Take a fresh look at your lifestyle.

Lihat Karakter Kepribadian Dan Type Entrepreneur Manakah Kamu ?

0 28

Entrepreneur bisa digolongkan menjadi bebagai macam. Jika kita menggunakan kriteria dari karakter kepribadian, entrepreneur akan dibagi menjadi 10 type entrepreneur. Berikut ini adalah penjabarannya seperti dirangkum dari Wikipedia.org.

Entrepreneur Pendorong

Yang pertama adalah tipe pendorong. Mereka adalah type entrepreneur yang memiliki semangat pantang menyerah ketika menjalankan bisnisnya dengan integritas dan etika yang sangat tinggi.

Entrepreneur Penasihat

Yang kedua ialah tipe Entrepreneur penasihat. Mereka ini berpandangan bahwa para pelanggan pasti dan selalu benar dan melakukan apapun untuk diperlukan. Agar semua yang ia lakukan membuat pelanggan merasa begitu puas sehingga sang pelanggan tak ingin berbisnis dengan perusahaan yang lain. “Manjakan pelanggan Anda sebagai raja” adalah motto yang sangat mereka junjung tinggi.

Entrepreneur Superstar

Ketiga yakni tipe Entrepreneur superstar. Entrepreneur superstar bergantung pada suatu kharisma dan pada tingkat energi yang tinggi. Kita dapat menemukan entrepreneur superstar berada di panggung-panggung tengah berpidato dengan audiens yang sedang terpukau. Karena semangat dan karismanya yang memancar saat menyampaikan ide-ide inovatif dan cemerlang. Contoh tokoh entrepeneur superstar yang menonjol ialah Richard Branson, Larry Page, mendiang Steve Jobs, serta Ratan Tata (anak dari Tata).

Entrepreneur Seniman

Keempat adalah entrepreneur seniman. Entrepreneur ini sangat aktif berkarya dengan kreativitas yang sangat meluap-luap. Ia sangat sadar dengan apa yang ia lakukan di bisnisnya. Ia sangat menghargai berbagai masukan konstruktif dan tak terlalu terganggu dengan citra negatif pada dirinya yang ada di masyarakat yang menganggapnya eksentrik dan mungkin ‘gila’. Aamir Khan, Michael Dell sang pendiri Dell, dan MC Cormich dari EMI ialah mereka yang bisa digolongkan dalam kategori ini.

Entrepreneur Visioner

Berikutnya adalah entrepreneur visioner yang sangat berfokus pada impian namun agak mengabaikan realitas. Visi mereka sangat besar dan tinggi dan membutuhkan profesional berkompeten demi mewujudkan impian besarnya. Jack Welch, Bill Gates, dan Kishore Biyani adalah sejumlah entrepreneur tipe visioner.

Entrepreneur Analis

Tipe berikutnya adalah entrepreneur analis, yang lebih terfokus pada pemecahan masalah yang terjadi di bisnis mereka dengan cara yang lebih sistematis serta terstruktur. Mereka misalnya Gordon Hore (Intel), Rana Kapur (Yes Bank) dan Gautam Adani (Adani Groups).

Entrepreneur Bola Api

Jenis entrepreneur selanjutnya yaitu entrepreneur bola api. Mereka ini memiliki bisnis dan menjalankannya dengan semangat tinggi, vitalitas tinggi, juga energi yang meluap serta optimisme yang melimpah. Mereka memiliki pola kerja yang santai dan tak mengikat asalkan masalah yang melanda terselesaikan dengan baik dan tuntas. Satu entrepreneur yang termasuk jenis fireball ini ialah Malcolm Forbes yang mendirikan Forbes Magazine.

Entrepreneur Pahlawan

Setelahnya, ada juga yang disebut sebagai entrepreneur pahlawan. Mereka ini yang termasuk jenis pahlawan memiliki keinginan yang kuat sekali pada memimpin masyarakat menuju perubahan yang menjadi visinya dan sanggup membawa usahanya pada gelombang perubahan dan tantangan yang tak dapat dilewati para entrepreneur-entrepreneur biasa.

Entrepreneur Penyembuh

Entrepreneur penyembuh adalah tipe selanjutnya yang cenderung memberikan dan memelihara harmonisasi atau keserasian pada usaha yang sedang dijalankan. Mereka juga memiliki kemampuan untuk bertahan dan mempertahankan ketenangan dalam dirinya di saat masa krisis. Sejumlah entrepreneur yang sesuai dengan tipe ini ialah Dr. Bindeshwar Pathak (Sulabh International) dan Kumar Manglam Birla (anak L.M Birla).

Entrepreneur Oportunis

Tipe terakhir yaitu entrepreneur oportunis. Mereka selalu mencari celah peluang dengan begitu teliti dan giatnya. Hal ini menjadi pisau bermata dua bagi entrepreneur yang bersangkutan. Sebagian orang bisa menganggapnya rakus dan membuat fokusnya dalam berbisnis menjadi terganggu dikarenakan sibuk memburu peluang di mana-mana. Akan tetapi, dalam tingkatan yang moderat. Entrepreneur dengan tipe oportunis akan dapat memiliki keunggulan dalam kejelian menemukan peluang emas dibandingkan yang lain. (dhirga)

(type entrepreneur)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar