Khasiat Getah Pisang bagi Kesehatan

Khasiat Getah Pisang bagi Kesehatan
0 211

Pisang dalam bahasa Latin sering disebut dengan Musa sp. Pohon ini merupakan tumbuhan terna raksasa dengan daun yang sangat lebar. Kalau musim hujan, di kampung jaman dahulu, daun pisang bisa juga dipakai alat menahan air hujan agar tidak membasahi tubuh. Dalam jenisnya, Pisang mempunyai banyak variasi. Selama ini masyarakat mengetahui bahwa pisang hanyalah sebagai konsumsi saja, padahal pisang mengandung karbohidrat yang cukup tinggi.bahkan dijadikan sebagai makanan pavorit.

Pisang terdiri atas akar, batang, daun, bunga dan buah. Buah pisang ketika masak mayoritas berwarna kuning akan tetapi ada beberapa pisang berwarna merah, ungu, jingga bahkan hitam. Di dalam pohon pisang terdapat getah yang mempunyai manfaat bagi kesehatan.  Kali ini penulis tidak akan menjelaskan secara detail apa itu pisang, akan tetapi penulis akan mengupas sedikitnya tentang khasiat getah pisang bagi kesehatan.

Getah pisang digunakan oleh masyrakat yang ada di kampung halaman penulis sebagai penyembuh luka, pemberhenti darah. Sebagaimana yang di kutip dalam tulisan Budi (2008),  pohon pisang memberikan manfaat yang sangat variatif bagi kehidupan manusia. Sebut misalnya,  getah yang terdapat kandungan saponin, antrakuinon dan kuinon yang dapat berfungsi sebagai anti biotik dan pereda rasa sakit. Alasan masyarakat dahulu menggunakan getah pisang sebagai pereda rasa sakit apabila terkena luka, karena getah pisang mampu memberi rasa dingin pada bagian tubuh yang terbakar atau terluka.

Perkembangan ilmu pengetahuan semakin cepat, sehingga ilmu yang belum ditemukan dahulu kini sudah ditemukan. Hal yang sama berlaku dalam soal pisang. Pisang memiliki kandungan lektin pada batang pisang berfungsi untuk menstimulasi pertumbuhan sel kulit. Pertumbuhan sel-sel pada kulit akan menutup luka menjadi cepat, karena lektin dapat merangsang pertumbuhan sel, dan ketika luka telah sembuh tidak akan terlihat bekas luka atau parutannya. Kandungan yang terdapat dalam getah pisang ini dapat membunuh bakteri yang akan masuk pada bagian tubuh yang terluka.

Cara Memanfaatkan Khasiat Getah Pisang

Cara yang digunakan sangatlah mudah, apabila ada bagian kulit yang terbakar atau terluka, ambil getah pada batang pisang kemudian di teteskan atau di oleskan, rasakan sensasi dingin nya dan tunggulah sampai luka tersebut mengkering sampai sembuh. Selain sebagai penyembuh luka, getah pisang pun befungsi sebagai antiseptik karena mengandung zat tanin, sebagai pengencer dahak karena terdapat zat saponin, dan mampu melacarkan air seni teruatama pada pisang raja yang mengandung kalium. Ketika terkena luka pada bagian kulit, gunakan bahan alami yang sudah dipercaya kandungan dan khasiatanya. Jaga selalu kesehatan! [Paridah Jakiyah]

Komentar
Memuat...