Sudah Saatnya Kreativitas Bisnis Kaum Muda Berjaya

1 23

Kreativitas Bisnis Kaum Muda. Memiliki jiwa entrepreneur, tidak identik dengan jualan, meski unsur-unsur selling tetap diperlukan. Setidaknya, oleh para ahli ditetapkan ada sekitar 124.000 jenis bisnis yang dapat digeluti manusia. Hanya manusia yang kurang kreatif dan kecil nalarlah yang hidup susah dan jauh dari nilai-nilai kemandirian. Dalam sebuah seminar di sebuah Koperasi Cirebon, Prof. Cecep Sumarna mengatakan bahwa bahwa entrepreneur adalah karakter manusia yang selalu mencari nilai tambah dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan nalar yang dibangun Guru Besar Filsafat Ilmu dalam seminar dimaksud, penulis cukup tercengang dan merasa malu terhadap diri sendiri yang selama ini selalu mengandalkan kebutuhan hidup kepada kedua orang tua, meski dalam jumlah yang sangat terbatas. Atas situasi yang dihadapi, akhirnya penulis mencoba merayap mencari jalan keluar untuk mencari nilai tambah dalam kehidupan guna memenuhi sebagian kebutuhan dasar sehari-hari. Salah satu yang dilakukan penulis adalah jualan Jam Tangan.

Mengawali Bisnis

Bisnis ini awalnya dianggap penulis sebagai bisnis kecil-kecilan. Kecil-kecilan dimaksud bukan pada persoalan harga pembelian dan penjualan, terlebih keuntungan yang diraih, tetapi menyangkut aspek pasar yang sangat terbatas. Tetapi penulis yakin bahwa bisnis ini, akan tetap memberi harapan, karena jam tangan akan menyangkut persoalan gaya dan cara mengaktualisasi seni pada diri kita sendiri.

Berbagai farisi dan motif yang ditampilkan jam tangan, akan mendorong diri seseorang untuk menjadi elegan atau tidak. Jam tangan akan menjadi trend model tidak hanya bagi kalangan tua, tetapi juga bagi anak muda.  Bagi mereka yang mencintai seni asesoris tangan, bisnis pada jam tangan memberi ruang baik untuk dikembangkan.

Bisnis di jenis ini telah penulis lakukan dalam beberapa bulan ini. Kami berhimpun dari mahasiswa keturunan Indramayu dan Tasikmalaya, untuk terus menerus mengembangkan bisnis ini. Hasilnya! Saya bersama Ferry Lazuardi, alhamdulillah sudah mendapatkan keuntungan yang menjanjikan dan tidak lagi menggantungkan kebutuhan ekonomi kepada keluarga secara total. Sementara itu, kegiatan perkuliahan tetap berlangsung bahkan berjalan dengan lebih. Hayo berwirausaha …. agar kita mandiri. Yakinlah hanya mahasiswa yang sibuk untuk sesuatu yang produktiflah yang bakal berhasil menggapai zaman. [Karim Pamela]

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

  1. Fani Zahratunisa berkata

    sangat menginspirasi.. mau dong belajar banyak cara bisnis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.