Connect with us

Novel Rindu Tuhan

Linda dan Puisi Kerinduan | Nokhtah Kerinduan Tuhan Part – 14

Cecep Sumarna

Published

on

Linda dan Puisi Kerinduan| Noktah Kerinduan Tuhan-Part 14

Puisi Kerinduan – Ghina dan Yanti, berencana bertemu dengan Linda. Mereka saling mengirim surat elektronik melalui emailnya masing-masing. Melalui surel itulah, ketiganya sepakat untuk bertemu. Mereka hendak melakukan reunian. Reuni terbatas karena hanya diikuti mereka bertiga. Tidak ada yang lain. Ketiganya sepakat untuk tidak membawa suaminya masing-masing. Apalagi tentu tidak membawa anak-anaknya.

Bertemulah mereka di sebuah kafe di Ciateur, Subang Jawa Barat. Pertemuan itu mulai berlangsung pukul 19.00. Masing-masing membawa mobil sedan sendiri-sendiri. Mobil dipacu dengan pelan, karena merayap macet. Di atas gunung dengan suhu udara 12 derajat selsius, pegunungan itu membuat mereka masing-masing memakai pakaian tebal.

Cerita tentang Makna Hidup

Yanti yang pertama kali bercerita. Ia mengatakan, terima kasih atas seluruh perhatian kawan-kawannya. Tanpa kalian, aku mungkin sudah mati dan anak-anakku mungkin sudah busung lapar. Ghina dan kau Linda, membuat aku bisa seperti ini. Saat ini, aku dapat menjalani hidup dengan baik.

Tiba-tiba, Yanti mual. Ia muntah yang tak biasa. Mukanya pucat dan tak mampu berkutik. Lalu Linda mengambil segelas air teh hangat, sedikit dicampur gula. Ghina dan Linda tampaknya, mulai tahu kalau Yanti sedang mengandung. Keduanya berkata dengan serempak, hai Yanti kamu hamil ya …! Iya aku hamil. Kemarin aku menguji coba melalui bidan. Hasilnya, benar aku hamil. Ia berusaha semaksimalkan mungkin untuk menutupi siapa sesungguhnya laki-laki yang menghamilinya itu.

Mereka tertawa terpingkal-pingkal. Hebat ya suami kamu itu. Itu kan teman kita juga Ghin, kata Linda, sedikit keras suaranya. Ghina mengatakan: Iya … dia teman kita. Tapi ko jantan juga dia … mereka kembali tertawa terbahak-bahak. Diapain tuch suami kamu yang sebelumnya kelihatan sangat loyo, tiba-tiba mantap begitu. Yanti diam … dan kemudian dia terus berupaya menyimpan rahasia terdalamnya.

Ketiga wanita yang memiliki usia sama, yakni di kisaran 38-39 tahunan itu, tampak masing-masing sangat cantik. Bahkan mungkin lebih cantik dibandingkan dengan mukanya, ketika masih berumur remaja. Inilah muka manusia tercantik dalam kajian Psikologi. Linda dan Ghina yang sudah menjadi doktor itu, kemudian akhirnya bercerita tentang kondisi keluarga masing-masing. Rupanya baik Linda maupun Ghina, sama. Keduanya sedang menghadapi pergulatan bathin antara mempertahankan cinta kasih suaminya, atau, mereka harus tergoda oleh laki-laki lain.

Ghina dan Linda Berbagi Cerita

Hai Linda, kamu kan pengajar. Apakah kamu suka ada yang menggoda atau tergoda. Linda hanya tersenyum mesem. Ia mengatakan, inilah fase penting dalam hidup kita. Apakah keluarga kita masing-masing ini, akan selamat atau tidak. Jika selamat, ya mungkin takdir anak-anak kita baik. Jika tidak entahlah …

Lalu Ghina nyeletuk. Itu terlalu akademik Lind … Aku hanya bertanya, apakah kamu pernah bergulat dalam pilihan yang serumit itu? Linda kembali hanya tersenyum. Ia kemudian menggigit jarinya dengan keras. Lalu ia menyodorkan selembar kertas yang berisi puisinya. Ghina disuruh membaca puisi kerinduan yang prhasenya sebagai berikut:

“Tiada ruang jiwaku untuk bisa melupakanmu
Namamu tergurat di kalbu sukmaku
Wajahmu tak pudar dari pelupukku
Simponi pribadimu meliris keindahan

Semua lekat satu dalam jiwaku
Rindu ini terus menggebu
Cintapun tak pernah beranjak dari hatiku
Jalannya terus merambat ku

Sungguh aku mencintai dengan ketulusan
Bukan sebuah permainan ilusi
Bukan pula menimbang hanya dalam bayangan
Rasa ini terus menggulana dengan segenap bara rindu

Gejolak kangen infal tak henti
Menguak hasrat yangg tak pupus
Rasa cinta ini kian meluap tak dapat kupungkiri
Kata hati ini tetap jujur dengan bisikannya

Dengan limpahan kasih yang tak terbendung
Siluet wajahmu menerpa pandanganku
Selalu menghiasi layar khayalku
Walau saat ini kau tak berada di sisiku jauh dari tatapku

Namun kau seakan lekat satu dengan sukmaku
Setiap nafasku berhujah dengan desahnya
Hanya kau dan kau yang memenuhi ruang jiwaku
Kesunyian malam telah terabaikan

Karena dekap kasihmu telah menghangatkan rasaku
Sehangat cinta yang kau berikan
Cintaku hanya untuk dirimu
Kesunyian semakin sepi dari hingarnya waktu

Hanya wajahmu yang terus mengeja pikiranku
Betapa aku mencintaimu … my love”

Apakah, orang yang membuat puisi semacam ini, Ghina …? Tanya Linda. Ghina hanya meneteskan air mata. Mengapa? Karena diapun sama, hanya mampu mengguratkan segenap rasa dan keinginan atas cintanya itu, pada pulpen, pensil atau catatan kecil di surelnya. Andaikan aku tak punya Tuhan … dan andaikan hanya aku dan dia kata Ghina, maka, aku juga sama. Aku hanya ingin melumatkan dunia cinta bersamanya. By. Charly Siera — bersambung

Continue Reading
25 Comments

25 Comments

  1. Avatar

    Uun Unesih

    11-12-2017 at 16:54

    Bismillah… Pendidikan yang paling utama itu pendidikan dalam keluarga, dalam keluarga kecil yang telah dibina bersama dan setiap apapun masalahnya harus di hadapi bersama terutama dalam hal bacaan diatas.. Dalam hal ini, suami menjadi peran penting dan utama karena istri harus patuh pada suami, segala macam permasalahannya walaupun permasalahannya itu menyakitkan bagi suami. Seharusnya sang istri tidak mencintai laki2 lain walaupun kita mengetahui kalau jatuh cinta pada siapa aja, akan tetapi jika kita sudah menikah lalu mencintai laki2 lain, maka ini tidak layak dan tidak patut dipertahankan atas cinta mereka. Dan untuk masalah yanti, saya sangat kagum dengannya karena dia begitu tegar dalam menjalani kehidupan yang sangat pahit. Wassalam

  2. Avatar

    Futihatus sholihah

    08-12-2017 at 14:24

    Jodoh kita cerminan dari kepribadian kita sendiri, wanita pasti membutuhkan seorang pemimpin yang mana pemimpin kita itu seorang suami yang mengepalai rumah tangga yang kita jalani, disinilah peran seorang suami sebagai pemimpin rumah tangga. Dan wanita patut mentaati suami.

  3. Avatar

    Ririn Fitriani 3MPI B

    06-12-2017 at 21:50

    Sebagai seorang isteri seharusnya dia bisa menjaga pandangan dan kehormatannya saat berada di luar rumah.
    Menjadi istri yang taat pada suaminya,sebab Rasul mengajarkan kepada umatnya jika istri keluar tanpa izin suami setiap langkah dia akan di laknat oleh Allah,naudzubillah

  4. Avatar

    Febrialdy Imandyanto Kusuma

    06-12-2017 at 17:36

    Seharusnya suami dan istri harus saling terbuka, tidak tentang hal masalah uang saja namun masalah yang lainnya. dan jangan sesekali suami dan istri tidak bertengkar di hadapan anak, karena akan berdampak terhadap psikologis si anak tersebut.

  5. Avatar

    birnawati

    05-12-2017 at 21:03

    Perempuan harus bisa menjaga kehormatan suami. Dimanapun suaminya berada dia harus bisa menjaga. Keluar sebentar saja tidak boleh jika belum ada izin dari suaminya… Perempuan semasa kecik syurganya terletak dikaki ibunya kelak dia sudah menikah syurganya terletak pada suaminya…

  6. Avatar

    Siti MH

    05-12-2017 at 17:19

    Sebagai wanita yang sholehah seharusnya mampu menepis rasa cintanya kepada pria lain

  7. Avatar

    Peggi Agisna IPS 1/A

    04-12-2017 at 23:57

    berbohong tidak di bolehkan dalam islam dan hukum berbohong adalah dosa maka jika kita berbohong akan mendapatkan dosa

  8. Avatar

    Neila nur zuhrufillah

    04-12-2017 at 22:25

    Teman memang mengerti semua hal yg ada pada diri kita tetapi tedak semua hal yg memang harus kita ungkapkan dengan jelas seharusnya mereka tahu dengan cara yg tersirat.

  9. Avatar

    Azis surokhmat

    04-12-2017 at 20:19

    Tanggung jawab dan cinta, beban atas pilihan dan resiko atas tindakan, keinginan tentang memiliki cinta yang benar memang sulit, keinginan harus melangkah bersama dengan tanggung jawab.

  10. Avatar

    Ririn Fitriani 3MPI B

    04-12-2017 at 18:38

    Suami adalah pemimpin bagi istri dan anak-anaknya,apapun yg diperintahkan oleh suami,isteri wajib mentaatinya selagi perintah itu baik. Surganya seorang isteri adalah suami,jika Allah ridho maka suami juga ridho terhadap apa yg istrinya lakukan.

  11. Avatar

    KORIATUNISA

    04-12-2017 at 15:17

    memberikan nafkah ialah kewajiban bagi suami disamping itu suami juga harus bisa memberikan perhatian seta kasih sayang sehingga itu akan membuat istrinya merasa nyaman dan tidak akan berpaling darinya, seorang suami harus bisa membagi waktunya untuk keluarga sehingga menjadi keluarga yang penuh dengan cinta dan kasih sayang.

  12. Avatar

    siti alifah

    04-12-2017 at 14:50

    seorang perempuan yang sudah punya suami diwajibkan untuk mematuhi apa yang suami katakan selagi itu hal yang baik. melayani suaminya dengan penuh tanggungjawab kita sebagai istri.

  13. Avatar

    Rifa Awaliyah

    03-12-2017 at 20:00

    Jika kita sudah menjadi seorang istri, kita harus bisa melayani dan menjadi seorang istri yang baik dan sholehah. Karena jodoh kita adalah cerminan diri kita sendiri. Jangan mudah terbawa hawa nafsu ketika mengambil keputusan.

  14. Avatar

    Qorry Yafatihana

    03-12-2017 at 14:00

    dalam hal ini peran suami sangat penting. suami yang menjadi kepala rumah tangga harus bertanggung jawab atas rumah tangganya. seorang pemimpin harus bisa melayani atas apa yang di pimpinnya. dalam hal ini komunikasi yang baik sangat dibutuhkan.

  15. Avatar

    Lia Herliana

    01-12-2017 at 22:07

    Seorang istri yang mengetahui kewajibannya dalam agama untuk mematuhi suaminya dan menyadari sepenuh hati betapa pentingnya mematuhi suami. Istri harus selalu menaati suaminya pada hal-hal yang berguna dan bermanfaat karena ketaatan istri kepada suami adalah salah satu kunci surga.

  16. Avatar

    Luinah

    01-12-2017 at 20:15

    Sebagai seorang wanita yang sudah mempunyai suami itu harus bersifat, bersikap baik, harus bisa menjaga segenap rasa hanya untuk suami dan keluarga tidak untuk orang lain. Berfikir lah sebelum menyesal dikemudian hari.

  17. Avatar

    Adelia pramesetia putri

    30-11-2017 at 09:15

    Sebagai seorang perempuan yang sudah mempunyai suami seharusnya jangan sampai tergoda oleh laki laki lain karena segala perbuatan yang dilakukan seorang istri adalah hak suaminya

  18. Avatar

    Mariyo Tadris IPS/A Semester 1

    30-11-2017 at 07:04

    Linda Dan Puisi Kerinduan | Nokhtah Kerinduan Tuhan Part – 14
    disini peran suami harusnya ada, suami harusnya membiasakan musyawarah terbuka dengan istri yang menyangkup semua permasalahan rumah tangga, tidak hanya masalah uang tapi masalah mendidik anak sampai masalah tergoda dengan Insan lain pun harus diungkapakn. agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, walau jelas akan ada sedikit pertengkaran tapi melihat dampak besar yang akan timbul jika tidak diungkpakan alangkan bijaknya jika kita memilih pertengkaran kecil diatas. dan diusahakan supaya saat diadakannya musyawarah dalam kondisi 100% supaya meminimalkan dampak pertengkaran

  19. Avatar

    Fariz Aldi Dwi R

    29-11-2017 at 23:47

    Asslamualaikum wr.wb
    pendidikan dalam keluarga ,suami berperan sebagai raja dan imam untuk seorang isteri,dalam menjalankan aspek-aspek kehidupan termasuk kedalam maslat hati.dalam hal apapun isteri harus patuh pada suaminya,namun lain dengan halnya sebelum berkeluarga, seorang wanita patuh pada orang tua nya,bila seorang wanita sudah berkeluarga , wajib menaati perintah dan melayani suaminya karena sebagaimana yang ada pada firman Allah SWT .hal tersebut tentu saja termasuk kedalam pahala untuk seorang isteri karena syurga nya isteri ada pada suami.
    Terimakasih
    wassalamualaikum wr.wb

  20. Avatar

    MUNIRUDIN

    29-11-2017 at 14:15

    Didalam keluarga pasti ada seorang dan seorang suami keduanya pasti salang membutuhkan ataupun melengkapi, disinilah peran seorang suami dari seorang istri yaitu sebagai pemimpin dalam sebuah ikatan rumah tangga.

  21. Avatar

    m

    29-11-2017 at 14:14

    Didalam keluarga pasti ada seorang dan seorang suami keduanya pasti salang membutuhkan ataupun melengkapi, disinilah peran seorang suami dari seorang istri yaitu sebagai pemimpin dalam sebuah ikatan rumah tangga.

  22. Avatar

    Aninda fidiya sari

    29-11-2017 at 11:35

    Assalamualaikum .
    Persahabatan merupakan seseorang yang dapat dijadikan tempat berkeluh kesal, mereka yang mampu menjaga rahasia kita. Dan juga dalam pernikahan tidak diperbolehkan untuk mendua.
    Terima kasih

  23. Avatar

    Iqbal ismail

    28-11-2017 at 07:54

    jadi setiap perempuan pasti membutuhkan sosok pemimpin yaitu seorang pasang hidupnya.untuk itu Sebagi perempuan harus mentaati pemimpinnya bisa dijuluki suami satu pemimpin dalam rumah tangga.

  24. Avatar

    Iqbal ismail

    27-11-2017 at 22:57

    jadi setiap perempuan pasti membutuhkan sosok pemimpin yaitu seorang pasang hidupnya.untuk itu Sebagi perempuan harus mentaati pemimpinnya bisa dijuluki suami satu pemimpin dalam rumah tangga

  25. Avatar

    siti khodijah

    05-11-2017 at 22:14

    Seorang wanita itu harus bisa patuh kepada sang suami karena di dalam pendidikan pun mengatakan bahwa suami lah yang berhak atas apa yang di lakukan istri karena seorang istri harus selalu terbuka kepada sang suami.. jangan sampai istri pun tergoda oleh laki laki lain yang bukan mukrim apalagi dia yang bukan seorang suaminya.. Jadi intinya pendidikan itu berawal dari keluarga .

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.