Inspirasi Tanpa Batas

Kontroversi Dibalik Video Friends Day Milik Facbook 2017

0 5

Konten Sponsor

Beberapa hari terakhir ini, ketika pengguna Facebook di seluruh dunia login ke jaringan tersebut, maka akan melihat satu video dengan tulisan “Happy Friends Day!” sebuah suguhan facbook pada halamannya. Pengguna Facebook akan dimanjakan dengan video round-up yang berdurasi 50 detik. Sebuah video dengan tampian kepingan photo profil teman dan paduan like yang terlihat seperti manusia bergerak. Mix Musik yang bernuasa gebit menbah kesan ceria di video Happy Friends Day-nya  facebook ini.

Namun Inovasi yang disuguhkan Facbook lewat video ini menjadi kontroversi kalangan netizen di beberapa negara. Bagaimana tidak Hastag #friendsday dan judul pada video terbut “Happy Friends Day!”  sangat bertolak belakang dengan hari diluncurkanya video tersebut. Mungkin jika di tambah dengan kata Facebook dalam hashtag dan videonya tersebut akan lebih spesifik bahwa hari itu hari pertemanan Facebook.

“Sabtu ini, 4 Februari adalah hari ulang tahun ke-13 Facebook, hari kita sebuthari pertemanan,” kata Oren Hod, manajer produk Facebook.

Video Hari Pertemanan AL

#friendsday

Posted by AL on Thursday, 2 February 2017

 

Memang tanggal 4 Februari 2017 hari sabtu bsesok Facebook (FB) Ulang Tahun ke-13. Penggunaan Hashtag #FriendsDay ini sebenarnya telah di gunakan di dua tahun yang lalu Bahkan Mark Zuckerberg Sebagai CEO ikut mengkampanyekan hari ulang tahun FB ini dengan hashtag #FriendsDay.

 “Pada 4 Februari, saya berharap Anda akan bergabung dengan saya dalam merayakan #FriendsDay –momen untuk merayakan pertemanan yang telah membawa perubahan dalam hidup Anda,” tulis Zuckerberg.

Dengan hashtag ini Zuckerberg berusaha menekankan peran Facebook dalam menjalin pertemanan. Ia menyebut Facebook telah banyak membantu orang-orang untuk “merangkai persahabatan, cinta, dan kebaikan.”

Facebook Tetapkan Sendiri Hari Pertemanan

Dengan Tidak ada sejarah spesifik tetang hari persahabatan dunia, sepertinya membauat Facbook membuat hashtag sendiri dan mentapkan sendiri hari pertemanan. Walaupun faktanya ini semakin menabah kebingungan tentang hari persahabatan.

Jika kita telusuri kebenaran hari persahabatan ternyata bukan hanya Facebook saja yang memiliki hari persahabatan. Misal Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) juga memiliki hari persahabatan internasional yang diperingati setiap tanggal 30 Juli. Selain itu juga, di Indonesia sendiri juga mempunyai hari persahabatan yang dikenal dengan nama Hari Kesetiakawanan Nasional (HKSN) yang diperingati setiap tanggal tanggal 20 Desember.

Yupz, terlepas dari Kontoversi ini, tetap harus kita akui facebook sebagai Media Sosial terbesar dengan Milyaran pengguna. Dengan media sosial ini, ada jutaan orang yang mempunyai teman baru, sahabat baru dan bahkan jodoh. Jadi wajar saja jika 4 Februari bisa dikatakan sebagai hari pertemanan.[aL]

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar