Take a fresh look at your lifestyle.

Manfaat Kencur bagi Kesehatan

0 47

Konten Sponsor

Manfaat Kencur bagi Kesehatan, Kata Kencur dalam bahasa Latin  disebut dengan Kaempferia galanga L. Di Filifina disebut dengan kata Dusol dan shan nai dalam bahasa Cina. Di Indonesia, nama tumbuhan ini berbeda penyebutannya antara satu daerah dengan daerah lain.

Di Aceh, cikur disebut dengan kata ceuku, di Minangkabau disebut dengan cakue, di Lampung disebut dengan Cokur. Dalam bahasa Indonesia umum dikenal dengan sebutan Kencur serapan dari bahasa Jawa dan cikur dalam bahasa Sunda.

Di Manado disebutnya dengan Bbatako, kencor untuk Madura, ukap untuk masyarakat Irian Jaya. Lepas dari berbagai penyebutan dari kata Cikur dimaksud, yang pasti bahwa tumbuhan ini sudah tidak lagi asing bagi masyrakat banyak, termasuk tentu bagi masyarakat Indonesia.

Manfaat Tumbuhan Kencur

Tumbuhan ini merupkan tumbuhan yang hidup dan berkembang khususnya di daera-daerah yang gembur tanah nya. Kencur ini sama seperti tumbuhan kunyit termasuk kedalam jahe-jahean yang ditanam dengan bantuan manusia. Ia tidak bisa tumbuh dengan sendirinya, bahkan dalam kasus tertentu, membutuhkan layanan khusus yang cukup serius untuk menumbuhkannya.

Penulis sendiri menyaksikan sejak kecil, bagaimana masyarakat menanam pohon ini, baik di tanam di tanah terbuka dan bahkan dapat pula ditanam dalam bentuk pot. Kencur ini mempunyai daun berwarna hijau, dengan ubi yang berwana cokelat dan mempunyai aroma yang wangi.

Masyrakat sering menggunakan kencur sebagai bahan masakan, pemberi rasa dan pemberi aroma. Selain digunakan sebagai bahan masakan, kencur ini pun digunakan sebagai  kesehatan seperti orang yang keseleo, terpeleset atau terbentur tembok. Masyarakat sering menggunakan kencur tersebut untuk mengurangi bengkak yang tejadi.

Untuk menggunakanya, cukup dengan menumbuk kencur tersebut dengan beras dan di beri air sedikit, setelah kencur dan beras tersebut lembut bisa langsung di oleskan pada bagian tubuh yang bengkak.

Di kampung halaman penulis dahulu, hal yang dilakukan oleh orang tua kepada anaknya yang keseleo atau terbentur cukup mengunyah kencur dan beras tersebut karena khasiat dari orang tua itu lebih manjur.

Setelah dioleskan kencur dan beras tersebut pada bagian yang terluka akan mudah mengurangi bengkak dan lama kelamaan akan mengempis dan akhirnya bisa sembuh.

Selain manfaat bagi kesehatan yang telah dipaparkan di atas, penulis akan memaparkan beberapa manfaat kencur diantaranya yaitu sebagai obat batuk, obat kencing batu, mengobati perut mulas, obat penyakit diare, obat radang lambung, mengobati penyakit influenza, untuk obat masuk angin, dan obat sakit kepala.

Gunakan kencur sebagai pereda rasa sakit. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, jaga selalu kesehatan dan berhati-hati lah dalam beraktivitas. Selamat mencoba!