Kontroversi Pernikahan Dini Nabi Muhammad dengan Aisyah di Bulan Syawal

0 293

Kontroversi Pernikahan Dini Rasul Muhammad dengan Aisyah di Bulan Syawal. Betulkah Aisyah binti Abi Bakar menikah dengan Nabi Muhammad saat berumur 9 tahun. Bukankah karena penjelasan usia yang sangat muda ini, juga menjadi kontroversial. Saking kontroversialnya, bahkan sampai ada yang berani mengatakan bahwa Rasul Muhammad adalah penjahat seksual. Pernyataan ini, setidaknya sering disampaikan para orientalis Barat ketika menghujat Islam.

Teks Nash tentang Keharusan Menikah

Islam tidak melarang nikah. Bahkan, Nikah, yang mengandung makna hubungan badan [coitus/Inggris], itu disunnahkan. Hal ini ditandai dengan ayat al Qur’an surat al Nisa [4]: 3 yang artinya:  “…maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi…”

Dalam surat lain, yakni dalam surat ar Rum [30]: 21, Allah berfirman: “Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir”.

Lebih tegas lagi, al Qur’an surat An Nur [24]: 32, Allah berfirman: “Dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui”

Melalui rangkaian keterangan ayat al Qur’an di atas, maka, wajar jika Nabi Muhammad terus “dirayu” sahabat-sahabat terdekatnya untuk menikah saat Khadijah meninggal. Meski Usia Nabi saat itu sudah 50 tahun, usaha untuk menikahkannya tetap tinggi.

Banyak keterangan akhirnya, di usianya yang senja, Rasul akhirnya melamar Aisyah yang masih berumur 6 tahun. Setelah usia Aisyah 9 tahun, Rasul Muhamad baru menikahinya. Keterangan semacam ini, oleh para ahli hadits, ternyata disandarkan kepada pernyataan Aisyah sendiri. Dalam salah satu periwayatan, Aisyah berkata: “Saya dinikahi rasul saat masih menjadi seorang gadis muda (jariyah/Arab). Pernikahan kami menurut Aisyah, berbarengan dengan turunnya Surah Al-Qamar. Hadits ini dapat dibaca dalam kitab Sahih Bukhari.

Berdasarkan nalar hadits dimaksud, wajar memang jika ada sebagian ulama yang menyatakan bahwa Aisyah dinikahi Rasul Muhammad saat usianya masih anak-anak. Namun demikian, jika kita membaca keterangan Abdurrahman bin Sarijan dalam kaahil.wordpress.com/2009/03/03, keterangan tadi, tampaknya perlu direnungkan. Dalam tulisan berjudul: Menikahi Wanita Di Bawah Umur, Kenapa Tidak? Abdurahman bin Sarijan menjelaskan bahwa pernikahan Rasul dengan Aisyah bukan dalam usia 9 tahun. Aisyah, menurutnya dinikahi Rasul dalam usia 19 tahun.

Analisa Sejarah

Mana yang benar di antara dua perbedaan analisa ulama di atas? Sarijan menyajikan keterangan atas keterangannya itu pada apa yang dikatakan Maulana Habibur Rahman Siddiqui Al-Kandahlawi. Ulama hadits asal India [1924] ini, Sarijan mengulas analisanya sebagai berikut.

Berapa umur Aisyah saat dinikahi Rasul, tampaknya akan sangat bagus jika dibandingkan dengan umur kakaknya, bernama Asma. Perbedaan umur antara Aisyah dengan Asma, menurut keterangan ini adalah 10 tahun. Penjelasan ini, terdapat dalam kitab Siyar A’lamal Nubala karangan Al Zahabi.

Asma meninggal pada usia 100 tahun. Berdasarkan keterangan Ibnu Katsir dan Ibnu Hajar, Asma meninggal pada tahun 73 Hijriyah. Dari situ dapat dijelaskan bahwa Asma lahir pada tahun 27 Sebelum Hijriyah. Karena perbedaannya 10 tahun, maka berarti Aisyah lahir pada tahun 17 Sebelum Hijriyah.

Pertanyaan selanjutnya, kapan Aisyah dinikahi Rasul. Ternyata ia dinikahi di bulan Syawal pada tahun 2 Hijriyah. Dengan demikian, maka berarti, ketika ia dinikahi Rasul, usia 19 sudah tahun. Prof. Cecep Sumarna

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.