendukung tercitanya romantisme dalam rumah.

Harmonis dan Romantis Tidak Mesti Mahal

Pemahaman tinggi seorang istri terhadap kesibukan suami sangatlah penting. Pelayanan istri terhadap suami tidaklah dimaknai sebagai sebuah aktivitas yang berat dan bahkan cenderung diidentikkan dengan posisi majikan dan pembantu. Pemaknaan demikian tentu salah besar. Seorang istri yang melayani suami dengan segenap rasa cinta dan kasih sayang tidak pernah merasakan beban dan tuntutan, namun semua dilalui dengan ikhlas, nyaman dan puas di hati. Tersenyum ketika menyambut suami di awal kedatangan setelah bekerja, menyediakan minum hangat  untuk penenang hati, menghidangkan makanan yang disukai suami, menanyakan sesuai yang membuat suami ceria dan melakukannya dengan penuh keramahan yang tulus merupakan strategi menciptakan suasana harmonis romantis.

Menciptakan suasana harmonis romantis tidak harus mahal dan di tempat mewah. Semuanya dapat tercipta dengan suasana sederhana namun bermakna. Suami dapat diajak untuk minum kopi bersama di malam hari dalam keheningan malam yang tenang, makan coklat bersama, sekedar melihat foto-foto perjalanan yang menarik, mengungkapkan cerita-cerita lucu dalam aktivitas keseharian. Seorang istri akan ditempatkan di posisi penting jika semua itu dapat dilakukan. Seorang suami akan merasakan bahwa masalah-masalah kerja dan aktivitas keseharian akan mampu diselesaikan jika sudah bertemu dengan istri. Merasa tenang dan nyaman ketika sudah di rumah adalah salah satu indikator bahwa rumah telah sukses diciptakan dengan baik oleh seorang istri.

Permaslahan yang rentan bagi seorang suami yang bekerja dan sibuk di kantor atau di luar rumah adalah menemukan seseorang yang ternyata bisa lebih baik melayani terhadap dirinya dibandingkan istri di rumah. Persepsi ini biasanya muncul ketika hanya salah satu hal saja yang dianggap tidak bisa dilakukan oleh seorang istri dan perempuan lain mampu melakukannya, seorang suami seakan-akan mendapatkan satu kesimpulan bahwa perempuan baru lebih baik. Persepsi ini sangat keliru bagi seorang suami karena persepsi ini baru pada tingkat perasaan sepihak yang didukung oleh pembenaran subjektif.

Istri yang Memesona

Istri yang memesona dalam hidup suami adalah ia mampu menempatkan dirinya sebagai perlabuhan hidup suami. Ia mampu memahami kekurangan suami dan permasalahn yang dihadapi suami. Mengabaikan permasalahan suami bahkan ga mau tau permasalahan suami adalah titik awal seorang suami akan berpaling ke perempuan lain. Istri memesona adalah ia dapat menjaga dirinya dari mulai penampilan ril, sikap yang dibalut cinta kasih, dan tindakan yang menyenangkan suami. Menjaga penampilan agar tetap menarik adalah perkara inti bagi seorang istri. Hal ini dianggap penting karena terlalu banyak perempuan yang ditemui oleh seorang suami setiap hari. Begitu pula ungkapan manis dan tindakan yang disukai suami akan menjaga perasaan suami untuk tidak melakukan hal-hal yang tercela.

Kriteria Istri memesona yang paling puncak adalah ia yang memahami betapa tingginya makna cinta kasih yang harus diimplemtasikan di rumah tangga. Cinta kasih tidak boleh dianggap sebagai sesuatu yang ‘alay’ atau ‘lebay’. Bahasa dan tindakan yang dibalut cinta kasih harus senantiasa terjaga dalam komunikasi di rumah. Sekecil apapun perhatian seorang istri kepada suami akan mendukung penciptaan suasana harmonis dan romantis sepanjang masa.

 Oleh : Nanan Abdul Manan

Dosen STKIP Muhammadiyah Kuningan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.