Khasiat Akar Kuning Dapat Mengobati 3 Jenis Penyakit Kronis

Nama Latin Akar kuning adalah Arcangelisia flava L. Khasiat akar kuning bagi kesehatan dapat menyembuhkan penyakit kronis. Cara membuat ramuan akar kuning
0 2.321

Akar kuning dengan nama latin Arcangelisia flava L. Akar ini mempunyai nama yang berbeda-beda disetiap daerahnya, seperti orang Sunda menyebutnya ki koneng, orang Jawa menyebutnya sirawan, dan Maluku menyebutnya bulan. Secara morfologi, tanaman ini merupakan liana berkayu.

Kayunya berwarna kuning dan mengeluarkan getah yang berwarna kuning pula apabila dipotong. Daun nya berbentuk bulat, urat daun menjari lima pada bagian pangkalnya, tangkai daun menggembung pada kedua pangkalnya, bukan merupakan daun penumpu. Perbungaan nya malai, pada bagian ketiak daun atau batang, kelopak dan mahkotanya berwarn kuning.

Buahnya membulat kotak dengan tiga rusuk, kulitnya sedikit berbulu dengan awrna hijau hingga cokelat kehitaman. Bijinya tunggal dengan ukuran kecil dan berwarna cokelat.

Manfaat Akar Kuning Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Akar Kuning Bagi Kesehatan Tubuh
Phon Akar Kuning

Kebanyakan orang bahwa tanaman akar ini hanya berbentuk seperti akar saja tanpa buah, daun dan biji, padahal tanaman ini merupakan tanaman yang sama seperti tanaman yang lain nya.

Perkembangan ilmu pengetahuan yang sanagat pesat sehingga manffat akar kuning pun telah ditemukan dalam dunia kesehatan dimana kandungan yang terdapat dalam akar kuning pada kayu dan daunnya terdapat saponin, flavonoid, dan tanin.

Dari berbagai kandungan tersebut khasiat nya bisa menyembuhakn penyakit sakit kuning, malaria dan reumatik. Adapaun cara membuat ramuan akar kuning adalah sebagai berikut:

  1. Obat sakit kuning (hepatitis) dan Malaria, ambil kayu kuning sebanyak 30 g kemudian cuci sampai bersih, setelah itu rebus dengan air sekitar 400 ml diamkan selama kurang lebih 15 menit sampai rebusan tersebut mendidih. Setelah dingin, air rebusan tersebut disaring kemudian bisa langsung diminum sebanyak tiga kali dalam sehari.
  2. Obat rematik, dengan cara mengambil buah akar kuning sebanyak 20-30 g, kemudian ditumbuk samapai halus dengan ditambahkan sedikit garam, setelah itu bisa langsung dibalurkan pada bagian yang terkenan rematik sebanyak satu samapai dua kali dalam sehari.

Selain itu, akar kuning ini digunakan sebagai obat krumut (cacar) dan untuk tanaman anti snatet. Berbagai literatur telah mengupas dan membuktikan penelitian dari tanaman akar kuning yang ternyata mengandung zat yang sering disebut dengan hepatoprotektor.

Semoga bermanfaat bagi umat. Aamiin

Jaga selalu kesehatan tubuh kita!!!

Komentar
Memuat...