Makanan Ternyata Dapat Mempengaruhi Kinerja Kita

0 14

Ternyata makanan yang kita konsumsi saat ini dapat berpengaruh terhadap kinerja seseorang, maka dari itu jangan remehkan makanan yang kita konsumsi di kantor. Menurut pakar nutrisi Clyde Wilson, cara organ mencerna setiap makanan berbeda. Misalnya, otak membutuhkan jenis gula tertentu. Beberapa karbohidrat sehat dari buah-buahan dan sayuran memasok energi yang dibutuhkan otak untuk dapat menunjukkan performa maksimalnya.

Ada pun makanan olahan seperti sereal, pasta, serta roti mengandung pati dan gula yang akan mudah diolah. Sayangnya, tubuh kita tidak dapat mengolah semua gula dalam waktu bersamaan. Makanan semacam ini justru memicu sekresi insulin secara berlebihan yang akhirnya akan mengubah kalori yang tak terolah menjadi lemak.

Insulin yang ternyata berlebihan tersebut pada akhirnya juga dapat menyebabkan tekanan darah menjadi rendah yang akan memengaruhi kinerja fisik kita. Oleh karenanya, sebaiknya makan makanan yang sehat ketika bekerja. Berikut adalah tipsnya:

Sayuran hijau

Sayuran hijau akan mampu memperlambat proses pencernaan gula. Dengan adanya perlambatan, otak dan otot lebih siap untuk dapat mengolah gula tersebut. Insulin pun tak akan disekresikan berlebihan sehinggan potensi penumpukan lemak dapat diminimalisir. Ditambah lagi, kandungan antioksidan pada sayuran hijau bermanfaat untuk mencegah kanker serta memperbarui berbagai sel yang mati.

Konsumsi zat besi yang cukup

Zat besi penting untuk energi karena merupakan komponen utama dalam hemoglobin – protein pembawa oksigen pada sel darah merah. Kekurangan zat besi mempengaruhi fungsi kognitif pada dewasa dan juga anak-anak.

Jangan terlalu banyak konsumsi kafein

Minum kopi saat bekerja boleh saja. Kafein dalam jumlah sedikit dapat meningkatkan metabolisme dan energi. Namun, tidak jika dengan jumlah banyak. Sebuah studi dari Johns Hopkins Medical School menemukan bahwa senyawa kafein dalam jumlah besar dapat mengurangi performa kerja.

Konsumsi lemak sehat

Lemak memang tak selalu buruk. Ada pula lemak sehat yang penting untuk tubuh. Misalnya, lemak ikan atau omega 3. Dilansir dari majalah Health, defisiensi asam lemak omega 3 ini berkontribusi pada depresi di Amerika. Oleh karenanya, konsumsilah suplemen yang isinya mengandung omega 3.

Akan lebih baik jika kita membawa bekal dari rumah. Selain dapat memilih menu yang sehat, makanan pun akan cenderung lebih terjaga kebersihannya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.