Inspirasi Tanpa Batas

Khasiat Tumbuhan Akar Wangi Untuk Kesehatan Tubuh

0 40

Konten Sponsor

Akar wangi dengan nama latin Chrysopogan zizaniodides L. mempunyai nama yang berbeda-beda pada setiap daerah nya. Usa sebutan orang Minangkabau, hapias sebutan orang Batak, jamur sebutan orang Sunda, larasetu (Jawa Tengah), kara westu (Jawa Timur), anggara westu (Bali), narawestu (Makasar) dan ruju-ruju (Maluku).

Secara morfologi, tanaman ini merupakan rumput yang membentuk rumpun besar, bercabang, berimbang dan akarnya merupakan akar serabut. Daun nya berbentuk pipih, panjang dan lebar serta bagian permukaan bawah daun nya licin. Perbungaan nya berupa malai yang terdapat diujung. Panjangnya mencapai 40 cm, yang tersusun aas 6-10 lingkaran hingga mencapai 20 lingkaran yang lebih ramping, ruas antara tandan dengan tangkai bunga bebentuk seperti benang, tetapi dibagian ujungnya tampak menebal.

Tumbuhan ini bermanfaat dalam dunia kesehatan. Bagian yang dimanfaatkan nya yaitu akar dan daun. Kandungan yang  terdapat didalam nya yaitu saponin, flavonoida, tanin, dan minyak asiri. Manfaat akar wangi dalam dnia kesehatan yaitu sebagai pencegahan bau mulut dan keringat, rematik, encok, dan pegal-pegal.

Cara membuat Obat Dari tumbuhan Akar Wangi

Cara yang bisa dilakukan untuk pengobatan penyakit tersebut idantaranya:

  1. Sebagai obat bau mulut, nyeri tulang, demam, dan ibu bersalin. Cukup dengan menumbuk halus beberapa butir kapulaga dan segeggam daun oegagan kemudian setelah itu diperas lalu diminum sekaligus airnya sebelum makan.
  2. Obat gososk rematik dan pegal-pegal. Cukup dengan menumbuk 5 g akar segar, bisa langsung dioleskan pada daerah yang terkena sakit tersebut.

Selain yang sudah dipaparkan diatas, tanaman ini dikenal sebagai pendingin, mampu merangsang untuk mengeluarkan keringat, mampu melancarkan buang air kecil, dan mampu menambahkan tenaga. Kandungan minyak akar wangi juga digunakan untuk penyedap rasa, untuk mandi tonik, nyeri otot dan mengobatu kutu. Dalam pengobatan, akar wangi bisa digunakan untuk melarutkan atau menghancurkan batu ginjal, menghilangkan rasa haus, pengobatan peradangan, iritasi jerawat, serta pengobatan demam. Selain itu, rebusan akar wangi juga bisa digunakan senagi pengobatan saraf dan melancarkan peredaran darah.

Efek Samping Mengkonsumsi Akar Wangi

Pada akar wangi ini belum ditemukan literatur yang menyebutkan adanya kontradiksi maupun efek samping dari mengkonsumsi tanaman ini baik pada akr, maupun daun akar wangi. Akan tetapi, untuk ibu-ibu hamil dan meyusui tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi nya. begitupun anak-anak jangan mengkonsumsi dengan dosis tinggi.

Semoga bermanfaat untuk umat! Dan Ingat.. Jaga selalu kesahatan sebagai usaha untuk mempertahankan kehidupan.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar