Manfaat dan Kahsiat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan

0 111

Lyceum Health. Mengkudu dengan nama latin Morinda citrifolia L. Adalah tanaman yang sudah tidak sing lagi dimasyarakat, tanaman ini mempunyai ciri khas pada bagian buahnya yang seperti buruk rupa. Mengkudu dapat ditemukan dibeberapa daerah akan tetapi penyebutan namanya yang berbeda. Orang Sunda menyebutnya Cengkudu. Sumatera menyebutnya eodu, mengkudu, bengkudu. Jawa menyebutnya  kudu, cengkudu, kemudu, pace. Nusa Tenggara terkenal dengan sebutan wangkudu, manakudu, bakulu. Dan orang Kalimantan menyebutnya mangkudu, wangkudu, labanan.

Secara mrfologi, tanaman ini berupa semak atau pohon yang tingginya dapat mencapai kurang lebih 10 cm. Kulit batang nya berwarna keabu-abuan atau cokelat kekuningan. Daun nya tunggal, berbentuk jorong melanset, mengilap. Perbungaan bongkol gundul. Bunga nya berwrna putih, buahnya lonjong berwarna hijau kputihan dengan bau yang kurang sedap ketika masak, sehingga sering disebut bus uk. Berbiji banyak berwarna hitam kecokelatan.

Bagian yang dimanfaatkan dari mengkudu ini yaitu bagian buahnya. Karena dalam buah tersebut terdapat beberapa kandungan yaitu  acubin, L. asperuloside, alizarin, dan beberapa zat antraquinon, asam askorbat, scopoletin, xeronine, dan proxeronin.

Beberapa kandungan yang terdapat dalam buah tersebut mempunyai mafaat yang sangat bervariatif dalam dunia kesehatan yaitu untuk mengobati batuk, tekanan darah tinggi, merdakan nyeri haid atau gejala nipas, mencegah kanker, mengatasi kulit bersisik, dan menyehatkan tulang.

Cara Membuat Obat Dari Mengkudu :

  1. Obat flu dan batuk: caranya yaitu dengan merebus satu buah mengkudu dan satu ruas kencur dengan dua gelas air sampai mendidih hingga tersisa airnya satu gelas. Setelah itu, dilakukan penyaringan, dan kemudian diminum dua kali dalam satu hari.
  2. Darah tinggi atau hipertensi : ambil mengkudu masak, kemudian ditambahkan air dan dilakukan penyaringan untuk diambil sarinya setelah itu ditambahkan satu sendok madu diaduk hingga rata. Lalu di minum setiap dua kali dalam sehari.
  3. Menyembuhkan sakit perut: caranya yaitu dengan mengambil 2-3 helaian daun mengkudu kemudian dicuci sampai beresih, di tumbuk halus, ditambahkan garam kemudian diseduh dengan air panas. Setelah dingin, airnya disaring dan kemdian diminum.
  4. Demam, masuk angin, dan influenza: sediakan satu buah mengkudu dan satu rimpang kencur, kedua bahan tersebut direbus dengan dua gelas air biarkan mendidih samapai tersisa hanya satu gelas. Biarkan dingin, seteleah dingin kemudian airnya disaring dan diminum dua kali dalam sehari pada pagi dan sore hari.
  5. Mengatasi kulit bersisik: cukup dilakukan dengan cara mengambil buah mengkudu kemudain digosokkan pada bagian ku;it yang bersisik amapai merata, biarkan selama kurang lebih 5-10 menit, dibersihkan dengan kain bersih yang diabasahi dengan air hangat.

Mengkudu ini sudah banyak ditemukan dalam racikan-racikan yang sudah siap konsumsi. Semoga bermanfaat, jaga selalu kesehatan.[Paridah Zakiyah]

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.