Take a fresh look at your lifestyle.

Manfaat Tanaman Seledri Dalam Dunia Kesehatan

0 197

Tanaman seledri mempunyai nama latin yaitu Apium graviolens L. merupakan tanaman tumbuhan yang sudah tidak asing lagi bagi mereka yang hobi makan bakso. Mengapa demikian? Karena tanaman ini merupakan salah satu pengharum dan pembawa rasa dalam kuliner. Secara morfologi, tanaman ini merupakan tanaman herba yang mempunyai batang beruas, bercabang, tegak, serta mempunyai warna hijau.

Daun seledri berbentuk majemuk, daun yang masih muda melebar dari dari dasar nya dan mempunyai warna hijau mengilap. Tanaman ini mempunyai bunga, dan termasuk kedalam bunga tunggal, tangkainya terlihat jelas,sisi bagian kelopaknya tidak terlihat, daun bunga nya berwarna putih kehijauan atau merah jambu pucat dengan bagian ujung yang bengkok.

Tanaman ini merupakan salah satu tanaman yang mudah ditanam, dalam pot atau kaleng yang sudah tidak digunakan lagi bisa langsung ditanami saledri, cara merwatnyapun sangat mudah yaitu dengan menyiramnya setip pagi dan sore hari, penulis mengathuinya karena ibu penulis pernah menanam di rumah nya..

Penulis telah menyinggung nya tadi terkait dengan tanaman saledri yang bermanfaat dalam dunia kuliner, ternyata tidak hanya dalam dunia kuliner, tanaman ini bermanfaat juga dalam dunia kesehatan. Adapun bagian-bagian yang dimanfaatkan nya yaitu seluruh bagian tanaman, dari mulai daun, batang, bunga dan akarnya. Seluruh herba tanaman saledri memiliki kandungan diantaranya yaitu glikosida apiin, isoquersetin, dan umbeliferon.

Selain itu, saledri mengandung mannite, inosite, asparagine, glutamine, choline, linamarose, pro vitamin A, C dan B. Adapun penyakit yang dapat disembuhkan oleh tanaman saledri tersebut diantaranya, masuk angin, mual, diare, tekanan darah tinggi, vertigo, rematik,asam urat, alergi dan batuk.

Cara-cara yang bisa dilakukan dalam mengobati penyakit-penyakit tersebut yaitu:

  1. Obat batuk. Caranya dengan mengambil daun saledri yang masih segar dan masih utuh kemudian dipotong-potong, setelah dipotong-potong rebus dengan air sebanyak 3 gelas sampai rbusan tersebut mendidih. Setelah dingin, saring dan campurkan dengan madu secukupnya kemudia diminum du kali sehari pada pagi dan petang.
  2. Obat rematik. Caranya sangat mudah yaitu dengan mengambil satu tangkai daun saledri yang masih segar, cuci sampai bersih kemudia bisa langsung disantap dengan makanan digunakan sebagai lalapan saat makan. Lakukan setiap hari, dan jadikan rutinitas.
  3. Mengurangi tekanan darah. Ambil daun saledri yang masih segar lengkap dengan batang dan akarnya kemudian di rebus dengan satu gels air. Setelah dingin, diminum sebanyak dua kali dalam sehari pagi dan sore hari.

Semoga apa yang kita lakukan bisa bermanfaat bagi umat. Selamat mencoba!!!

Jangan lupa, jaga kesehatan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar