Khasiat Cincau Hijau Bagi Kesehatan

0 206

Cincau hijau mempunyai nama latin Premna oblongata Miq. Tanaman ini masih asing dan jarang di dengar oleh orang banyak. Tanaman ini baru ada di beberapa daerah seperti Sunda dan Jawa. Orang Sunda menyebutnya camcau atau tahulu dan orang Jawa menyebutnya Camcao, Juju, dan Kepleng. Tanaman ini termasuk kedalam jenis tumbuhan berbatang merambat, daunnya berwarna hijau, mempunyai bunga dan buah. Bunganya berwarna kuning dan buahnya berwarna merah. Bagian utama yang sering dimanfaatkan adalah bagian daunnya.

Tanaman ini sering digunakan oleh orang sunda umumnya sebagai konsumsi makanan ringan. Cincau hijau ini akan terasa lebih nikmat jika dikonsumsi setelah diolah menjadi berbentuk gel atau menggumpal kemudian ditambahkan dengan air gula merah, dan es batu. Ketika dikonsumsi, maka akan terasa segar terutama ketika dimakan setelah pulang kerja di bawah terik matahari.

Perkembangan ilmu pengetahuan sudah menemukan beberapa kandungan yang terdapat pada daun cincau hijau ini. Kandungan yang terdapat didalamnya adalah dimetil kurin-1, dimetodida, alkaloid, isokandrodendrin. Karena beberapa kandungan yang terdapat didalam daun tersebut, maka sangat bervariatif pula pemanfataanya dalam dunia kesehatan. Diantara beberapa manfaat cincau hijau bagi dunia kesehatan adalah digunakan untuk obat batuk, demam, bronchitis, panas dalam, obat bisul, dan masuk angin.

Cincau Hijau
Khasiat Cincau Hijau Bagi Kesehatan

Bagi penderita panas dalam atau sariawan, cara penggunaannya adalah dengan cara mengambil beberapa helai daun yang agak tua yang sudah berwarna hijau kemudian di tambahkan air dan diremas-remas hingga lembut. Kemudian disaring dan di biarkan sampai membentuk gel. Gel atau gelatin inilah yang sering disebut dengan cincau. Setelah itu, barulah dikonsumsi.

Bagi penderita demam, cara penggunaannya adalah cukup dengan mengambil akarnya kemudian akar tersebut di cuci terlebih dahulu. Setelah itu, direbus dengan air secukupnya. Setelah matang air rebusan tersebut bisa langsung diminum.

Sedangkan khasiat cincau hijau bagi penderita bisul, cukup mengambil daun dan di cuci sampai bersih kemudian dilumutkan pada bagian bisul yang sudah bernanah. Fungsi daun cincau hijau tersebut adalah untuk mengeluarkan nanah.

Mudah-mudahan bermanfaat dan Allah SWT selalu memberikan kesehatan kepada kita semua. Aamiin.

*** Faridah Zakiyah

Komentar
Memuat...