Inspirasi Tanpa Batas

Manfaat Alang-Alang untuk Kesehatan Tubuh

Alang alang
0 195

Alang-alang dalam bahasa Sunda, sering disebut dengan kata eurih. Dalam bahasa Latin dikenal dengan nama Imperata cylindrica L. Tanaman ini merupakan tanaman dikotil dengan daun yang meruncing. Akar alang-alang bersipat serabut. Tanaman ini digunakan sebagai penahan erosi, dan makanan hewan ternak. Tetapi di sebagian Indonesia Timur serta kepulauan lain di Pasifik, tumbuhan ini sering digunakan sebagai atap rumah.

Alang-alang untuk masyarakat kampung, sering juga digunakan sebagai alat untuk mencuci piring. Alasan kenapa masyarakat menggunakan alang-alang sebagai alat pencuci yaitu untuk menjaga kesehatan dan upaya untuk menghindarkan bakteri yang menempel pada piring. Selain itu, tanaman ini ternyata bermanfaat bagi kesehatan manusia karena setelah diteliti pada ahli farmakologi, tanaman ini mengandung zat kimia yang terdapat dan didalamnya. Dalam soal yang terakhir ini, banyak masyarakat tidak tahu akan manfaatnya. Yang diketahui banyak orang, tumbuhan ini sering dianggap tanaman yang dapat mengganggu tanaman lain yang ada di sekitarnya seperti padi  atau tanaman lain yang dipandang produktif.

Di kalangan para farmakologi, digunakan sebagai alat  untuk melakukan praktikum khususnya bagi anak-anak yang mengambil jurusan pendidikan Biologi. Tumbuhan ini dimanfaatkan pula dalam dunia kesehatan, karena dalam bagian utama tumbuhan ini dapat dimanfaatkan akarnya, daun dan bunga nya karena pada bagian tersebut terdapat kandungan kimia seperti asam sitrat, asam malic, glukosa, aurodin, fernerol, simiarenol, saponin, alkali, polifenol, esin dan juga silindrin.

Manfaat Lain 

Manfaat alang-alang dalam dunia kesehatan sangat beragam seperti untuk melancarkan buang air kecil, mengatasi kencing batu, mengobati hipertensi, obat untuk radang paru-paru, mengobati penyakit asma dan mengobati penyakit keputihan yang sering dialami perempuan. Dalam kasus tertentu, inti dari tumbuhan ini juga dapat dimanfaatkan untuk penyakit thipus. Manfaat lainnya, bagi kesehatan adalah untuk mengobati penyakit hipertensi atau darah tinggi. Penyakit tersebut di akibatkan oleh stres sehingga akan terjadi endapan lemak dan juga kolesterol sehingga akan menghambat aliran darah.

Cara yang digunakan cukup dengan mengambil akar-akarnya kurang lebih dari 200 akar  kemudian direbus dengan dua gelas air, kemudian ditunggu sampai menjadi setengah dari air yang dimasukkan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan setiap dua kali sehari, dengan secara rutin mengonsumsinya insyaallh akan mendapatkan kesembuhan. Jangan lupa berdoa kepada Sang Maha Penyembuh. Jaga selalu kesehatan, karena modal utama hidup adalah sehat.  Mudah-mudahan Allah selalu memberikan kesehatan diiringi dengan ibadah kepada-Nya. Aamiin.

Paridah Jakiyah

Komentar
Memuat...