Mata Anda Lelah Ketika Bekerja? Mari Kita Atasi

0 23

Sebagian besar para pekerja kantoran, dituntut untuk selalu berada di depan layar komputer. Pekerjaan yang menumpuk bisa membuat Anda harus duduk berjam-jam menghabiskan waktu di depan komputer. Tentu hal itu membuat mata menjadi lelah.

Buat Anda yang sedang berjuang di depan komputer untuk menyelesaikan pekerjaan, ada beberapa tips jitu untuk mengatasi mata lelah.

Memijat Mata

Anda dapat mempraktekan cara dengan memijat mata. Pertama-tama gosokan kedua telapak tangan Anda selama 15-20 detik sehingga telapak menjadi hangat. Setelah itu, tutup mata dengan kedua tangan secara perlahan selama 1 menit, namun ingat jangan sampai bola mata Anda tertekan ya! Setelah itu gerakkanlah kedua telunjuk tepat di atas pembuluh air mata, lalu tekanlah selama 30 detik. Geser telunjuk ke titik tengah di atas kedua alis mata, kemudian tekan selama 30 detik.

Lanjutkan dengan menekan kedua sisi hidung bagian bawah menggunakan ibu jari dan telunjuk. Mulailah dengan dari ujung alis mata hingga ujung hidung. Kemudian tekan tulang pipimu ke arah atas menggunakan telunjuk selama 30 detik. Terakhir tutup kembali mata dengan kedua tangan seperti langkah awal.

Memijat Wajah

Anda juga dapat memijat wajah dengan ringan. Pertama-tama rendam selembar handuk kecil di dalam air hangat dan peras hingga kering. Gosokan handuk itu ke pipi, dahi dan leher, kekmudian pijat-pijat diarea wajah tanpa mengenai daerah mata. Cara ini bisa menghilangkan ketegangan akibat mata yang sudah kelelahan.

Kompres dengan Es

Salah satu cara ampuh untuk mengatasi mata lelah adalah dengan es batu. Bungkus beberapa potong es batu ke dalam selembar kain atau dengan handuk. Kemudian letakan beberapa saat di bawah mata. Selain itu, Anda juga dapat menggosokan es batu tersebut secara perlahan di sekitar area mata Anda. Rasa dingin es batu ini diharapkan bisa membantu menghilangkan mata lelah Anda karena kurang tidur.

Irisan Lemon

Cara lain adalah dengan menggunakan buah lemon. Iris satu buah lemon kemudian kompres beberapa menit pada mata. Selain itu, Anda juga dapat langsung menggosok-gosoknya di sekitar mata. Akan tetapi, Anda harus lebih berhati-hati dalam menggunakan lemon, jangan sampai airnya masuk ke mata karena pasti sangat pedih.

Istirahat yang Cukup

Mata lelah biasanya terjadi karena Anda kurang tidur. Apalagi untuk Anda yang terbiasa nongkrong bareng temen hingga larut subuh, segera kurangi kebiasan buruk tersebut. Anda harus mengisi energi untuk kegiatan kuliah yang tidak sedikit. Seseorang yang kurang tidur sangat rentan dengan mata yang lelah, sehingga mata kamu akan cepat lelah ketika beberapa saat berada di depan komputer. Usahakan agar kamu tidur hingga 8 jam dalam sehari, agar mata tetap prima.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.