Inilah Makna Setia dalam Cinta yang Sesungguhnya

Inilah Makna Setia dalam Cinta yang Sesungguhnya
0 2.113

CINTA, Banyak orang mengartikan kata ini dengan berbagaimacam pandangannya masing-masing. Sebenarnya itu merupakan hal yang lumrah ketika tidak keluar dari makna cinta yang sesunggunya. Meski dewasa ini sulit menemukan dari makna cinta yang sesungguhnya dengan pola pergaulan dan hidup yang dilakukan seseorang dewasa ini

Hubungan dua orang yang disatukan dengan ikatan pernikahan itu juga bisa diartikan cinta. Cinta ini di awali dari langkah yang sakral dan biasa orang menyebutnya bernama ijab kabul. Inilah juga awal bagimana menyatukan dua orang menjadi satu dari mulai sikap, karakter, kebiasaan bahkan juga keluarga besarnya. Itu bukanlah perkara yang mudah untuk menyatukan hal ini tetapi disinilah awal seorang manusia menjadi manusia seutuhnya untuk dirinya. Membuat peradaban baru peradaban yang masadepannya ditentukan atas apa yang dia lakukan dan dia rencanakan.

Untuk itu makna lain dari pernikahan adalah bagaimana dua orang diciptakan berbeda namun untuk menjadi satu dan untuk selalu beribadah dan mencari ridhonya. Kesetiaan sering banyak orang jadikan referensi untuk menjalani hal yang sakral ini. Banyak penjabaran dari makna setia ini:

Inilah 2 Makna Setia Yang Sesungguhnya

Pertama: Setia untuk selalu berkata “tidak”. Artinya bagaimana kita selalu berkomitmen mengatakan tidak kepada sesuatu yang akan merusak hubungan yang sakral. Disebut dengan pernikahan itu, bagaimanapun bentuknya, bagaimanapun caranya, menyakitkan ataupun menyenagkan tetapi kita haru selalu mengatakan “tidak” ketiaka hal itu muncul akan merusak hubungan kita.

Kedua: Setia untuk selalu mengatan “ya”. Artinya bagaimana kita selalu berkomitmen mengatakan ya kepada sesuatu yang akan membuat hubungan yang sakral. Disebut dengan pernikahan itu menjadi lebih baik, bagaimanapun bentuknya, bagaimanapun caranya, menyakitkan ataupun menyenagkan tetapi kita haru selalu mengatakan ya ketiak hal itu akan membuat hubungan itu menjadi baik dan lebih baik.

Dua makna setia ini menjadi bagian salah satu yang akan mengantarkan hubungan cinta dua orang manusia. Menghantarkan kedalam hubungan yang dikatakan abadi guna membangun peradaban yang baru dan baik yang semata-mata untuk dijadikan jalan oleh keduanya untuk selalu beribadah dan mencari ridhonya.

Nunu Nurfirdaus, M.Pd (Dosen PGSD STKIP Muhammadiyah Kuningan)

Komentar
Memuat...