Manfaat Pohon Nampong bagi Kesehatan

0 231

Manfaat Pohon Nampong bagi Kesehatan. Pohon Nampong yang dalam bahasa Latin disebut dengan Siegesbeckia orientalis, ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Pohon Nampong, sering ditemukan tumbuh dan berkembang di sekitar tanaman lain, meski tidak pernah secara langsung ditanam manusia untuk kepentingan tertentu, seperti tanaman jagung, pisang, bunga mawar atau tumbuhan lain.

Pohon ini selalu tumbuh secara tiba-tiba di sekitar rumah, di sekitar kebun dan bahkan di sekitar pematang sawah. Pohon ini, sekali lagi tumbuh dengan sendirinya tanpa bantuan manusia.

Di kampung penulis, jika ada yang tergores oleh pisau atau golok, atau terkena luka karena karena jatuh yang menyebabkan keluarnya darah, langkah pertama yang dilakukan adalah mencari daun Nampong. Beberapa saat setelah daun itu dikunyah lalu ditempelkan ke bagian tubuh yang luka, maka, beberapa saat kemudian, darah itu terhenti. Beberapa hari kemudian, lukapun menjadi sembuh.

Cara Memanfaatkan Pohon Nampong untuk Obat

Perilaku masyarakat kampung yang demikian, dilakukan secara habit, meski sedikit orang yang mengetahui manfaat teoretik terhadap tumbuhan ini. Padahal, setelah penulis melenliti secara ilmiah atas tanaman nampong ini, manfaatnya ternyata cukup banyak. Manfaat tanaman tersebut salah satunya bisa menjadi penyembuh luka untuk memberhentikan darah yang mengalir, akibat jatuh terpelest, terkena goresan pisau, atau yang lain yang bisa membuat luka dibagian tubuh manusia atau binatang.

Selain tanaman tersebut dapat menyembuhkan luka, ia juga bermanfaat sebagai obat penyakit kurap (jamur kulit). Di negara maju seperti Inggris, pohon ini, sudah sejak lama digunakan sebagai obat Malaria (sakit yang timbul karena nyamuk), obat reumatik di sendi, obat karena digigit ular. Di negeri Bambu (China), pohon ini juga sering digunakan sebagai obat ginjal selain sebagai obat reumatik. Di Indonesia, pada umumnya, selain sebagai obat penghenti darah karena mengandung antibiotik, tumbuhan ini juga sering digunakan sebagai obat sifilis dan berbagai penyakit kulit lainnya.

Dengan demikian, penulis melihat bahwa sulit dipungkiri jika tanaman ini sangat banyak manfaatnya. Secara tradisional pohon ini sudah ditemukan beberapa abad yang lalu sebagai obat dan nenek moyang kita sudah menggunakannya. Gunakanlah tanaman tersebut sebagai pertolongan pertama. Selebihnya mari kita budayakan hidup sehat.

Oleh : Paridah Jakiyah

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Komentar
Memuat...