Inspirasi Tanpa Batas

Langkah Awal yang Harus Diperhatikan Penyair Pemula

Langkah Awal yang Harus Diperhatikan Penyair Pemula
0 395

Langkah pertama menjadi seorang penyair adalah harus menguasai teori-teori penulisan sajak. Dia harus memahami syarat puisi, tentang rima, stanza, metafora, konotasi dan irama. Jika mereka mengabaikan hal tersebut, yang akan dihasilkan hanyalah karya yang tidak bermakna dengan daya pukau yang sangat minim.

Barang tentu juga, dewasa ini anda harus memahami dengan baik tentang sejarah dan perkembangan puisi. Karena tidak hanya memberikan referensi syair-syair besar pada masa lampau yang begitu klasik dan mungkin sudah tidak menarik lagi. Dimana pada abad kedua puluh ini, puisi sudah bergeser kearah bentuk puisi yang ketat dalam bentuknya yang tidak melulu soal terang bulan dan bunga lagi. Melainkan tentang ilmu pengetahuan, kritikan-kritikan, jagat raya, kebebasan, tuhan di tengah-tengah abad modern ini, perang, dan kedamaian.

Untuk menambah bobot dan nada puisi anda. Anda harus rajin belajar dan memahami karya-karya penulis terkemuka dalam sastra dunia. Seperti, Donne, Herbert, Vaughan dan sebagainya. Ingat, bukan maksud penulis, kalian harus meniru karya-karya mereka. Maksudnya, kalian harus menjadikan karya mereka sebagai tolak ukur penulisan kalian, sekaligus sebagai batu ujian agar anda tidak mengenal lelah menghadapi kegagalan dan terus memperbaikinya sampai menyentuk kesuksesan.

Setelah kalian memahami beberapa hal mengenai penjelasan diatas. Maka hal selanjutnya yang harus kalian persiapkan adalah menghadapi permasalahan-permasalahan.

Masalah-masalah yang dihadapi penyair

Menurut hemat penulis, permasalahan penyair itu berada pada diri mereka masing-masing. Penulis mengatakan demikian, karena kebanyakan penyair pemula yang ditemui sekarang mengambil sikap menunda pekerjaan, sampai mood mereka datang. Mereka tidak bisa membenahi diri sendiri dan situasi sekitar mereka.

Berbeda halnya dengan penyair professional, mereka tidak akan menjadikan permasalahan-permasalahan tersebut sebagai peganggu mereka. Karena sebelumnya, mereka telah membentuk diri mereka sedemikian baik, secara mental, sehingga mereka bisa menghadapi mekanisme permasalahan mereka dengan begitu baik.

Seperti Penulis Blake Clarke, dia selalu disiplin dalam setiap pekerjaan. Setiap hari dia menulis satu sampai dua halaman, lalu dikumpulkan naskah yang mempunyai topik yang sama dan merangkumnya.

Begitulah setiap hari, dia menambah dan memperbaiki, membaca kembali dan menulis kembali. Maka setelah tiba waktunya, pekerjaan dia selesai tanpai banyak kesulitan. Dalam kedisiplinannya, dia terus menjaga pikiran, memusatkan perhatian atas yang telah ia tulis.

Solusi

Solusi atas permasalahan-permasalahan yang akan dihadapai seorang penyair tidak lain adalah soal kedisiplinan. Maka, sangat perlu penyair teguh dalam soal kedisiplinan, mereka harus membuat kondisi-kondisi tertentu diluar diri dengan cara menyelaraskan kegiatan mereka.

Jika, ada seorang penyair ketika menulis, harus mendapatkan ketenangan dan kedamaian agar dapat berfikir lurus, maka dia harus mengatur keadaan tersebut sedemikian rupa kondisi tersebut. Bukan seperti seorang amatir yang membiarkan kondisi menulis secara kebetulan.

Komentar
Memuat...