Inspirasi Tanpa Batas

Kredibilitas adalah Sumbu Keberhasilan Hidup

Kredibilitas adalah Sumbu Keberhasilan Hidup
0 85

Kredibiltas adalah kualitas dan kapabilitas diri seseorang. Mereka yang demikian akan memiliki kekuatan tertentu sehingga dapat menimbulkan kepercayaan dari orang lain.Ai??memiliki 2 arti. Kekuatan [kuat], adalah homonim karena memiliki ejaan dan pelafalan yang sama, tetapi maknanya berbeda. Kekuatan memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda. Karena itu, kekuatan dapat disimbolisasi pada nama seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan. Yang kredible, berarti ia yang memiliki kekuatan untuk percaya dan dipecaya orang lain.

Secara umum, kredibilitas awalnya berkaitan dengan kesaksian seseorang atau suatu lembaga dalam suatu persaksian tertentu. Dalam ilmu hadits dikenal dengan istilah tsiqah. Ia dipercaya memiliki kekuatan; hafalan dan kemampuan untuk menjaga dirinya dari segenap persoalan yang menyebabkan dia menjadi kurang dipercaya.

Misalnya, seseorang dianggap kredible karena memiliki kemampuan menyimpan sesuatu yang bersipat rahasia. Dia harus tetap dipeliharaAi??dalam tempatnyaAi??yangAi??misterius. Hal ini, sebagaimana Tuhan telah melakukan-Nya dalam berbagai kandungan ayat al Qur’an sebagaimana telah penulis paparkan dalam narasi sebelumnya. Jika mampu melakukan hal semacam itu, maka, tanpa disengaja ia akan terbentuk dan terlatih –tentu dalam kasus tertentu– untukAi??tetapAi??unggul dibandingkan dengan manusia lain.

Kredibilitas dan Excelences

Mereka yang kredible pasti ai akan menjadi manusia yang unggul. Ketika kita berada dalam posisi yang unggul (excellence), maka, bukan saja kita menjadi tidak ragu atas apa yang dipikirkan dan dilakukan, tetapi, juga memiliki kesiapan untuk dipertandingkan.

Manusia yang unggul juga siap untuk dididiskusikan dan bahkan dideskreditkan orang lain. Namun karena dia unggul, maka, apapun ceritanya, dia pasti akan memenangkannya. Mengapa demikian? Sebab apapun yang dilakukan dan dibuat kita, dalam benak dan pikiran kita sendiri, telah tersimpan sesuatu yang tidak patut untuk diragukan, baik oleh diri kita maupun orang lain.

Al Qur’an menurut saya, telah memberi contoh soal itu. Al Qur’an adalah sesuatu yang hebat [kredible dan excelence]. Karena ia kredible dan unggul, maka, tidak ada yang dapat meragukan otentisitasnya, Ia menantang siapapun yang meragukan bukan saja atas otentisitas-Nya, tetapi, juga bagi mereka yang meragukan kehandalan isi-Nya.

Bagi kita umat Islam, yang yakin bahwa al Qur’an menjadi jalan, menjadi imam, menjadi sumber dan menjadi landasan dalam segala tindakan, tentu tidak perlu sedikitpun ragu akan kebenaran yang dibawaNya. Agak kurang tepat pemaknaan akan tantangan al Qur’an yang menantang mereka yang meragukannya, jika hanya ditujukan kepada al Qur’an itu sendiri tanpa implikasi serius bagi penganutnya.

Bagi saya, tantangan ini bermakna bahwa sesungguhnya al Qur’an mengajarkan siapapun yang mengimani atau mempercayainya, untuk memiliki karakter yang kredible sebagaimana al Qur’an menunjukkan wataknya yang kredible itu.

Kredibilitas karena itu, menurut penulis adalah jalan menuju kepercayaan diri agar dipercaya manusia lain. Tidak mungkin kita tumbuh menjadi manusia yang dipercaya, jika kita sendiri tidak pernah yakin dan percaya atas apa yang dipikirkan dan diperbuat kita. Karena itu, sebagai pengikut ajaran agama Islam, kredibilitas akan menjadi sumbu dasar dalam meletakkan keberhasilan diri.

Banyak pihak, misalnya ketika akanAi??memulai usaha, mengasumsikan bahwa usaha hanya dapat dilakukan jika mereka telah memiliki modal. Padahal modal yang sesungguhnya adalah kredibilitas. Karena kredibilitaslah sesungguhnya yang menyebabkan apapun yang kita tawarkan atau apa yang kita produksi, menjadi laku di pasaran. Kenapa? karena hasil produksi dimaksud, tidak menyimpan keraguan baik pada aspek kualitas maupun segi lain yang berkaitan dengan produksi dan penjualan.

Jadi, kalau anda ingin sukses dalam berbisnis, mulailah dengan jiwa kita yang kredible. Prof. Cecep Sumarna

Komentar
Memuat...