Kumpulan Proyek Ahok Untuk Jakarta

0 10

Masih dengan Proyek Ahok – Masih ingat aksi ahok melakukan penggusuran pemukiman warga di Kampung Pulo? Aksi tersebut ia lakukan semata-mata untuk mengurangi dampak banjir yang menimpa Ibu Kota. Tak sekedar menggusur, Ahok juga merelokasi pemukiman warga Kampung Pulo ke tempat tinggal yang lebih layak. Terbukti, usai sungai Ciliwung dibenahi, dampak banjir di Jakarta pun berkurang.

Menjadikan Jakarta tempat yang lebih manusiawi. Begitulah misi Ahok untuk Jakarta. Kumpulan Rencana ia garap demi mencapai misi tersebut. Ia ingin Jakarta menjadi kota yang nyaman dan aman untuk warganya. Dalam pemerintahannya juga beliau telah melakukan beberapa aksi untuk membuat Jakarta menjadi kota yang nyaman ditinggali.

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), memiliki banyak rencana untuk membuat Jakarta menjadi kota yang lebih manusiawi. Apa saja itu?

 

Bangun Beberapa RTH di Jakarta

Usai meresmikan Taman Pandan Istana – ruang terbuka hijau bagi masyarakat untuk menyampaikan aspirasi. Ahok berencana membuat taman serupa di Bundaran Hotel Indonesia (HI). Rencananya, taman tersebut akan dibangun di gedung bekas kedutaan besar (kedubes) Inggris.

Taman Pandan Istana
Taman Pandan Istana

Pembangunan taman ini dipastikan tidak akan membongkar bangunan lama kedubes Inggris, karena merupakan bangunan bersejarah. Gedung eks-kedubes Inggris tersebut akan dijadikan pusat intelejen transportasi. Kelak, masyarakat yang ingin melihat berbagai transportasi Jakarta dapat berkunjung ke gedung ini. Sementara itu, bagian pagar bangunan tersebut akan dibongkar dan dijadikan taman aspirasi untuk masyarakat yang gemar berdemo.

Bundaran Hotel Indonesia
Bundaran Hotel Indonesia

Untuk saat ini, Pemprov DKI juga tengah menggarap beberapa proyek tanah di antaranya Taman Kalijodo, Taman Dipenogoro (depan RSCM) dan taman Lapangan Banteng. Taman Kalijodo saat ini sedang memasuki tahap pengerjaan. Rencananya, di taman ini akan ada area khusus bermain skateboard dan sepeda. Sementara itu, untuk Taman Lapangan Banteng, Pemprov DKI akan memperpanjang jam operasional taman ini menjadi 24 jam. Sehingga, warga dapat bermain dan berkesenian sampai malam. Agar lebih aman dan nyaman, Pemprov DKI akan memasang CCTC (closed circuit television) di setiap taman.

Rencanakan Area Parikir Bawah Tanah

Tak hanya membangun RTH dan memperbaiki fasilitas di dalamnya, Ahok bersama Pemprov DKI juga berencana menggali kawasan Monas untuk dijadikan area parkir (park and ride) dan lahan untuk para PKL (pedagang kaki lima).

Ahok berharap dengan adanya area parkir bawah tanah, masyarakat dapat meninggalkan kendaraanya kemudian beralih menggunakan transportasi umum. Selain area parkir, Pemprov DKI juga akan membuat tempat laiknya Lenggang Jakarta (tempat makan di Monas) untuk para PKL, sehingga area PKL akan terlihat lebih tertib dan rapih. Tidak hanya itu ia juga berencana membangun toilet di dalam monas dengan konsep layaknya toilet dalam mal. Dengan konsep ini, ia mengharapkan pengunjung akan merasa lebih nyaman saat berkunjung ke Monas.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.