Mar’ie Muhammad (Mr. Clean) Meninggal Dunia

0 14

Mar’ie Muhammad Meninggal Dunia. Di Pertengahan tahun 1993-an, Sekretariat Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Cirebon, di Jalan Samadikun 55, dipenuhi sejumlah pejabat negara baik sipil maupun militer, birokrat nasional dan juga lokal. Siang itu, sekitar pukul 13.00 seorang Alumni HMI yang kebetulan dipercayai Presiden Soeharto menjadi Diejend Pajak Kementerian Keuangan, yakni Mar’i Muhammad, akan datang menemui adik-adiknya di sekretariat dimaksud. Ia menumpangi bus  melintasi seluruh daerah di Pulau Jawa.

Begitu datang, ia disambut lagu Indonesia raya dan Hymne HMI. Ia kemudian bertemu dengan seluruh pengurus harian dan anggota serta alumni HMI di sekretariat dimaksud. Jubelan kaos dan jas warna kuning dalam gulungan karung tersedia dan dia bawa ke tempat itu. Begitu antusias pertemuan yang berlangsung di hari itu, meski, sambangan beliau di Sekretariat dimaksud, tidak lebih dari 45 menit.

Mr. Clean Itulah Gelar Terbaiknya

Mantan Dirjend Pajak yang kemudian diangkat menjadi Menteri Keuangan RI itu, mengawali kalimat diskusinya di sekretariat dimaksud dengan menyatakan bahwa dalam beberapa tahun ke depan, Pulau jawa akan hilang. Pulau ini akan segera berganti menjadi Kota Jawa. Dengan landai ia menyampaikan narasi perubahan wajah dari pula menjadi Kota, disampaikannnya dalam tahapan-tahapan Pembangunan Orde Baru yang kemudian dia namakan dengan Pelita berjenjang dan berkesinambungan.

Persoalan ke dua yang dia sampaikan dalam pertemuan dimaksud, adalah soal pembangunan birokrasi yang sehat. Ia menyebut bahwa pembangunan Indonesia sebagaimana dipaparkan dalam narasi di atas, hanya akan tercapai jika pemerintahan terlaksana dengan prinsip good governance (pemerintahan yang baik) yang berdampak secara langsung terhadap rendahnya budaya korupsi. Ia sadar, saat di mana menjadi Menteri, budaya korupsi sedang sangat marak di Republik Indonesia. Gudang-gudang korupsi dimaksud, tentu yang paling banyak terasa, ya dikementerian yang dia pimpin.

Dalam narasi itu, Ia menjelaskan Corrupt is abuse of power (korupsi adalah penyalahgunaan kekuasaan). Karena itu, ia berharap kepada seluruh kader HMI agar bersih diri dan bersih organisasi menjadi budaya organisasi. HMI dipandangnya akan menjadi pilar penting akan terlaksananya budaya birokrasi yang sehat, jika, di institusi HMI itu sendiri  sudah menunjukkan wataknya yang sehat pula.

Mar’ie Muhammad, kini Meninggal Dunia

Budaya bersih itu, telah menjiwai dirinya. Yusril Ihza Mahendra adalah salah satu saksinya. Suatu malam, Yusril dengan sejumlah alumni HMI berkumpul di rumah dinas Mar’ie Muhammad. Pertemuan itu berlangsung sampai pukul 23.00. Ketika para alumni HMI itu berangsur pulang dan sedang memasangkan sepatu mereka, tiba-tiba Mar’i mematikan listrik. Yusril balik lagi dan bertanya, eeh mengapa listrik dimatikan? Apa tidak cukup gajih Menteri yang 15 juta membayar listrik. Dengan senyum khas,  ia mengatakan, listrik ini  dibiayai negara. Yusril hanya menggelengkan kepala lalu mereka pergi.

Hari ini, 11 Desember 2016, Mr. Clean ini meninggal dunia di rumah sakit otak Jakarta. Sosok yang menjadi ketua Umum Masyarakat Transparansi Indonesia dan ketua Umum Palang Merah Indonesia dua periode itu, meninggal.  Selamat jalan Mr. Clean … Semoga Allah berkenan menempatkan jiwa dan segenap kebaikanmu di sisi Tuhan yang Maha Perkasa. Lyceum Indonesia

Komentar
Memuat...