Inspirasi Tanpa Batas

Kunci Membuat Orang Lain Segera Menyukai Anda

Cara cepat menjalin hubungan baik dengan orang lain dan membuat orang lain segera menyukai kita.

2 51

Konten Sponsor

Dalam dunia bisnis, pendidikan, pekerjaan, lingkungan sekitar atau apapun itu, kita harus tahu teknik berhubungan dengan manusia. Kalau kita mau membangun bisnis, tapi partner kita enggak yakin sama sikap dan attitude kita, gimana kita bisa membangun bisnis yang besar? Atau kalau kita berjualan tapi calon pembeli kita ternyata engga suka sama kita, gimana jualan kita akan laku? Jadi kuncinya, dalam jalinan bisnis, pekerjaan atau apapun, dapat terjadi kalau kita pandai menjalin hubungan dengan orang lain.

Berikut ada tiga kunci yang harus kita lakukan untuk membuat orang lain menyukai kita, yaitu:

1. Senyum

Senyum adalah cara tercepat membangun hubungan dengan orang lain. Pastikan kita tersenyum dan bersikap ramah sama siapapun. Senyum juga merupakan bahasa universal, meskipun kita ketemu sama orang asing yang bahasanya tidak kita mengerti, lalu kita tersenyum, maka orang asing itu akan mengerti dan akan membalas senyuman kita.

Kadang ada orang yang susah untuk tersenyum. Kalau kamu termasuk salah satu orang yang susah tersenyum, berarti kamu gak cocok menjadi seorang pembisnis atau pekerja hebat yang memiliki banyak jaringan. Cocoknya di bagian gudang yang gak perlu ketemu orang.

Dengan tersenyum, orang lain akan merasa nyaman dengan kita. Nah, ketika seseorang sudah merasa nyaman, maka dari situlah connecting hubungan mulai terjalin. Maka dari itu, pastikan kita banyak tersenyum dan bersikap ramah kepada siapapun.

2. Banyak bertanya, jangan banyak bicara

Kenapa harus banyak bertanya, karena dari bertanya kita akan tau kebutuhan partner kita, konsumen kita, bahkan pasangan kita. Tuhan menciptakan dua telinga dan satu mulut artinya adalah kita harus lebih banyak mendengar daripada berbicara. Kalau kita jadi orang yang banyak bicara, maka kita akan menjadi orang yang menyebalkan. Meskipun kita pandai berbicara, melawak, atau humoris, tapi ada baiknya yang pertama dilakukan untuk menjalin hubungan adalah dengan bertanya. Biarkan orang lain yang berbicara dan kita mendengarkan..

Misal ketika masuk lift, kita bertanya sama orang lain, “oh mau ke lantai 5 ya?” Walaupun kita udah tau orang itu mau ke lantai 5, tapi kita bertanya aja supaya terjalin hubungan yang baik. Berbeda jika kita bicara, “saya mau ke lantai 5, saya duluan ya” maka sikap ini akan menyebalkan. Nah, seharusnya kita bilang “oh mau ke lantai 5? Baik, bapak duluan, silahkan” maka dari sikap ini orang lain akan menyukai kita, akan salut dan akan menganggap bahwa kita orang yang berpendidikan, ramah dan keren, “wah, orang ini ramah banget, orang ini pasti berpindidkan, wah keren ya”.

3. Sebisa mungkin panggil nama

Tips ini cocok dilakukan kepada orang orang yang udah kita kenal, dan sangat cocok dilakukan kepada teman lama, tapi bisa juga dilakukan sama orang yang belum kita kenal. Misal ketika pergi ke sebuah kantor, mall atau hotel, biasanya para pegawai suka memakai name tag atau identitas nama di baju. Nah, sebisa mungkin kita panggil namanya. Misal namanya adalah Rita, mbak Rita, bisa tolong tunjukkan toilet di sebelah mana? Tips ini memang mutlak harus dilakukan, tapi ketika seseorang dipanggil nama oleh orang asing, maka orang itu akan kaget, “bagaimana dia tau nama saya”. Ketika seseorang dipanggil namanya maka dia akan senang dan akan merasa jadi orang penting.

Nah, cara membangun hubungan yang baik dengan orang lain dan membuat orang itu segera merasa nyaman adalah sebisa mungkin panggil namanya. Meskipun kita belum kenal dengan orang itu tapi jika kita berani memanggil namanya, maka itu luar biasa.

Jangan sampai ketika bertemu dengan seseorang kita bicara”aduh, nama kamu siapa ya? Aku lupa, nama kamu sulit baget disebutinnya”. Please, dont say that word, jangan bicara seperti itu karena akan mempersulit hubungan dan akan membuat orang lain merasa tidak penting. Tetapi kalau kita ingin menjalin hubungan dengan baik, maka panggil namanya. Misal kita abis ketemu sama rekan kerja kita yang bernama Budi, maka katakanlah “Pak Budi saya senang sekali bicara dengan anda, hari ini saya mendapat banyak sekali manfaat dari sharing dengan bapak, dan betul-betul pak budi ini luar biasa. Saya beruntung sekali bisa sharing dengan pak budi. Meskipun sebentar tapi banyak ilmu yang saya dapat. Saya tidak menolak jika suatu hari nanti pak Budi ingin sharing ilmu lagi dengan saya, thank you pak Budi”. Dengan berbicara seperti ini sambil menyebut nama, maka orang lain akan senang, merasa diapresiasi, dan merasa menjadi orang penting.

Cara –cara seperti ini bisa langsung membuat orang lain menyukai kita. Kalau kita sudah bisa melakukan cara ini, berarti kita adalah orang yang mengerti sopan santun dan tata krama, dan secara otomatis orang lain akan menykai kita dan akan balik mengapresiasi sikap kita. Akhirnya terjalinlah hubungan baik yang saling menghargai dan mengapresiasi satu sama lain. Semoga bermanfaat (VAU)

  1. Judin berkata

    Mantap nih tipsnya, hampir sdh sy lakukan…kecuali menyebut nama yg belum sy kenal, jarang sy lakukan.

    Mantap artikelnya.

    1. Vifta Agnia
      Vifta Agnia berkata

      Terima kasih pak Judin untuk apresiasinya, saya senang menbaca komen dari bapak 🙂 Kalau untuk menyebut nama, saya juga baru-baru ini melakukannya dan masih belajar, tapi walaupun baru beberapa kali dilakukan, cara ini sangat efektif membuat orang lain nyaman dan bisa membuat mereka merasa dianggap penting. selamat mencoba ya pak… semoga banyak orang yang menyukai bapak dan semoga artikel ini bermanfaat untuk pak Judin..

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar