Makna di Balik Warna Seragam Sekolah di Indonesia Yang Tidak Kita Sadari

0 107

Seragam sekolah sebenarnya mulai hadir pada abad ke-16 di Negara Inggris. Seragam sekolah ini memiliki fungsi untuk mempromosikan kesetaraan sosial di kalangan siswa dan menunjukkan identitas sekolah. Nah kemudian praktik ini dilakukan di negara-negara lain, begitu juga di negara kita.

Namun sadar gak? kenapa pakaian seragam sekolah di Indonesia umumnya berwarna tertentu, Seperti pakaian seragam Sekolah Dasar (SD) yang memakai putih dan merah? Lalu tingkah Menengah SMP memakai Putih Biru dan SMA memakai Putih Abu-abu? Tau gak makna dibaliknya?

Sudah menjadi ciri kahs sekolah-sekolah di Indonesia yaitu warna baju seragam yang berbeda-beda setiap tingkatan. Benar kan? Ternyata bukan hanya sekedar membedakan tingkatan antara SD, SMP, dan SMA, namun ternyata ada makna tersendiri di balik perbedaan warna seragam tersebut.

Seragam SD dengan warna baju Putih dan Bawahan Merah (Berenergi dan Penuh Hasrat)

Seragam SD dengan warna baju Putih dan Celana Merah (Berenergi dan Penuh Hasrat)
Seragam SD dengan warna baju Putih dan Celana Merah (Berenergi dan Penuh Hasrat)

Pada umumnya, warna seragam SD itu atasan putih bawahannya merah. Ternyata ada artinya loh, seperti yang kita tahu, merah memang identik dengan berani, namun di sini lebih menyorot kepada energi dan hasrat sedangkan putih itu wara dasar ksucian atau di sini lebih dimaknai ketulusan dalam mencari Ilmu.

Harapnya adalah anak-anak SD yang baru saja mencicipi bangku sekolah, dapat memiliki hasrat dan antusiaisme dalam belajar dengan benar dan warna merah yang digunakan diharapkan dapat mendorong semangat dan energi si anak terebut, agar tetap bersemangat untuk belajar di sekolah.

Seragam SMP dengan warna baju Putih dan Bawahan Biru (Berkomunikasi dan Percaya Diri)

Seragam SMP dengan warna baju Putih dan Celana Biru (Berkomunikasi karena Percaya Diri)
Seragam SMP dengan warna baju Putih dan Celana Biru (Berkomunikasi karena Percaya Diri)

Kalau SD bawahannya merah, nah sedangakan untuk SMP yaitu dengan bawahan biru. Mengapa harus biru? Dan warna biru yang digunakan biru tua? Seperti yang kita tahu, bahwa warna biru itu melambangkan komunikasi dan kepercayaan.

maksudnya yaitu siswa-siswi yang menginjak remaja ini dituntut untuk dapat berinteraksi dengan baik dengan lingkungan sekitarnya, baik itu teman-temannya dan guru-guru. Harapanya yaitu dapat membangun relasi yang baik dengan lingkungannya. Tentu untuk dapat berkomunikasi dengan baik, seseorang harus dapat memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan itu di tuangkan dalam pakaian seragam yang digunakan.

Seragam SMA dengan warna baju Putih dan Bawahan Abu-abu (symbol kedewasa dan dan ketenang)

Seragam SMA dengan warna baju Putih dan Celana Biru (symbol kedewasa dan dan ketenang)
Seragam SMA dengan warna baju Putih dan Bawahan Abu-abu (symbol kedewasa dan dan ketenang)

Zaman kita masih SMP dulu tentu kita merasa ingin sekali segera mengunakan seragam ini, Yupzz Putih abu-abu. Seragam impian dari semua pelajar SD dan SMP. Warna abu-abu di sini maknanya yaitu kedewasaan dan ketenangan seseorang.

Karena siswa SMA akan menginjak pada kedewasaan dalam berbagai sisi, baik itu kedewasaan dalam bertindak, berpikir, dan berkata. Nah Warna abu-abu pada bawahan terebut dimaksudkan untuk membantu siswa dalam mencapai kedewasaannya tersebut. Selain itu, warna abu-abu juga perwujudan dari ketenangan. Tujuannya ialah agar seseorang yang akan menginjak dewasa dapat berkonsentrasi dalam belajar, ketenagan berpikir dan kedewasaan bertindak. Selain itu warna abu-abu juga warna yang kalem.

Sebenarnya ada banyak warna seragam di dunia pendidikan kita ini, namun untuk sekolah-sekolah yang memakai warna lain seperti sekolah swasta, tentunya memiliki tujuannya sendiri. Dan rata-rata sekolah swasta punya kekhasan masing-masing dalam penerapan seragam peserta didiknya. Perlu kalian tahu juga warna warna tersebut hanya klasifikasi pendidikan yang tentu bukan hal yang wajib. Karena sesunguhnya yang terpenting bukanlah warna, namun semangat untuk tetap terus ingin belajarlah yang paling utama. [aL/dari berbagai sumber]

Sumber Referensi :

cewekbanget.id

ayokepo.blogspot.co.id

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.