Home » Arsitek » Landscapes » Keunikan Kampung Code Yogyakarta Yang Mendunia

Share This Post

Landscapes

Keunikan Kampung Code Yogyakarta Yang Mendunia

Keunikan Kampung Code Yogyakarta Yang Mendunia

Keunikan Kampung Code Yogyakarta Yang Mendunia | Kampung Code nama salah satu kampung yang merupakan salah satu jejak peninggalan seorang arsitek senior, Romo YB Manguwijaya. Jejak peninggalank kawasan untuk masyarakat bawah itu adalah salah satu karya Romo Mangun, demikian sapaan akrabnya.

Kampung Code berlokasi di Kelurahan Kotabaru, Kecamatan Gondokusuman Kota Yogyakarta, tepatnya di RT 01/RW 01 selatan jembatan Gondolayu di Jl Jenderal Sudirman atau sebelah timur Kali Code yang membelah Kota Yogyakarta.

Kawasan tersebut bertempat persis di bantaran Kali Code yang mengarah ke selatan. Kontur tanah yang bertebing dari atas ke bawah itu menjadi tempat hunian warga sejak dulu. Di bagian atas yang padat Jl Faridan M. Noto sebagian besar digunakan masyarakat untuk usaha jasa/jual beli ban mobil. Sedangkan bagian bawah menjadi tempat pemukiman warga.

Pertengahan tahun 1980-an oleh (alm) Romo Mangunwijaya bersama para mahasiswa dan relawan kemudian menata kawasan pemukiman tersebut. Warga tetap boleh menempatinya. Rumah-rumah ditata dengan baik mengikuti kontur alam di tempat tersebut.

Rekomendasi untuk anda !!   Intip Ragam Makanan dan Menu Takjil Khas Cirebon Yang Tak Lekang Oleh Waktu

Ada jalan setapak yang mengkoneksikan setiap rumah warga sampai menuju kawasan pinggir sungai. Romo Mangun juga membuat sarana prasarana untuk kepentingan bersama seperti tempat MCK, sumur dan tempat pertemuan. Tempat pertemuan warga yang berada di pusat pemukiman itu sampai sekarang masih tetap seperti aslinya.

Konstruksi rumah tidak mengalami banyak perubahan melainkan hanya dicat ulang di bagian tiang dan dinding sekelilingnya. Paseban juga masih seperti dulu, bentuk atapnya lancip. Untuk kegiatan bersama warga, namun juga digunakan untuk kegiatan anak-anak seperti belajar bersama dan memiliki perpustakaan.

Jalan menuju rumah warga juga ditata dengan mengikuti posisi atau kontur rumah sehingga tampak berlevel-level dan berkelok. Sedangkan untuk pinggir Kali Code sudah dibangun tanggul di kanan kiri. Di pinggir tanggul berfungsi sebagai jalan setapak warga yang memanjang ke arah selatan. Di pinggir jalan tersebut juga dihiasi aneka pohon perindang dan penerangan lampu sepanjang pinggir sungai.

 

Kampung Code Diganjar Penghargaan Internasional

Tahun 2015, rumah-rumah yang ada di Kampung Code dicat warna-warni sehingga menyerupai perkampungan di Rio de Janeiro, Brazil. Jika di lihat dari atas jembatan Gondolayu menuju arah sisi timur akan kelihatan ramai meriah dengan cat warna-warninya dibagian atap dan dinding rumah.

Rekomendasi untuk anda !!   Jengkol dan Fenomena Ekonomi Indonesia Temporer

Selain wisatawan yang datang hanya untuk sekedar jalan-jalan di sepanjang pinggir sungai atau dari jembatan Gondolayu, sampai sekarang masih banyak mahasiswa arsitektur dari Yogyakarta dan luar kota yang datang belajar mengenai bangunan rumah yang dibuat oleh Romo Mangun ini.

Pada tahun 1992, Kampung Code dihadiahi penghargaan Aga Khan Award for Architecture, sebuah penghargaan internasional di bidang arsitektur.

Struktur tiang yang unik berbentuk huruf A di setiap rumah Kampung Code, dan model gotong royong warga kampung code dalam menuntaskan proyek ini membuat para arsitek dunia jatuh cinta. Kampung Code adalah bangunan yang mewakili budaya guyub dan masyarakat yang harmonis Yogyakarta.

Share This Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>