Kiat Menjadi Mahasiwa Plus-plus, Pasti Berbeda dan Berkualitas

0 32

Sudahkah anda menjadi mahasiswa berkualitas? Pertanyaan tersebut merupakan pertanyaan yang akan mendapat jawaban beragam. Mengapa demikian? Setiap mahasiswa tentu mempunyai visi dan kebiasaan tersendiri dan beragam selama ia kuliah. Sehingga, berkualitas menurutnya adalah apa yang ia mindset kan dalam pikirannya.

Saat kuliah sudah seharusnya kita mampu membuka diri untuk menyatukan antara apa yang kita fikirkan sebagai mahasiswa dengan apa yang terjadi dan dibutuhkan dilapangan. Maksudnya adalah, menjadi mahasiswa berkualitas tentu ada kriterianya tersendiri.  Tidak serta merta hanya berkualitas menurut paradigma pribadinya saja. Lalu bagaimanakah menjadi mahasiswa yang berkualitas?

Menjadi mahasiswa yang berkualitas tentulah harus memiliki nilai plusnya tersendiri dari mahasiswa-mahasiswa lain yang sama-sama sedang menganyam pendidikan diperguruan tinggi. Berikut sedikit tips penulis yang dapat menjadi referensi bagaimana menjadi mahasiswa plus plus

Berani Belajar Banyak

Menjadi mahasiswa plus-plus ini menjadi moa=dal dasar yang harus dimiliki oleh seorang mahasiswa, dengan berani belajar banyak berarti kita sebagai mahasiswa sudah pasti harus mampu meluangkan waktu, meluangkan tenaga dan meluangkan fikiran. Saat mahasiswa lainnya hanya belajar dari apa yang diberikan dikelas, maka seorang mahasiswa plus-plus ia harus mau mencari hal-hal lain yang tidak diajarkan didalam kelas dengan mengorbankan waktunya yang akan terpakai dengan belajar tersebut.

Mampu Beradaptasi Dengan Baik Dilingkungan Manapun

Seorang yang ingin menjadi mahasiswa plus plus ia harus mampu membawa dirinya di lingkungan manapun. Misalnya seseorang yang senang berorganisasi maka saat ada kelompok dilingkungannya tidak suka berorganisasi maka ia harus mampu menyesuaikan diri untuk membuka obrolan yang mampu menyatu dengan mereka. Dengan hal tersebut, anda akan terbiasa mempelajari ha-ha baru yang bukan dunia anda dan tetap bisa diterima oleh kelompok manapun.

Mempunyai Visi yang Jelas

Visi harusnya dimiliki saat anda baru menjadi calon mahasiswa, karena visi inilah yang kemudian akan menjadi motivasi dalam setiap lengkah dan merupakan sebuah capaian cita-cita dan tindakan yang jelas saat menjadi mahasiswa. Ingat!, Visi ini harus dimiliki setiap mahasiswa.

Menjadi Mahasiswa yang Produktif

Sebagai mahasiswa anda harus menjadi mampu menciptakan ide-ide kreatif, menciptakan peluang peluang usaha, peluang-peluang karir dan lain-lain. Menciptakan sesuatu disini dapat anda mulai dari hal-hal yang kecil. Dalam menciptakan ide-ide kreatif misalnya anda harus mampu memecahkan masalah meski hal tersebut dalam lingkup kecil misalkan presentasi dikelas. Peluang-peuang usaha pun bukan berarti anda harus membuka toko atau hal lainnya. Cukup dengan membuka bisnis-bisnis kecil yang mampu anda lakukan saat waktu luang. Ini akan membuat anda terlatih untuk berbisnis meskipun baru dalam lingkup kecil. Dan ketika anda dapat menciptakan hal-hal tersebut maka anda akan menjadi mahasiswa yang produktif tak hanya menerima pembelajaran yang diberikan dikelas.

Mampu Mengorganisir Masa

Bagaimana sih mengorganisir masa? Maksudnya disini bukan berarti anda harus punya banyak pasukan untuk anda bawa untuk berdemo atau yang lainnya loh. Tapi, maksudnya ketika anda dihadapkan pada suatu permasalahan atau keadaan yang harus diselesaikan secara berkelompok maka anda harus mampu menyeragamkan hal-hal yang berbeda dari setiap karakter yang berbeda dari orang-orang yang sekelompok dengan anda untuk dapat bersama-sama dalam visi yang sama dan memecahkan permasalahan yang dihadapi.

Menerima dan Peduli

Menerima kritik dan masukan dari orang lain merupakan hal yang penting yang harus anda lakukan, karena hal tersebut akan membuat anda belajar lebih banyak, mendapat informasi lebih banyak dan juga mampu memperbaiki diri untuk menjadi lebih baik pula. Peduli juga hal yang harus anda miliki, karena hal ini akan membuat orang lain kembal respect terhadap anda.

Melek Teknologi

Zaman sekarang sudah bukan waktunya kalau anda masih gagap teknologi. Tidal ada alas an untuk tidak bisa belajar, karena berbagai hal saat ini sudah berbau teknologi, kalaupun alasannya ketidak tersediaan alat seperti misalnya laptop sehingga membuat anda gaptek. Maka, harus ada usaha dan kemauan dari diri sendiri untuk belajar bersama teman-teman anda agar anda gak gaptek.

Jadi beberapa hal diatas adalah sedikit tips dari penulis untuk bisa buat kalian jadi mahasiswa plus-plus yang bisa menjadi salah satu referensi untuk kalian. Ingat! Menjadi mahasiswa plus-plus tidak dilihat dari seberapa lama nada kuliah atau seberapa tinggi nilai anda selama kuliah. Tapi dari berkualitas kah mahasiswa anda, dan dari apakah anda dibutuhkan oleh lingkungan atau tidak. [Yayu Umaroh H Aspandi]


Tenyayu-haspanditang Penulis

Perempuan yang lahir pada 30 Juni 1992 ini bernama Yayu Sri Umaroh Handayasari. Perempuan yang akrab disapa Yayu merupakan putri ke empat dari pasangan H. Maman dan Ibu Umirah. Meski lahir dan besar di Desa terpencil di Kota Kuningan namun semangatnya dalam berkarya dan mengeksplor diri terus ia kembangkan. Pada tahun 2014 ia lulus menjadi Sarjana Pendidikan Matematika di perguruan tinggi negri di Cirebon. Waktunya semasa kuliah tidak hanya dihabiskan untuk belajar di kelas, tapi ia juga senang berinteraksi dengan beberapa mahasiswa-mahasiswa aktifis kampus dengan mengikuti berbagai Organisasi-organisasi baik intra maupun ekstra.

Perjalanan karirnya yang baru seumur jagung, mulai dari tour leader, guru prifat, guru di SMK, administasi di sebuah perusahaan yang kesemuanya hanya berlangsung beberapa bulan saja menghantarkannya pada profesi yang berhubungan langsung dengan masyarakat. Tantangannya yang ia hadapi kini adalah bagaimana mengabdikan gelar sarjana nya untuk mengembangkan Desa tempat kelahirannya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.