Lakukan Aktivitas Sederhana ini Untuk Menjaga Kesehatan

0 471

Aktivitas olahraga terkadang bisa melelahkan dan merepotkan, apalagi ketika aktivitas di kantor dan rumah pun padat. Namun, demi kesehatan yang optimal, Anda harus melakukan aktivitas fisik sehingga terhindar dari serangan beragam penyakit. Karena kesehatan sangat berpengaruh terhadap aktivitas kita sehari-hari, saat kesehatan kita terganggu tentu pekerjaan kita pun juga akan terganggu.

Di bawah ini adalah beberapa aktivitas sederhana, mudah dan tanpa biaya yang dapat Anda lakukan kapan saja agar Anda tetap terjaga kesehatannya.

Peregangan setelah bangun tidur

“Pembakaran kalori terjadi diakibatkan peningkatan suhu tubuh,” kata dr. Hario Tilarso, spesialis olahraga. Maka dari itu, lakukan peregangan setelah Anda bangun tidur. Selain itu, duduklah di tepi tempat tidur dengan menggoyangkan kaki, lalu berjalanlah ke luar kamar menuju kamar mandi atau tempat yang lain. Aktivitas-aktivitas itu pun dapat meningkatkan suhu tubuh. “Melakukan pekerjaan rumah sehari-hari adalah merupakan bentuk aktivitas fisik, selain olahraga, yang bisa membuat tubuh Anda sehat,” tambah dr. Hario.

Memaksimalkan aktivitas bersepeda

Bersepeda memiliki manfaat meningkatkan fungsi dari kerja jantung dan paru-paru, melatih kekuatan otot, mengikis lemak, bisa menstabilkan tekanan darah dan gula darah, serta memperlebar pembuluh darah yang mungkin sudah mulai menyempit. Bersepeda selama 30 menit akan membakar kalori hingga 400 kalori. “Anda dapat memaksimalkan manfaat bersepeda dengan menambah tantangan saat melakukannya,” ujar dr. Hario.

Pilih rute menanjak yang membuat kerja otot-otot tubuh Anda bisa maksimal. Atau, Anda dapat tetap mengambil jalur lurus, namun tambah kecepatan kayuh. Lakukan selama 30 menit, dan Anda akan mampu membakar kalori tersebut hingga 600 kalori. “Jangan sekali-sekali mengenakan jaket parasut atau jaket tebal saat berolahraga karena akan menyebabkan dehidrasi, dan Anda akan kehilangan tenaga,” jelasnya.

Latih otot perut di kantor

Untuk melatih otot perut ketika jam kerja, lakukan aktivitas berikut setiap kali Anda membuka surel. Caranya, begitu ada surel baru yang hendak Anda baca tersebut, kencangkan otot perut, dan sambil tetap duduk, angkat kedua kaki Anda itu dari lantai. Kemudian tahan hingga beberapa detik. Latihan sederhana itu dapat menguatkan otot perut bagian bawah dan mengurangi risiko nyeri punggung.

Beryoga sejenak

Terlalu lama duduk saat bekerja dapat membuat bagian punggung dan pinggang Anda pegal. “Sesekali lakukan relaksasi dengan gerakan yoga,” kata Yudhi Widyantoro dari Yoga Gembira. Untuk merelaksasi punggung dan pinggang, lakukan seated chair twist. Mulailah dengan posisi duduk rileks dengan tubuh menghadap ke depan. Kemudian, pegang bagian kanan kursi dengan tangan kiri, putar badan dengan perlahan ke arah kanan. Tahan hingga beberapa detik, dan rasakan ketegangan otot di bagian punggung hingga pinggang. Lakukan arah sebaliknya. Gerakan berikutnya yaitu tundukkan badan, dan raih mata kaki dengan kedua tangan. Tahan hingga beberapa detik.

Berjalan kaki

Menurut hasil studi European Prospective into Cancer and Nutrition, melibatkan 334 ribu orang, melakukan jalan cepat selama 20 menit setiap hari dapat menurunkan risiko kematian dini mulai dari 16 persen hingga 30 persen. “Ini pesan yang sederhana,” kata Profesor Ulf Ekelund, salah satu peneliti.

“Hanya dengan melakukan aktivitas ringan bisa menghasilkan manfaat kesehatan yang bagus untuk mereka yang kurang aktif secara fisik.” Anda dapat mengajak keluarga aktif untuk melakukan aktivitas fisik. Misalnya, lingkari peta di sekitar rumah sejauh satu kilometer. Kemudian, mintalah anggota keluarga bepergian dalam radius satu kilometer dengan berjalan kaki. Berjalan kaki sejauh satu kilometer dapat membakar sekitar 62 kalori. Dan, rutin berjalan kaki terbukti mampu mencegah demensia, depresi dan gangguan jantung.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.