Masa Jaya Robot Akan Segera Tiba

0 5

Komputer membuat segalanya mudah. Namun, kemudahan tersebut tidak berarti mengganti peran manusia. Setidaknya sampai 20 Tahun ke depan. Lalu bagaimana dengan robot?

Drone saat ini mampu membawa belanjaan dari Amazon, vending machine menerima pesanan McDonalds dan pasar saham berjalan hanya dari algoritma. Contoh tersebut memperlihatkan keterlibatan mesin dan robot ke dalam dunia pekerjaan. Apakah peran manusia akan terusir olehnya?

Peneliti dari Institut fur Arbeitsmarkt und Berufsforschung (IAB). Mereka telah meneliti mengenai sebarapa banyak pekerjaan yang dapat dilakukan oleh komputer. Hingga sekarang, hanya perkiraan mengerikan dari Amerika yang menjadi patokan. Yang mengatakan, lebih dari setengah pekerjaan akan diambil alih oleh mesin dalam kurun waktu dua dekade mendatang.

Pasar kerja tergantung budaya. Negara dengan tenaga kerja berkualitas tinggi tidak harus lulusan universitas, sebab ada pula pekerjaan yang tidak membutuhkan pelatihan profesional, hanya integrasi singkat saja untuk mengenal pekerjaannya.

Lowongan Industri Terancam

Lowongan Industri Terancam
Lowongan Industri Terancam

Pekerjaan sederhana biasanya masih dapat dikerjakan oleh buruh. Jenis inilah yang menjadi korban pertama dari mesin yang dapat menyebabkan Lowongan Industri Terancam. Bila anda perhatikan, transformasi ini sudah mulai terjadi di rutinitas harian anda: Vending Machine di McDonalds menerima pesanan, kasir otomatis di IKEA menggantikan staff bagian kasir, dan robot di pabrik mobil sudah ada selama beberapa dekade.

Kondisi ini membuat peneliti dari IAB mencoba mencari potensi pekerjaan yang dapat digantikan dari semua profesi. Hal ini mencakup bagian dari profesi yang dapat digantikan oleh komputer, setidaknya secara teori.

Kesimpulan yang paling penting, profesi tidak dapat digantikan seluruhnya oleh komputer. Hanya sekitar 130ribu manusia dapat digantikan perannya secara menyeluruh oleh komputer. Angka tersebut tergolong kecil bila dibandingkan dengan jumlah keseluruhan tenaga kerja di dalam suatu negara.

Akan tetapi hampir 12 juta orang saat ini mengerjakan tugas yang setengahnya dapat diselesaikan oleh komputer. Pekerjaan paling terancam berada pada pabrik. Sebab, semua pekerjaan yang melibatkan proses bahan baku membutuhkan repetisi yang dapat ditanganin secara mekanin. Contohnya, pabrik yang memproduksi kayu, gelas, perabotan, dan pabrik besi. Setidaknya 70 persen aktivitas di dalam pabrik tersebut sudah dapat ditangani oleh mesin. (dhirga)

(dunia pekerjaan) (Lowongan Industri Terancam)

Komentar
Memuat...