Take a fresh look at your lifestyle.

Kunyit dalam Membantu Kesehatan

0 23

Kunyit dalam Membantu Kesehatan
Paridah Jakiyah

Kunyit, dalam bahasa Sunda sering disebut dengan kata Koneng . Bahasa Latin menyebutnya dengan Curcuma longa Linn. syn. Curcuma domestica Val. Tumbuhan  ini termasuk tanaman rempah-rempahan dan menjadi obat asli (original) dari Asia Tenggara. Tanaman ini berkembang ke berbagai negara termasuk juga menyebar di Indonesia. Kunyit, memiliki banyak manfaat dan khasiat yang sangat beragam. Selain digunakan dalam dunia kuliner dan industri, tanaman inipun brmanfaat dalam dunia kesehatan. Tanaman tersebut merupakan bagian dari tanaman herba suku jahe-jahean.

kata Kunyit, sudah tidak lagi asing didengar, terlebih di kalangan ib-ibu rumah tangga. Tanaman ini sering digunakan ibu-ibu sebagai bumbu masakan yang selalu tersimpan didapur yang mempunyai ciri khas berwarna kuning sehingga bisa memberi warna tehadap masakan. Banyak masyrakat yang sudah mengetahui fungsi dan manfaat tanaman kunyit bagi kesehatan dan bagi kelezatan makanan.

Tumbuhan kunyit berbeda dengan tanaman nampong yang sudah dijelaskan pada postingan pertama, di mana ia tumbuh dengan sendirinya. Kunyit tidak dapat tumbuh dengan sendirinya tanpa bantuan manusia. Karena itu, kunyit sering dinisbatkan sehingga tumbuhan yang dapat dibudi dayakan. Tumbuhan ini yang paling utama dimanfaatkan yaitu pada bagian umbi nya.

Manfaat kunyit dalam dunia kesehatan, sangat beragam dan telah banyak diulas juga sudah banyak yang di lansir dalam beberapa blog, jurnal ilmiah serta buku-buku kesehatan. Di kalangan mahasiswa biologi dan farmasi, kunyit bahkan menjadi tanaman yang cukup hebat dianalisa. Namun demikian, penulis memberi penekanan tersendiri yakni khusus dalam fungsinya sebagai obat berbagai jenis penyakit.

Dalam analisa penulis, sering disaksikan bagaimana masyrakat yang ada di kampung, menggunakan kunyit sebagai makanan pelengkap nasi setelah ibu melahirkan atau disebut dengan nama “pahinum”, digunakan pula oleh masyarakat yang mengalami gangguan pada perutnya seperti magh (gangguan pada lambung) dan luka dalam lain. Setelah melakukan kajian teoritik dan upaya riset, penulis melakukan analisa di mana beberapa manfaat kunyit dalam dunia kesehatan yaitu sebagai obat magh, bisa mengecilkan perut bagi ibu yang sudah melahirkan, masalah pencernaan, penumpukan gas,dan  mengatasi gangguan sembelit.

Ketika seseorang mempunyai gangguan pada bagian perutnya seperti magh, cukup memarud kunyit tersebut secukupnya, di tambahkan air lalu di saring kemudia air kunyit tersbut bisa langsung diminum. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, lakukan hal tersebut secara rutin. Adapun cara menggunakan kunyit sebagai pahinum cukup melakukan dengan cara memarud kunyit, menambahkan bumbu lain seperti garam, bawang merah, ketuncar, kemudian di goreng dan ditambahkan air secukupnya. Setelah matang, kemudian diangkat dan bisa langsung dimakan sebagai lauk nasi. Jaga selalu kesehatan salah satunya melalui penggunaan kunyit dalam hidup. Sehat adalah salah satu modal untuk hidup. Selamat mencoba!

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar