Inspirasi Tanpa Batas

Lawan Komentar Miring Seseorang Dengan Sebuah Bukti

“Pilihan hidup kita mutlak menjadi tanggung jawab kita sendiri. Apabila salah dalam memilih, maka kita sendiri yang menanggungnya.”

0 19

Konten Sponsor

Kita hidup di tengah-tengan masyarakat yang di dalamnya terdapat banyak orang dengan karakter yang berbeda-beda. Hal ini penting untuk kita pahami sebagai dasar berpikir sebelum kita bersikap atau bertindak. Setiap sikap dan tindakan yang kita lakukan, pasti akan ada akibat dan resikonya masing-masing. Akibat dan resiko itupun tidak hanya bersifat positif saja, tetapi ada negatifnya juga.

Keduanya terdapat pada pilihan hidup kita. Oleh karena itu, setelah kita melakukan kebaikan yang kita yakini kebenarannya, jangan berharap kita akan mendapatkan banyak dukungan dan jangan harap semua orang akan suka terhadap tindakan yang kita lakukan itu. Pastilah ada orang yang tidak suka, mencela, Komentar, dan menganggap pilihan yang kita lakukan itu tidak baik menurut mereka.

Pilihan hidup kita mutlak menjadi tanggung jawab kita sendiri. Apabila salah dalam memilih, maka kita sendiri yang menanggungnya. Orang lain tidak akan merasa terbebani karrna tidak akan ada orang yang mau menanggung kerugian atau masalah yang dihadapi oleh orang lain.

Sangat kecil kemungkinannya, orang lain mau memikirkan masalah yang sedang kita hadapi. Apalagi di era yang semakin modern ini, di mana nilai-nilai sosial dan gotong royong mulai kikis di tengah masyarakat. Yang ada saat ini adalah sikap individualistik yang terjadi di tengah masyarakat.

Jangankan ikut memikirkan masalah orang lain, untuk sekedar menyapa saat bertemu saja susah. Bahkan dengan tetangga yang rumahnya nempel dengan tembok rumah sekalipun, tidak saling mengenal. Hal ini terjadi akibat saking tingginya rasa individualistik yang tertanam di tengah masyarakat kini.

Pemahaman ini dimaksudkan agar kita jangan terlalu menghiraukan komentar orang lain, karena sesunggunya mereka yang berkomentar pun tidak begitu peduli dengan kita. Apalagi jika komentarnya komentar miring. Mereka hanya melontarkan pemikiran radikalnya saja.

Ketika kita memilih suatu pilihan, kita sendirilah yang akan menanggungnya. Maka akan sangat rugi jika pilihan yang sudah kita yakini kebenarannya selalu diintervensi oleh orang lain. Tidak selamanya komentar orang lain itu benar. Jangan sampai kita mengalihkan arah gara-gara mengikuti komentar orang lain.

Jika kita lebih mengikuti komentar tersebut tapi hasilnya tidak memuaskan, kita pasti akan sangat kecewa. Tetapi jika pilihan yang kita pilih itu datang dari hati dan pikiran kita sendiri, maka kita akan merasa puas. Sekali pun hasilnya tidak memuaskan, kita tidak akan terlalu merasa kecewa karena itu adalah pilihan kita sendiri.

Seandainya ada komentar positif yang dapat membangun kemajuan kita, itu perlu kita pikirkan kembali. Namun tetap, yang harus berperan besar adalah pilihan kita sendiri, jangan memakai saran itu 100%.

Akan selalu ada orang-orang yang merasa iri dan tersaingi dengan kemajuan kita. Tapi abaikan saja. Jangan pernah berhenti melakukan kebaikan. Jangan pernah berhenti bergerak dalam mewujudkan dan cita- cita. Tidak usah dilawan atau dikomentari balik dengan komentar yang miring pula.

Cukup dengarkan saja, dan kembali bergerak mewujudkan apa yang kita impikan dan kita cita-citakan. Pencapaian akhir dari hasil usaha kita yang berhasil itu akan membuat mereka yang suka berkomentar miring akan berhenti sendiri. Bahkan mereka akan merasa malu atau bahkan mungkin mereka akan berbalik mendukung kita.

Sifat dasar manusia memang tidak mudah mempercayai jika mereka belum membuktikannya sendiri. Apa pun yang kita katakan, jika tidak ada buktinya, maka jelas akan banyak orang yang tidak percaya. Kita punya ide yang cemerlang, planing yang jitu, namun karena tidak ada bukti, maka semua itu akan dianggap omong kosong dan tidak berharga nilainya bagi orang-orang di sekitar kita.

Fenomena seperti itu memang nyata terjadi di tengah masyarakat. Oleh karena itu, apabila kita mempunyai ide, planing, cita-cita dan impian, maka wujudkanlah. Jangan biarkan cita-cita dan impian kita terhenti. Buktikan bahwa kita hebat dan mampu mewujudkan cita-cita serta impian kita.

Memang tidak mudah, karena semua itu membutuhkan proses, dan di tengah-tengah proses itulah ujian akan muncul. Tetapi setelah kita mampu membuktikan, maka semua itu akan selesai. Bukti itulah argumen perlawanan yang sangat ampuh untuk meruntuhkan komentar-komentar miring orang lain tentang kita.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar