Inspirasi Tanpa Batas

SPONSOR

SPONSOR

Manfaat dan Khasiat Daun Kelor Untuk Kesehatan

0 10

Konten Sponsor

Tanaman kelor dengan nama latin Moringa pterygosperma Gaertn. Merupakan tanaman yang sudah tidak asing lagi di masyarakat Sunda, karena nama tersebut diambil dari daerah Sunda. Tanaman ini mempunyai nama yang berbeda-beda disetiap daerah nya, beberapa nama yang terkenal di masing-masing daerah nya. Kelor (Sunda), marongghi (Madura), kerol (Buru), moltong (Flores), kelo (Gorontalo), Keloro (Bugis), kawana (Sumba), angge (Bima), haufo (Timor). Itulah beberapa nama yang terkenal di setiap daerah nya.

Secara morfologi, kelor ini berupa pohon yang tingginya mencapai kurang lebih 7-11 m. batang nya tegak dan berwarna putih kotor, mempunyai kulit yang tipis, dan permukaannya kasar serta arah cabang geraknya miring cenderung tumbuh lurus atau miring.

Daunnya berupa daun majemuk menyirip ganda 2-3 posisinya tersebar, tanpa daun penumpu atau daun penumpu yang telah mengalami metamorfosis sebagai kelenjar-kelenjar pada pangkal tangkai daun.

Helaian daun saat muda berwarna hijau muda. Bunga banci zygomorf yang terdapat didalam ketiak daun, berwarna putih kekuning-kuningan dan tudung pelapah bunganya berwarna  hijau. Buah nya berbentuk panjang besegitiga, buah muda berwarna hijau dan berwarna cokelat setelah buah nya tua. Bentuk buji bulat dan berwarna cokelat.

Tanaman ini banyak sekali manfaatnya, dari mulai akar, batang, daun, bunga dan buahnya. dari berbagai manfaatnya tersebut sehingga secara internasional tanaman ini dibudidayakan. Dengan berbagai manfaat dari tanaman kelor tersut sehingga mendapat julukan The Miracle Tree, Tree for Life, dan Amazing Tree. Beberapa kandungan yang terdapat dalam daun kelor diantaranya kalsium, potasium, vitamin A, vitamin C, vitamin B, kalium dan protein.

Dari berbagai kandungan yang terdapat di dalamnya, kelor dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit diantaranya untuk mengobati sakit kuning, rematik, bengkak, kelumpuhan, beri-beri, peluru haid, cacingan, rabun mata, dan susah buang air kecil. Beberpa jurnal lain menyebutkan tanaman kelor sebagai antibiotik, anti tripanosomal, antispasmodic, antikulkus, aktivitas hipotensif, antiimflamasi dan dapat menurunkan kolesterol.

Beberapa cara penggunaan yang dapat dilakukan:

Daun Kelor Untuk Obat Sakit Kuning

Diambil daun kelor kemudian dicuci samapi bersih, ditumbuh saampai halus dan ditambah satu gela air kelapa dan setelah itu disaring. Setelah disaring, ditambahkan madu sebanyak satu sendok makan kemudian diaduk sampai merata. Kemudian langsung diminum.

Daun Kelor Untuk Obat rematik dan pegal linu

Ambil gagang daun kelor kemudian ditumbuk sampai halus dan kapur sirih dan gosok pada bagian rematik dan pegal linu.

Daun Kelor Untuk Obat sakit rabun ayam

Ambil daun kelor secukupnya kemudian di cuci sampai bersih, ditumbuk halus dan diseduh dengan satu gelas air masak kemudian disaring. Ditambahkan dengan amdu dan diaduk secara merata lalu diminum. Lakukan diminumnya sebelum tidur.

Daun Kelor Untuk Susah buang air kecil

Siapkan daun kelor dan buah ketimun atau wortel kemudian diparut. Sari daun kelor dan sari buah ketimun atau wortel dalam takaran yang sama kemudian keduanya di campurkan dan ditambahkan satu gelas air kemudian disaring. Diminum setiap hari.

Daun Kelor Untuk Obat cacingan

Sediakan  kurang lebih 3 gagang daun kelor, satu gagang daun cabai dan batang meniran. Kemudian ketiga bahan tersebut direbus dengan dua gelas air dan dipanaskan sampai tersisa satu gelas air kemudian disaring, lalu setelah siap langsung bisa diminum.***Paridah Zakiyah


 Tentang Penulis

Paridah Zakiyah Atau lebih dikenal dengan sapaan Endah (Sunda:Indah) merupakan sosok periang dan sederhana. Gadis kelahiran Tasikmalaya, 22 April 1995 ini sedang melanjutkan study di IAIN Syeh Nurdjati Cirebon Jurusan Biologi.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar