Take a fresh look at your lifestyle.

Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

0 55

Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan. Dalam bahasa Latin, Bawang Putih sering disebut dengan nama Allium sativum L. Di Indonesia nama bawang ini memiliki perbedaan penyebutan antara satu daerah dengan daerah lain. Bagi orang Aceh, bawang ini disebut dengan Lasun, di Minangkabu disebut dengan Dasun, orang Batak menyebutnya disebut dengan Lasuna, orang sunda menyebutnya Bawang Bodas. Nama bawang putih sebenarnya hampir sama seperti bawang merah karena memang bagian utama yang dimanfaatkan dari kedua bawang ini sama, yaitu bagian umbi. Tanaman ini merupakan tanaman herba annual yang sering digunakan masyarakat sebagai bumbu dapur penyedap masakan. Hampir tidak ada masakan yang dibuat masyarakat tanpa memberi aroma khas bawang.

Bawang putih selain digunakan sebagai bumbu masakan dapur dan sebagai obat, orang kampung sering menggunakan sebagai bahan dunia mistis yaitu untuk mengusir makhluk gaib. Umum diketahui, orang yang sudah melahirkan dan orang yang mempunyai bayi, selalu disarankan oleh orang tua mereka untuk membawa bawang putih kemanapun mereka pergi. pada umumnya masyarakat mepercayai bahwa ibu yang baru melahirkan masih tercium bau anyir dari darahnya.

Bawang putih ini sudah tidak asing lagi digunakan sebagai obat. sejak dahulu, yakni diperkirakan sejak 3000 tahun yang silam, bawang putih sering digunakan dalam pengobatan Cina, dan sekitar 5000 tahun silam tanaman ini sering digunakan sebagai kepentingan medis.

Salah satu manfaat bawang putih yaitu sebagai obat untuk mencegah hipertensi, di mana penyakit ini merupakan penyakit yang sering dialami oleh masyarakat dan hampir sekitar 7,1 juta orang atau sekitar 13% dari total kematian manusia diakibatkan karena darah tinggi. Kandungan senyawa allicin yang terdapat di dalam bawah putih, selain digunakan sebagai obat hipertensi, digunakan pula untuk penurunan level kolesterol, menurunkan berat badan, mengencerkan darah, zat anti kanker, antioksidan, zat antimikroba/bakteri. Karena tanaman tersebut bisa digunakan sebagai anti mikroba/bakteri sehingga manfaat nya pun sangat bervariasi termasuk kedalam perawatan tubuh dan wajah. Bawang putih dapat digunakan untuk menghilangkan bau badan, menghilangkan jerawat, membersihkan komedo, dan menghilangkan noda bekas luka.

Cara Mengoptimalkan Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

Ketika akan menggunakan bawang putih untuk kecantikan kulit, cukup dengan megoleskan secara langsung pada bagian noda bekas luka, atau dengan cara menghaluskan satu siwung lalu dioleskan pada bagian komedo dan jerawat, lama kelamaan jerawat akan mengempis. Jika ingin digunakan sebagai obat, maka, cukup bawang putih itu di makan, setengah sihung atau sihung. Lakukan secara teratur dan terus menerus. Mudah-mudahan apa yang kita lakukan selalu ada dalam keridhaan-Nya. Aamiin.***Paridah Zakiyah

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar