Inspirasi Tanpa Batas

Khasiat Daun Sirsak Untuk Kesehatan Yang Tidak Bisa Diabaikan

0 42

Sirsak dengan nama latin Annona muricata L. brazilian pawpaw, sousop, prickly,custard apple. Merupakan tanaman yang sudah tidak asing lagi didengar, karena tumbuhan ini sering dikonsumsi oleh banyak orang yang menyukainya. Tanaman ini buahnya biasa dikonsumsi dengan di buat juice. Disetiap daerah, penyebutan namanya pun berbeda-beda.

Seperti di Jawa, Sunda, Madura, Aceh, Nias, Minangkabau, dan Lampung. nangka sabrang atau nangka landa sebutan orang Jawa, nangka walanda atau sirsak sebutan orang Sunda, nangka buris Sebutan orang  Madura , Srikaya jawa (Bali), deureuyan belanda (Aceh), durio ulondro (Nias), durian betawi (Minangkabau), jambu landa (Lampung).

Secara morfologi, tanaman ini merupakan tanaman perdu berkayu dan berbatang keras. Daun tumbuhan ini berwarna hijau muda dan hijau tua. Dengan bentuk daun lanset atau bulat telur terbalik, ujungnya meruncing pendek bahkan ada yang tumpul daun. Bagian atasnya mengkilap dan bagian bawahnya gusam.

Bunga berdiri sendiri dan berhadapan dengan daun, mahkota berdaging dengan bentuk segi tiga tebal dan kaku berwarnan hijau kemudian berubah menjadi warna kuning. Bentuk Buah majemuk tidak beraturan, daging buahnya lunak atau lembek, berwarna putih dan berserat. Bijinya banyak dan berwana hitam serta berbentuk  pipih.

Tanaman ini sering diketuhui oleh masyarakat luas manfaatnya hanya sebagai konsumsi semata. Kebanyakan buahnya yang sering dimanfaatkan oleh masyarakat lusa. Akan tetapi, berbagai penelitian yang telah dilakukan banyak manfaat dari daun sirsak itu sendiri dalam dunia kesehatan. Bagian yang dimanfaatkan nya adalah bauh dan daun.

Kandungan yang terdapat didalam nya yaitu vitamin C, annocatacin, annocatalin, annohexocin, annonacin, annomuricin, anomurine, anonol, caclourine, gentisic acid, gigantetronin, linoleic acid, dan muricapentocin. Buah dari sirsak ini mengandung karbohidrat terutama fruktosa, terkandung pula sejulamh vitamin dan serat.

Dari berbagai kandungan yang terdapat dalam daun dan buah sirsak tersebut, dapat mengobati berbagai jenis penyakit seperti batu empedu, sembelit, asam urat, meningkatkan nafsu makan, sakit kulit, bisul, ambeien, asma, sakit pinggang, mengobati kanker, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta mengobati infeksi.

Beberapa cara penggunaan Khasiat Daun Sirsak Untuk Kesehatan yang bisa dilakukan:

  1. Mengobati bisul. Cukup dengan menumbuk daun sirsak muda secukupnya sampai halus kemudian ditamabh air sedikit, diaduk sampai merata. Dioleskan atau ditempelkan pada bisul.
  2. Mengobati ambeien. Cukup dengan menggodok beberapa helai daun sirsak kemudian hasil godokan atau seduhan nya di minum secara teratur satu gelas dalam sehari.
  3. Mengobati asam urat, ambil daun sirsak sebanyak 6 sampai 10 helai kemudian di cucisampai bersih, diseduh dengan air sebanyak 2 gelas kemudian hasil seduhan nya diminum.
  4. Mengobati sakit pinggang. Ambil daun sirsak sebanyak 20 helaian kemudian di cuci sampai bersih, digodok dengan air sebanyak 5 gelas dan air godokan di biarkan samapai teersisa kira-kira 3 gelas, kemudian hasil godokan nya di minum.
  5. Meningkatkan kekebalan tubuh dan mengobati infeksi. Cukup dengan mengambil 3-4 helaian daun sirsak di godok dengan 4 gelas air, kemudian di biarkan sampai hasil air gdokan nya menjadi satu gelas, lalu di minum.
  6. Mengobati kanker. Sama seperti cara yang lain cukup dengan mengambil daun sirsak kurang lebih sebanyak 10 helaian keudian diseduh atau digodok dengan air sebanyak 3 gelas, kemudian dibairkan hingga mendiidh dan hanya tersisa satu gelas. Kemudian minum. Lakukan secara teratur dan kontinew.

Semoga bermanfaat. Aamiin.***Paridah Zakiyah


paridah-zakiyah

Tentang Penulis

Paridah Zakiyah Atau lebih dikenal dengan sapaan Endah (Sunda:Indah) merupakan sosok periang dan sederhana. Gadis kelahiran Tasikmalaya, 22 April 1995 ini sedang melanjutkan study di IAIN Syeh Nurdjati Cirebon Jurusan Biologi.

Komentar
Memuat...