Makna Penundukan Dalam Hubungan Manusia Dengan Alam

0 74

Hubungan filsafat pendidikan Islam yang diharapkan untuk dibangun antara manusia dengan alam adalah hubungan penundukan. Ia diambil dari hubungan manusia dengan Allah –hubungan ibadah- yakni aplikasi aspek alam terhadap ibadah. Ia merupakan salah satu sebab lepasnya yang pertama dari makna ibadah. Yakni kesempurnaan cinta yang menyebabkan ketaatan kepada Allah dengan ketaatan yang sempurna.

Pengertian Penundukan

Penundukan secara bahasa berarti berbuat dan mengabdi secara sukarela. Adapun secara terminologis adalah bahwa Allah memberikan kemampuan kepada manusia untuk menggunakan fenomena alam dalam aplikasi praktis yang bermanfaat untuk manusia dalam berbagai bidang kehidupannya tanpa harga yang diberikan kepada Allah. Akan tetapi alam tidak mengabdi kepada manusia secara cuma-cuma. Kecuali jika manusia memahami bagaimana mengarahkan perintah-perintah kepada fenomena alam dan komponennya.

Orientasi perintah adalah mengetahui hukum-hukum yang mengatur komponen-komponen ini. Allah menciptakan alam ini sebagai pengabdi yang taat kepada manusia, akan tetapi Allah meminta kepada alam untuk tidak taat kepada manusia kecuali jika menyerunya dengan cara tertentu, dan jika menyerunya dengan yang selain cara ini maka alam tidak akan menjawabnya, berpaling darinya dan diam di hadapan manusia. Oleh karena itu orang yang tidak memanfaatkan kemampuan-kemampuan alam di sekitarnya adalah manusia yang bodoh terhadap panggilan yang melaluinya alam menjawab.

Menemukan Hukum-Hukum Alam dan Penggunaannya

Panggilan ini adalah menemukan hukum-hukum alam dan penggunaannya. Seperti halnya kunci gembok yang tidak mau terbuka dengan yang bukan kuncinya, maka alam juga tidak akan menjawab dengan yang bukan hukumnya. Contohnya adalah mobil yang tidak akan bergerak kecuali dengan orang yang mengetahui hukum mengemudikannya, bahkan semua alat tidak akan berfungsi bagi manusia yang tidak mengerti hukum memakai dan menggerakannya.

Tanaman dan pepohonan juga akan menambah penghasilannya dengan mengetahui hukum menanamnya. Hewan akan semakin banyak menghasilkan dengan mengetahui hukum menjinakkannya. Demikian juga halnya dengan semua unsur alam yang tidak akan terbuka rahasia-rahasianya dan tidak akan memberikan buah penggunaannya kecuali bagi orang yang memahami hukum-hukumnya.

Penundukan semakin meningkat dengan meningkatnya pengetahuan terhadap hukum-hukum Allah dalam ciptaan-Nya. Ilmu, penundukan dan hukum adalah hal-hal yang terkait satu sama lain. Hukum adalah sarana yang Allah ciptakan untuk memberikan perintah kepada alam. Ilmu adalah mengetahui hukum ini, dan penundukan adalah hasil dari pengetahuan ini.

Oleh: Dr. Majid Irsani Al Kailani

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.