Khasiat Leunca Bagi Kesehatan

0 88

Leunca mempunyai nama latin Solanum americanum. Tanaman yang satu ini merupakan tanaman yang sudah tidak asing lagi didengar di daerah Jawa, Sunda dan Maluku, karena tanaman ini sering dijadikan lalap dalam makanan. Orang Sunda sering menyebutnya dengan leunca. Orang Jawa menyebutnya ranti, dan orang Maluku menyebutnya anti atau bobosa.

Khasiat LeuncaSecara morfologi tanaman leunca merupakan tanaman perdu semusim atau tahunan. Batangnya mempunyai rambut halus yang menutupinya, daunnya berwarna hijau, bunganya berwarna putih dan buahnya berwarna hijau ketika masih muda dan berwarna ungu sampai hitam ketika sudah masak, diameter buahnya pun sangat kecil.

Orang sunda khususnya, sering menggunakan leunca sebagai lalap dalam menyantap makanan atau dijadikan rujak yang digerus dengan cabai dan bumbu dapur lainnya. Leunca, bisa juga dijadikan olahan bersama sayuran yang lain. Selain dijadikan lalap atau teman nasi, ternyata leunca pun mempunyai manfaat dalam bidang kesehatan.

Bagian yang dimanfaatkan dari tanaman leunca yaitu bagian daun dan buahnya. Dengan perkembangan ilmu pengetahuan yang sangat pesat, kandungan yang terdapat didalam buahnya pun sudah ditemukan. Beberapa kandungan dalam buah leunca diantaranya yaitu solasonine, solasodine, solamargine, dan solanine.

Sebagaimana pengamatan yang telah dilakukan oleh para ahli, solasodine mempunyai khasiat sebagai penurun panas, antiradang, dan anti shok. Solamargine dan solasonine mempunyai khasiat anti bakteri, sedangkan solanine berkhasiat sebagai anti mitosis.

Sebagian besar, kandungan yang ada pada buah leunca yaitu berhubungan dengan penyakit kulit seperti bisul, radang kulit bernanah, eksim, herves, borok, dan digigit ular. Selain itu, leunca juga bisa digunakan untuk penderita kanker, melancarkan buang air kecil, menyembuhkan sakit perut, batuk, dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Cara penggunaan:

Ambil buah leunca secukupnya, kemudian direbus atau digodog –bahasa sunda– dengan air secukupnya kemudian ambil rebusan tersebut untuk mencuci bisul, radang kulit bernanah, eksim dan digigit ular. Cara yang lebih praktis adalah cukup dengan mengambil buah leunca kemudian lumutkan ke bagian kulit yang sedang terkena masalah. Selamat mencoba!

Jaga selalu kesehatan, jadikan kulit kita tetap sehat!

 *** Paridah Zakiyah

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.