Kuburan Menjadi Tempat Wisata Spiritual Saat Lebaran Tiba

0 20

Di mana tempat yang penuh sesak saat musim lebaran tiba? Kebanyakan orang mungkin akan menjawab di tempat rekreasi. Jawaban itu, mungkin benar meski mungkin tidak tepat. Mengapa? Sebab tempat rekreasi akan dikunjungi sehari atau bahkan dua hari setelah perayaan ied berlalu. Lalu tempat seperti apakah yang pertama kali dikunjungi setelah shalat ied dilakukan?

Tempat terbanyak dikunjungi orang saat musim lebaran tiba, ternyata adalah kuburan. Sedikit atau banyaknya jumlah orang yang datang ke kuburan, akan sangat tergantung kepada sedikit banyaknya jumlah orang yang dikubur di tempat dimaksud. Di tempat dengan jumlah kuburan terbanyak, di situlah, kita yang terbiasa pergi meninggalkan kampung halaman, akan sangat mudah untuk bertemu dengan sanak saudara yang lama tidak bertemu.

Di tempat seperti inilah, kita akan menemukan manusia dalam ragam duka dan mata sembab. Mereka rata-rata mengenang keluarganya yang telah berlalu meninggalkan kita di dunia yang fana’. Di tempat inilah, manusia akan merasa bahwa dirinya pada akhirnya akan mengikuti jejak leluhurnya untuk meninggalkan dunia.

Hukum Mengunjungi Kuburan

Pertanyaannya, bolehkah umat Islam mengunjungi kuburan? Berdasarkan salah satu hadits dengan sanad Abu Hurairah, berkata: Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam berziarah ke makam ibunya. Kemudian Rasul Muhammad menangis. Setelah itu, orang-orang di sekitar Nabi-pun sama-sama menangis. Lalu Rasul Muhammad bersabda:

Aku meminta idzin kepada Rabb-ku untuk memintakan ampunan bagi ibuku. Namun aku tidak diizinkan melakukannya. Maka aku pun meminta izin untuk menziarahi kuburnya, aku pun diizinkan. Berziarah kamu semua kekuburan, karena ia dapat mengingatkan engkau akan kematian”. Hadits ini diriwayatkan Imam Muslim.

Berdasarkan hadits ini, mengunjungi kuburan itu memang dianjurkan. Kecuali, menurut imam Nawawi melarang kaum perempuan untuk mengunjungi kuburan. Dalam Kitab Fathul Bari [4/325] disebutkan bahwa Imam ini, mengutif Ibnu Hazm menyebut bahwa wajib hukumnya mengunjungi makam minimal sekali dalam seumur hidup bagi kaum laki-laki.

Dalam penjelasan lebih lanjut, ia menyebut bahwa untuk kaum perempuan, menurut jumhur ulama, mengunjungi kuburan sebenarnya boleh. Asal ia mampu menjaga dirinya dari kemungkinan terjadinya fitnah. Meski ada juga sebagian ulama yang menyatakan haram. Hal ini didasarkan atas hadits Nabi yang menyatakan: “Allah melaknat wanita yang sering berziarah ke kuburan. Hadits ini diriwayatkan At Turmudzi. Meski ia menyebut hadits dimaksud berkedudukan hasan. [Team lyceum]

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.