Inspirasi Tanpa Batas

Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan

0 57

Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan

Paridah Jakiyah

Bawang merah dalam bahasa ilmiah disebut Allium cepa L. Jenis tanaman yang sering digunakan sebagai bumbu masakan bagi masyarakat, tidak hanya bagi masyarakat Asia Tenggara, tetapi juga bahkan masyarakat dunia. Di kalangan masyarakat Sunda, bawang merah sering disebut dengan nama “bawang beurueum”, orang Jawa menyebutnya  dengan nama “brambang”. Tanaman ini merupakan tanaman semusim yang ketika dilihat seperti rumput karena mempunyai batang yang pendek dan berakar serabut. Daunnya berwarna hijau muda sampai tua, berbentuk seperti pipa serta berlubang dan ketika diamati bagian ujung, bawang merah memiliki daun yang meruncing.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi termasuk dunia industri yang semakin pesat, akhirnya memaksa untuk mengamati atau mengobservasi berbagai macam tanaman yang berfungsi bagi kesehatan manusia termasuk terhadap bawang merah. Hasil riset para ahli ternyata ditemukan jika bawang merah mempunyai manfaat yang sangat beragam, selain digunakan sebagai bumbu wajib dalam masakan, bawang merah ini bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Sebagaimana pengalaman yang sering disaksikan oleh penulis, bawang merah sering digunakan oleh orang tua untuk mereka yang masuk angin melalui upaya “ngerok“, atau lebih populernya digunakan untuk membuang angin yang ada dalam tubuh karena masuk angin khususnya anak kecil. Biasanya, untuk membuang angin dari dalam tubuh orang dewasa, menggunakan koin atau semacam nya, akan tetapi karena kulit anak kecil masih sangat rawan jadi orang tua sering menyarankan dengan membalur tubuh oleh bawang merah yang sudah diparut. Selain itu, bawang merah pun sering digunakan untuk mengurangi hidung yang mampet berat apabila terkena flu.

Selain yang telah penulis paparkan, para peneliti dan para ilmuan yang tak pernah lelah untuk menggali ilmu pengetahuan, telah menemukan khasiat bawang merah bagi kesehatan yang sangat bervariatif. Diantaranya sebagai obat sakit telinga, kanker, kuman di mulut, jerawat, dapat mengaktifkan gerakan lambung, mampu mengatasi pembekuan darah karena kandungan kalium didalamnya, dapat mengurangi diabetes dan dapat mengobati wasir.

Ketika akan menggunakan bawang sebagai pembuang angin dalam tubuh, cara yang dilakukan cukup dengan mengupas bawang tersebut dari kulitnya, dipotong ujungnya dan diberi sedikit minyak goreng. Yang lebih baik tentu minyak kelapa asli. Setelah itu, kemudian digosokan ke bagian punggung, begitupun untuk mengurangi mampet pada hidung cukup mengupasnya, kemudian bawang tersebut dibagi menjadi dua bagian dan di dekatkan pada hidung. Insya Allah akan mengurangi berat hidung yang terasa.

Mudah-mudahan bermanfaat dan kita semua selalu ada dalam lindungan Allah SWT. Aamiin.

Komentar
Memuat...