Take a fresh look at your lifestyle.

Manfaat Tanaman Ciplukan dan Nilai Ekonominya

1 159

Manfaat Tanaman Ciplukan dan Nilai Ekonominya

Manfaat Tanaman Ciplukan dan Nilai Ekonominya; Pernahkah melihat tanaman ini di sekitar rumahmu? Iya, ini adalah salah satu tanaman yang kadang diabaikan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Namun siapa yang menyangka tanaman yang nama latinya Physalis Angulata, dan orang sunda menyebutnya cecendet ini memiliki banyak hasiat.

Manfaat Ciplukan bagi kesehatan

Selain trend sebagai obat cacing pada jaman dahulu, dengan seiring kemajuan teknologi dan beralihnya cara pengobatan yang lebih alamiah ciplukan memiliki khasiat yang luar biasa. Hampir seluruh bagian ciplukan dapat dimanfaatkan sebagi obat. Diantaranya sebagai berikut :

  1. Buah ciplukan yang mengandung hampir 25% Protein, Vitamin C, minyak lemak Paimitat dan minyak lemak stearate dapat mengobati sakit tenggorokan, sariawan dan gusi berdarah. Namun sebagian orang menyebut buah ciplukan juga dapat mengobati penyakit ayan (epilepsy).
  2. Daun ciplukan mengandung luteolin, dapat mengobati penyakit Bisul, Borok, dan mengeringkan luka.
    Batang Ciplukan mengandung Saponin dan fisalin Complite ( Fisalin A, Fisalin B, Fisalin D) dapat mengobati diabetes militus (Penyakit Gula)
  3. Akar ciplukan yang kaya akan alkaloid, dapat digunakan sebagai obat kencing manis, mengeluarkan racun pada ginjal, dan mengobati kencing batu.

Tidak hanya itu, khasiat ciplukan juga dapat dijadikan sebagi jamu penambah nafsu makan, mempercepat penyembuhan, atau sebagi obat alternative jika badan letih dan capek.

Ciplukan dalam hitungan ekonomi

Jangan heran jika kita jalan-jalan ke super Market atau anda bertemu dengan penjual buah yang membandrol harga ciplukan Rp. 500.000 per 1 Kg. Luar bisakan harganya? Tanaman ini memang jarang dibudidayakan, karena tumbuhnya di pekarangan atau di semak belukar, lahan-lahan kosong yang tidak terawat dan tumbuh tanpa seangaja kita tanam. Namun jika kita lebih jeli dan memnfaatkan peluang ekonomi bukan tidak mungkin membudidayakan ciplukan menjadi nilai tambah ekonomi kita. Dengan harganya luar biasa kini cara membududayakan ciplukan mulai digeluti para penyedia obat hebal.
Memang wajar jika harganya luarbiasa, manfat dan khasiatnya juga luarbiasa, ciplukan si buah kecil yang terlantar kini menjadi Raja diantara sederet buah mahal di Pasaran. Membantu alternative bercocok tanam bagi para petani dengan nilai jual yang tinggi. | Ali Alamsyah.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

  1. AHMAD KHUMAENI berkata

    tumbuhan alami banyak manfaatnya seperti ciplukan untuk mengobati berbagai penyakit yitu kencing manis, sariawan, dan sakit rdang tenggorokan. di tempat tinggalsaya banyak di tumbuhi tanaman alami. ciplukan dapat menambah nafsu makan untukbalita yang susah makan.