Inspirasi Tanpa Batas

Megibung Tradisi Unik Muslim Bali Sambut Ramadhan

0 4

Konten Sponsor

Memang mayoritas masyarakat Pulau Bali beragama Hindu, namun warga muslim Bali punya tradisi menjelang bulan puasa yang enggak kalah dengan upacara keagamaan Hindu. Yupzz.. Tradisi Megibung, mungkin terdengar asing bukan? tapi, inilah Tradisi Unik Muslim Bali Sambut Ramadhan.

Megibung sendiri biasanya dilakukan muslim Bali menjelang bulan puasa. Yaitu acara makan yang diselingin dengan obrolan ringan dan santai besama keluarga, orang terdekat, sanak familli teman bahkan seluruh warga musim bali yang dikenal ataupun tidak.

Megibung ini telah menjadi sebuah budaya bagi warga muslimBali khususnya masyarakat Karangasem, Bali. Megibung ini juga bisa diartikan sebagai makan bersama jadi dalam satu jamuan makan satu porsi nasi dan lauk pauk akan dimakan oleh sekitar 4-7 orang.

Sejarah tradisi Megibung

Megibung adalah tradisi turun-temurun yang dilaksanakan oleh warga Kampung Islam Kepaon di hari 10, 20, dan 30 hari puasa. Tradisi Megibung ini merupakan tradisi yang dimiliki oleh warga Karangasem, yang daerahnya terletak di ujung timur Pulau Dewata.

Megibung sendiri berasal dari kata gibung yang diberi awalan me-Gibung artinya kegiatan yang dilakukan oleh banyak orang, yakni saling berbagi antara satu orang dengan yang lainnya. Megibung adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh banyak orang untuk duduk makan bersama dan saling berdiskusi dan berbagi pendapat.

Secara historis Tradisi Megibung diperkenalkan pertama kali oleh Raja Karangasem yaitu I Gusti Agung Anglurah Ketut Karangasem sekitar tahun 1614 Caka atau sekitar 1692 Masehi. Tradisi ini dibawa oleh I Gusti Agung Anglurah Ketut Karangasem saat menang perang dalam menaklukan kerajaan-kerajaan di Sasak, Lombok.

Dahulu, saat prajurit sedang makan, Sang Raja membuat aturan makan bersama dalam posisi melingkar yang dinamakan Megibung. Bahkan, Sang Raja ikut makan bersama dengan para prajuritnya.

Jika di daratan sunda ada tradisi Munggahan. Maka di daerah Bali yang mayoritas beragama hindu ada tradisi Megibung. Sama seperti Munggahan, Tradisi ini sudah menjadi kebiasaan yang membudaya dikalangan masyarakat Bali dalam menyambut datangnya bulan Ramadhan. [aL]

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar