5 Makanan Untuk Penghilang Stress Paling Manjur

5 Makanan Untuk Penghilang Stress Paling Manjur
0 13

Stress dapat menyerang semua orang dan siapa saja, stress dapat disebabkan oleh beragam macam hal, seperti menumpuknya pekerjaan di kantaor ataupun adanya masalah pribadi dan keluarga. Masalahnya, jika stress telah melanda, apa yang perlu dan harus kita lakukan?

Sebenarnya, terdapat beberapa cara untuk menghilangkan stress tersebut, seperti meditasi, olahraga, atau istirahat. Berikut ini beberapa makanan yang dapat membantu kita untuk menghilangkan stress, seperti dilansir dari tribunnews.

5. Blueberry

Buah ini kaya akan zat antioksidan. Blueberry juga mengandung fitonutrien yang berperan penuh dalam sistem pertahanan tubuh. Zat ini bisa membantu meningkatkan respon tubuh untuk melawan radikal bebas yang berhubungan dengan stress.

4. Salmon

Omega 3 yang terdapat di dalam salmon ini dapat mengurangi hormon kecemasan, seperti hormon kortisol yang akan meningkat saat stress menyerang.

Menurut Lisa Cimperman, RD, dari University Hospitals Case Medical Center, omega 3 di dalam salmon memiliki sifat anti inflamasi. Nah, sifat inilah yang membantu tubuh melawan efek negatif dari berbagai hormon stres.

3. Dada Kalkun

Yang satu ini mengandung tryptophan (salah satu asam amino penyusun protein) yang akan membantu meningkatkan produksi hormon serotonin.

Hormon serotonin inilah yang dapat memicu rasa senang di dalam diri kita. Tryptophan juga banyak terkandung dalam kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, oat, dan telur.

2. Sayuran berdaun hijau

Menurut Heather Mangieri dari Academy of Nutrition and Dietetics, sayuran berdaun hijau seperti bayam mengandung folat yang dapat meredakan stress. Folat akan menghasilkan dopamin. Yaitu, bahan kimia yang merangsang rasa bahagia dalam otak. Alhasil, ia akan membuat kita jadi lebih tenang.

Sebuah studi di Universitas Otago juga menemukan temuan yang serupa. Menurut studinya, mahasiswa cenderung merasa lebih tenang, bertenanga, dan bahagia ketika makan lebih banyak sayuran hijau serta buah-buahan.

1. Oatmeal

Menurut sebuah studi, karbohidrat dapat membantu otak untuk memproduksi serotonin. Tapi, tunggu dulu. Sebaiknya, kita tidak mengonsumsi karbohidrat dari makanan manis seperti donat.

Karena stress dapat menyebabkan naiknya gula darah. Nah, yang perlu kita konsumsi adalah karbohidrat kompleks seperti oatmeal.

Komentar
Memuat...