Khasiat Biji Mahoni Untuk Menyembuhkan Diabetes Dan Darah Tinggi

0 1.185

KHASIAT Biji Mahoni: Tanaman mahoni dengan nama latin Swietenia mahagoni L. dalam Bahasa Inggris dikenal dengan nama West Indian mahogany. Tanaman ini merupakan tumbuhan tropis yang tumbuh liar dihutan jati, dipinggir pantai dan disamping-samping jalan yang sering digunakan sebagai peneduh dalam panasnya mentari. Pohon mahoni ini pertumbuhanya cepat dan dapat menyerap polusi udara sehingga bisa digunakan sebagai pelindung.

Secara morfologi, mahoni memiliki ukuran pohon besar dengan tinggi pohon mencapai 35-40 m. Pertumbuhan batangnya lurusnya keatas. Kulit tanaman mahoni pada bagian luarnya berwarna abu-abu dengan tekstur yang beralur dan dangkalnya mirip sisik. Daun mahoni berwrna merah ketika masih muda dan berwrna  hijau setelah umurnya tua. Bunga mahoni termasuk bunga majemuk yang tersusun dalam karangan yang muncul dari ketiak daun, bewarna putih, malai bercabang.

Tanaman mahoni dapat berbunga setelah berumur 7 tahun. Mahkota bunga tanaman mahoni  berbentuk silindris berwarna kuning kecokelatan, benang sari  nya melekat pada mahkota. Kepala sari tanaman mahoni berwarna putih, kuning kecokelatan. Buah mahoni berwarna cokelat, ketika buah tanaman mahoni matang maka buanya tersebut akan terbagi menjadi 5 bagian. Dalam buah mahoni, terdapat biji yan berbentuk gepeng memanjang pada bagian pangkalnya berisi yang saling menumpuk.

Tanaman mahoni sering digunkan untuk furnitur dan ukiran, karena tanaman ini dikenal dengan kayu yang indah. Selain diguakan dalam bidang industri, tanaman ini banyak dimanfaatkan dalam dunia kesehatan yaitu pada bagian buah dan bijinya. Biji mahoni mengandung 33 jenis flavonoid dan 27 jenis saponin. Selain itu, tanaman mahoni pun mengandung vitamin, mineral, protein, dan asam lemak yang diperlukan untuk fungsi tubuh sehat.

Manfaat Biji Mahoni Bagi Kesehatan

Kandungan flavonoid dan saponin yang trdapat pada biji mahoni mempunyai beberapa manfaat dalam kesehatan diantaranya yaitu untuk mengobati penyakit kencing manis (diabetes), berguna sebagai antioksidan bagi tubuh, berkhasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh (imunitas), mengurangi kolesterol yang ada ditubuh, menyembuhkan penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi), melncarkan peredaran darah, dan untuk mengobati sakit reumatik.

Dilansir dalam journal penelitan bahwa, rerata kadar glukosa darah sebelum mengkonsumsi serbuk biji mahoni adalah sebesar 99.67 mg/dl dan rata-rata kadar glukosa darah sesudah mengkonsumsi serbuk biji mahoni adalah sebesar 83.47 mg/dl. Penelitian ini menunjukan bahwa, mengkonsumsi serbuk biji mahoni dapat menurunkan kadar glukosa darah 16.2 mg/dl. Kandungan flavonoid dan saponin ini berfungsi untuk mngontrol dan menurunkan kadar glukosa darah. Biji mahoni dapat menurunkan kadar glukosa darah bagi pria usia 18-28 tahun dengan faktor risisko diabetes militus tipe 2.

Cara meracik dan penggunaan:

  1. Mengobati diabetes: seduh bubuk biji mahoni kedalam sepertiga cangkir air yang mendidih. Setelah hangat kemudian diminum satu jam sebelum makan. Minum tiga kali dalam sehari.
  2. Menurunkan tekanan darah tinggi: ambil beberapa biji mahoni, kemudiah seduh dengan air yang mendidih. Setelah dingi, kemudian dilakukan penyaringan.Minum setiap pagi dan sore dan bisa ditambhkan madu untuk mengurangi rasa pahit.

Secara garis besar, cara penggunaan biji mahoni dalam kesehatan hampir sama yaitu dilakukan dengan cara mengembil biji nya seacar langsung atau dengan serbuk biji yang sudah di buat dan diseduh dalam air yang mendidih kemudian didiamkan sampai dingin. Ketika menggunakan biji dalam penyeduhan nya, dilakukan pnyeringan terlebih dahulu sebelum diminum akan tetapi jika menggunakan serbuknya bisa langsung diminum. Lakukan secara kontinewitas. Selamat mencoba, semoga bermanfaat. Aamiin. **Paridah Jakiyah

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.