Melanggar Aturan Dapat Membuat Anda Sukses

0 62

Melanggar Aturan Dapat Membuat Anda Sukses – Tak semua pendapat umum itu sepenuhnya benar, atau bahkan salah dan juga menyesatkan. Begitu juga saat membahas dunia entrepreneurship. Banyak orang yang mengatakan terlalu taat kepada peraturan membuat kita sulit mencapai tujuan dengan benar pada waktu yang kita inginkan. Apakah itu benar atau salah? Mari kita telaah lebih lanjut.

Jika kita amati ada 3 jenis aturan dalam masyarakat: hukum, sosial, dan juga aturan lain yang diterapkan pada diri sendiri.

Aturan hukum

Hukum (publik dan perdata) terkenal dengan sifatnya yang tegas dan juga tidak kenal kompromi. Melanggar aturan hukum tak hanya mencerminkan masalah etika atau juga moral.

Aturan sosial

Aturan jenis ini meliputi permasalahan rumit seperti etika serta moralitas. Sehingga ia akan lebih subyektif daripada aturan pada hukum. Jika Anda merasa sangat mendukung atau dengan menentang sesuatu, pasti akan ada keadaan di mana Anda akan bisa berubah pikiran.

Misalnya seseorang biasanya tak peduli saat memergoki seseorang yang tak dikenal sedang selingkuh. Namun lain cerita jika orang yang diselingkuhi tersebut memiliki kedekatan hubungan dengannya. Di sini kita dapat mengamati jika aturan sosial sangat bergantung pada pandangan setiap orang, situasi serta kondisi yang melingkupinya pula.

Aturan yang diterapkan pada dan oleh diri sendiri

Beberapa aturan yang sering kita terapkan untuk diri sendiri di tempat kerja ialah:

  • “Saya tidak akan mengkompromikan berbagai prinsip saya dalam menaiki tangga jabatan di perusahaan ini”
  • “Hal itu berada di luar zona nyaman saya”
  • “Saya tak akan bermain politik kantor”
  • “Hidup terlalu singkat hanya untuk bekerja dengan orang yang terbilang kurang kompeten ”

Kini kita menyadari bahwa kita sering menerapkan aturan yang tak berdasar pada diri sendiri. Akibatnya, kita sering menjadi budak dari aturan tersebut. Gerak, perilaku bahkan pola pikir kita menjadi terbatasi olehnya. Padahal batasan tersebut sebenarnya tak ada dan anehnya kita justru meyakini bahwa itu ada, nyata dan juga harus selalu dipatuhi.

Justru banyak hal yang harus dilanggar jika Anda menemui hal seperti ini. Karena ini dapat membuat kita menjadi kurang produktif dan juga terpaku pada satu keadaan yang statis. Dan kebanyakan aturan-aturan di atas bukan berakar kepada isu etika, moral, atau keyakinan namun lebih mengenai bagaimana mengendalikan dunia atau paling tidak mengendalikan lingkungan pribadi Anda, pikiran Anda yang diliputi kecemasan serta kekacauan. Sebuah ilusi tentang pengendalian diri yang penuh akan muncul jika kita dapat mengontrol diri untuk tidak melanggar apa saja yang dianggap tak layak oleh aturan-aturan di atas. Dengan memberikan kebebasan pada diri sendiri untuk melanggar berbagai aturan tersebut di atas, akan lebih banyak pengalaman dan juga pengetahuan yang kita dapatkan. Inilah mengapa prilaku dan sikap pembatasan terhadap diri sendiri ini akan berefek kontraproduktif untuk entrepreneur.

Jadi jika Anda ditanya, “Apakah kita harus menaati semua aturan?” Jawabannya, untuk aturan hukum, kepatuhan adalah sebuah kewajiban. Untuk aturan sosial, tergantung. Untuk aturan yang diterapkan oleh dan kepada diri sendiri, jangan pernah! Jangan pernah, jika Anda benar-benar menghendaki adanya karir yang cerah.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.