Koperasi Mengajarkan Prinsip Sukaela, Terbuka dan Demokkratis

0 42

Menurut kamus besar Bahasa Indonesia sukarela memiliki arti rela hati, atas kehendak sendiri atau bisa kita katakan juga tidak karena diwajibkan. Jika kita memaknai secara dasar, saya berpendapat bahwa sebagai bagian dari calon atau anggota koperasi tida ada unsur paksaan. Lembaga yang murni atas dasar kesadaran diri sendiri.

Terbuka menurut kamus besar Bahasa Indonesia memiliki arti adegan yang di ubah bentuknya dengan disaksikan langsung oleh penonton. Penalaran kita kata terbuka bisa diartikan tidak dirahasiakan, semua orang dapat memahami dan mengetahuinya. Dalam pemahaman koperasi bahwa “anggota koperasi memiliki arti siapa saja yang bersedia atau mau menjadi anggotakoperasi”.

Sukarela dan Terbuka Dalam Prinsip Koperasi

Sukarela dan terbuka dalam prinsip koperasi yaitu modal anggota itu bersifat sendiri dan digabungkan menjadi kesatuan bersama untuk dikelolanyapun secara bersama-sma juga. Tentunya yang dimaksud disini adalah untuk melaksanakan aktifitas usaha. Terbuka yang dimaksudkan dalam perkoperasian adalah siapa saja yang ingin menggabungkan modalnya agar mampu menciptakan usaha yang besar demi kepentingan bersama.

Kembali pada sifat dasar koperasi bahwa setiap warga negara Indonesi siapapun itu, tanpa membeda-bedakan suku, ras bahkan agama yang sering kita fahami dengn sebutan konsep Bineka Tunggal Ika berhak untuk mengikuti, mengelola dan mengawasi koperasi. Maka dari itu koperasi mengajarkan kepada diri kita untuk memiliki jiwa demokratis. Tidak mengedepankan ego dari masing-masing individu anggota koperasi tersebut.

Prinsip dasar manusia tentang jiwa yang sukarela, terbuka dan demokratis ini dalam koperasi yang akan di kelola membawa kita kepada kesejahteraan yang sifanya merata. Dalam kajian yang lain mungkin bisa kita kutip dari prinsip komunis sama rata dan sama rasa. Namun pemaknaan Bahasa itu bukan pada aspek tingkatan tatanan sosial. Tetapi kepada prinsip bahwa sudah menjadi keharusan demi kepentingan kita bersama yaitu mensejahteraakan anggota dan masyarakat yang ada di sekitar lingkungan kita.

Koperasi yang ada di Indonesia sudah diperkuat dengan badan hukum. Artinya koperasi juga di naungi pemerintahan tentang legalitasnya. Dalam konsep ini pemerintah mendukung penuh terhadap peranan masyarakat terlebih pada wilayah kepentingan ekonomi kerakyatan. Pengutan legalitas ini dipertegas dalam uu No. 25 tahun 1992 tentang pengaturan perkoperasian.***Karim Pamela


karim-pamela-3 Karim Pamela lahir pada 14 Juni 1992. Pria keturunan Sunda Jawa ini dilahirkan dari sepasang suami istri Ara Sukmara dan Darti Sugiarti. Semasa aktif di Kampus, dipercaya untuk jadi ketua umum Unit Kegiatan Mahasiswa (Koperasi Mahasiswa IAIN Syeikh Nurjati Cirebon). selain aktif di organisasi internal kampus, Karim Pamela Juga berkiprah di Organisasi eksternal kampus, seperti; Ketua Umum Paguyuban Mahasiswa Priangan Timur periode 2014-2015,  Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Cirebon.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.