Take a fresh look at your lifestyle.

Khasiat Ajeran yang Tidak Diketahui Banyak Orang

0 128

Ajeran mempunyai nama latin yaitu Bidens pilosa L. merupakan tanaman yang tumbuh liar, akan tetapi disetiap daerah hampir ada tumbuhan ini, akan tetapi dengan nama atau sebutan yang berbeda-beda. Orang sumatera menyebut nya kancing baju, ajeran, rumput juala, orang Jawa menyebutnya ketul dan orang Sunda menyebutnya hareuga.

Secara morfologi atau dilihat dari bagian luarnya, tumbuhan ini merupakan herba. Batangnya bersegi empat dengan warna hijau dan ujungnta kadang berbulu kasar.

Daun terbagi menjadi tiga dengan bentuk bulat telur, dan pada pinggirnya bergerigi. Bunga bertangkai panjang, bagian tepi bunga berwrna putih, dan bagian tengahnya berwarna kuning.

Ajeran bisa dijadikan obat karena daun dan akar ajeran memiliki kadnungan tannin dan phytosterin. Penyakit yang bisa disembuhkan oleh ajeran diantaranya obat sakit gigi, sakit mata, gatal-gatal, dan bisul. Adapun cara penggunaan ajeran adalah sebagai berikut:

  • Obat sakit gigi, dengan cara mengambil daun muda ajeran kemudian dikunyah atau dengan cara mengambil bagian kuncupnya kemudian dimasak dan bisa langsung dimakan.
  • Obat mata, dengan cara ambil bagian akar ajeran kemudian diseduh dengan dengan air dingin dan sari akarnya di teteskan pada mata.
  • Obat gatal-gatal, memar, terpukul cukup dengan mengambil herba segar kemudia ditempelkan pada bagian yang luka tersebut.
  • Obat bisul, dengan cara melayukan pucuk ajeran dengan api kemudian bisa langsung ditempelkan pada bgaian bisul.

Selain beberapa hal penting yang telah disebutkan diatas, ajeran atau kinehi (sebutan di Hawaii) yang telah lama dikenal dan digunakan oleh masyarakat di Amerika Tengah dan Amerika Selatan serta Afrika Barat digunakan sebagai obat luar.

Meskipun demikian, memanfaatkan ajeran dengan dosis tinggi perlu perhatian atau sikap hati-hati karena dapat menyebabkan iritasi pada organ ginjal. Karena, ketika diluar Negeri telah banyak pengembangan dan penelitian tentang manfaatnya sudah dilakukan, akan teteapi tidak sama seperti di Indonesia.

Bagi pembaca yang ingin mencobanya, bisa ditambahkan sedikit gula atau madu karena ajeran rasanya pahit. Semoga bermanfaat bagi umat. Aamiin Jaga selalu keshatan tubuh kita!!

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar